Latest News

Tipsnya Berternak Ayam Kampung Untuk Pemula

Usaha ternak ayam kampung  

Peternak ayam kampung sanggup diusahakan dalam skala kecil-kecilan ataupun besar-besaran tergantung modal yg tersedia. Namun kadang kita galau untuk memulai perjuangan ini alasannya sering dihantui banyak sekali macam rintangan, hambatan dan ketakutan lainnya. Rintangan dan hambatan yg biasanya muncul sebelum kita memulai perjuangan beternak ayam kampung antara lain bagaimana Agar ayam kampung sanggup tetap hidup? Bagaimana jikalau ayam kampung sakit? Dari mana mendapatkan modal? Terus bagaimana Jika rugi? Bagaimana Jika ini, Jika itu dan Jika-Jika yg lainnya.

Langkah-langkah berternak ayam kampung untuk pemula  

A. Bangun keyakinan

Membangun keyakinan untuk memulai perjuangan ternak ayam kampung bukanlah hal yg mudah apalagi untuk orang yg tidak memiliki latar belakang beternak sama sekali. Belakangan banyak kalangan yg memutar haluan untuk terjun di bisnis ini yg notabene bukan berlatar belakang seorang peternak. Mereka kebanyakan hanya sanggup menangkap peluang tapi belum tahu Caranya beternak benar. Para usahawan yg bermodal tebal, orang yg mau pensiun ramai-ramai merintis perjuangan ini. Mereka ialah orang-orang yg memiliki kekuatan (modal, mental dan sebagainya) dan siap dengan resiko dan hambatan yg bakal di alami. Sehingga Resepnya jitu untuk membangun kenyakinan ialah dengan memaksimalkan kekuatan dalam diri kita dan siap dengan resiko yg bakal di alami.

B.Singkirkan rintangan!

Semua bentuk perjuangan insan di dalamnya diperlukan pengorbanan (ikhtiar), Setelah itu kita hanya sanggup pasrah bertawakkal kepada yg Maha Memberi Rezeki. Tidak perlu pergi ke dukun, orang pintar, paratidaknormal, dan sebagainnya Agar perjuangan kita membawa keberhasilan alasannya hal itu bakal menciptakan kita menjadi musryik bagi orang Islam. Akhir dari bentuk perjuangan yg bakal kita jalankan ialah sukses (untung) dan gagal (rugi) tergantung bagaimana administrasi kita dalam mengendalikan usaha. Begitu juga Jika kita bakal memulai perjuangan ternak yg pastinya kita harus sedikit faham dan menjadi suatu keharusan untuk berguru bakal seluk beluk dan liku-liku Caranya beternak. yg perlu dicatat ialah kita harus membedakan perjuangan barang mati dengan barang hidup. Dengan berbekal sedikit pengetahuan dari membaca, mengikuti training atau training, berkunjung atau magang eksklusif ke peternakan saya rasa sudah cukup sebagai modal pertama untuk memulai usaha. Modal keuangan saya rasa ‘gampang’, tapi yg paling sulit ialah modal mental termasuk didalamnya ialah perilaku siap mendapatkan resiko usaha. Berbeda jikalau kita sudah menjalani satu siklus usaha, di sana kita bakal banyak mendapatkan pengalaman dan kita sanggup melaksanakan penilaian perjuangan kita. Jika rugi Mengapa dan Jika untung apa tidak sanggup ditingkatkan pada siklus kedua atau berikutnya. Singkirkan rintangan dan tanamkan dalam diri kita perilaku percaya diri untuk memulai perjuangan kita dengan modal seadanya, jangan terlalu muluk-muluk dan angan-angan yg belum terang akhirnya.

C. Tentukan pilihan usaha

Setelah seruan daging dan telur ayam kampung tidak sebanding dengan tingkat produksinya, masyarakat kita mulai membedakan perjuangan antara beternak ayam kampung untuk tujuan pedaging dan tujuan telur. Penting kiranya semenjak dari awal kita sudah menfokuskan diri menentukan perjuangan apa yg bakal kita rintis. Karena dengan mengetahui tujuan perjuangan yg terang kita bakal semakin mudah dalam mengatur perjuangan kita serta mengambil langkah yg terang pula. Janganlah memulai suatu perjuangan dengan tujuan yg tidak terang alasannya hanya bakal membawa hasil selesai yg tidak terang pula. Banyak bertanya perihal ke dua pilihan perjuangan tersebut kepada pelaku perjuangan atau orang yg punya pegalaman bakal perjuangan tersebut. Singkirkan perilaku sok pintar, sok pandai, sok pengalaman dalam diri kita Jika ingin berhasil.

D.Menentukan lokasi usaha

Menentukan lokasi perjuangan mirip kita bakal menentukan rumah atau daerah tingga untuk keluarga kita. Biasanya ada dua problem dalam penentuan lokasi perjuangan ini yaitu calon peternak yg sudah memiliki persiapan lahan dan calon peternak yg belum memiliki lahan. Factor penentuan lokasi perjuangan seringkali diabaikan oleh calon peternak sehingga seringkali juga kita mendengar ada perjuangan peternakan yg berhenti ditengah jalan karena menerima protes dari masyarakat sekitar dan tentu ini sangat merugikan. SeCaranya 

Lokasi untuk beternak ayam kampung 
Pilih lokasi yg nyaman bagi ternak dan nyaman pula untuk masyarakat tentu itu sesuatu yg cerdik dan bijaksana. Lokasi untuk beternak ayam kampung sebisa mungkin terpisah dari permukiman penduduk minimal 10 meter. yg perlu kita pertimbangkan ialah limbah bacin amoniak yg ditimbulkan jangan hingga mengganggu warga sekitar. Lokasi juga Jika sanggup akrab dengan sumber air, sarana produksi ternak (sapronak), pasar , transportasi mudah, dan aman.

E. Waktu memulai usaha

Pertanyaan selanjutnya ialah kapan kita bakal memulai usaha? Usaha beternak ayam kampung sanggup dimulai kapan saja asal semua factor pendukung perjuangan siap dan tersedia minimal bibit, pakan dan kandang. Tersedianya bibit, pakan, dan sangkar saja belum cukup Jika tidak dibarengi dengan gosip pasar yg jelas. Waktu yg sedikit sempurna untuk memulai perjuangan beternak ayam kampung ialah 2-3 bulan sebelum hari raya Iedul Fitri (lebaran), imlek dan tahun gres masehi. Mengapa? Karena pada waktu itu seruan daging ayam kampung rata-rata meningkat sehingga kita tidak khawatir produksi kita tidak laris terjual.

F. Manajemen usaha

1.Bibit ayam kampung (DOC) sanggup diperoleh dengan beberapa Caranya 
Menetaskan sendiri atau eksklusif membeli DOC dari produsen terpercaya. Jika anda menetaskan sendiri itu lebih baik dan lebih menguntungkan pula. Bakal tetapi untuk menetaskan telur sendiri perlu sedikit keahlian dan biaya untuk membeli mesin penetas telur. Untuk praktisnya membeli DOC eksklusif mungkin jalan terbaik, dan seiring dengan bertambahnya waktu sanggup mencoba menetaskan sendiri.

2.Pakan untuk ayam kampung 
Pertimbangkan waktu dan laba kiranya perlu menciptakan terobosan atau mencari sumber pakan berkualitas dengan harga murah. Jangan tertipu pakan jadi dengan harga murah, tapi Jika murah berkualitas tidaklah masalah.

3. Kandang untuk beternak ayam kampung 
Kandang permanen biasanya bakal terawat lebih baik daripada sangkar yg bersifat sementara. yg menjadi patokan dalam membangun sangkar ialah arah kandang, dan kepadatan kandang. Kandang ayam kampong sanggup dibentuk menurut fase pemeliharaan (bok, ren, atau postal).

4. Pencegahan dan penanganan penyakit 
Hal yg tak kalah pentingnya dalam perjuangan peternakan ayam kampong. Lebih baik mencegah daripada mengobati ialah prinsip yg harus dipegang oleh peternak untuk problem ini. Mengapa? Usaha pencegahan jauh lebih murah biayanya daripada biaya yg kita keluarkan untuk mengobati. Usaha pencegahan penyakit ini sanggup dilakukan antara lain dengan menerapkan kegiatan sanitasi yg ketat, biosecurity, dan kegiatan vaksinasi. Sedangkan untuk perjuangan penanganan penyakit ialah dengan melaksanakan penanganan atau tindakan yg benar dalam mengobati penyakit.

G. Pemasaran

Anda tidak perlu galau untuk memasarkan panenan ayam kampung baik berupa daging atau telurnya, insyaallah banyak jalan. 

  • Pasar tradisional, 
  • warung penyedia sajian Istimewa ayam kampung, 
  • pengepul, 
  • pembeli ayam kampung keliling (obrok) 

Jika terdapat banyak peternak di suatu daerah atau wilayah maka sebaiknya membentuk suatu komunitas (asosiasi atau paguyuban) semisal koperasi peternak ayam kampung atau semisalnya. Insyaallah banyak manfaat Jika kita bergabung dengan koperasi atau paguyuban di antara Keliru satunya ialah untuk mengatasi problem pemasaran produk.


                                                                                                                    sumber

0 Response to "Tipsnya Berternak Ayam Kampung Untuk Pemula"

Total Pageviews