Latest News

Hubungan Data Dan Informasi


Untuk menuju pada pengertian Informasi seCaranya utuh, diharapkan pemahaman yg sempurna ihwal konsep data dan informasi. Hubungtan data dan informasi sangatlah bersahabat sebagaimana kekerabatan antara alasannya ialah dan akibat. Bahwa data merupakan bentuk dasar dari sebuah informasi, sedangkan informasi merupakan elemen yg dihasilkan dari suatu bentuk pengolahan data.

Hubungtan Data dan Informasi

Pengertian Data

1. Menurut banyak sekali kamus bahasa Inggris-Indonesia, data diterjemahkan sebagai istilah yg berasal dari kata “datum” yg berMakna fakta atau bahan-bahan keterangan.

2. Dari sudut pandang bisnis, terdapat pengertian data bisnis sebagai berikut : “Business data is an organization’s description of things (resources) and events (transactions) that it faces”. Makara data, dalam hal ini disebut sebagai data bisnis, merupakan deskripsi organisasi ihwal sesuatu (resources) dan insiden (transactions) yg terjadi.

3. Gordon B. Davis dalam bukunya Management Informations System : Conceptual Foundations, Structures, and Development menyebut data sebagai materi mentah dari informasi, yg dirumuskan sebagai sekelompok lambang-lambang tidak acak yg mengatakan jumlah atau tindakan atau hal-hal lain. Dari keempat pengertian di atas, sanggup diambil kesimpulan bahwa data ialah materi baku informasi, didefinisikan sebagai kelompok teratur simbol-simbol yg mewakili kuantitas, tindakan, benda, dan sebagainya. Data terbentuk dari karakter, sanggup berupa alfabet, angka, maupun simbol khusus ibarat *, $ dan /. Data disusun untuk diolah dalam bentuk struktur data, struktur file, dan basis data.

Pengertian Informasi

1. Menurut Gordon B. Davis dalam bukunya Management Informations System : Conceptual Foundations, Structures, and Development menyebut informasi sebagai data yg telah diolah menjadi bentuk yg memiliki kegunaan bagi penerimanya dan nyata, berupa nilai yg sanggup dipahami di dalam keputusan kini maupun masa depan.

2. Menurut Barry E. Cushing dalam buku Accounting Information System and Business Organization, dikatakan bahwa informasi merupakan sesuatu yg mengatakan hasil pengolahan data yg diorganisasi dan memiliki kegunaan kepada orang yg menerimanya.

Kesimpulannya, hubungan data dan informasi adalah
Informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yg lebih memiliki kegunaan bagi yg bakal menerimanya, menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan sanggup dipakai sebagai manfaat.
Sebuah informasi nyata diperoleh dari adanya data-data yg dikumpulkan dari sebuah peristiwa, penelitian atau pengawasan. Makara informasi menjelaskan dari data yg ada menjadi kata-kata yg Mudah dimengerti.


0 Response to "Hubungan Data Dan Informasi"

Total Pageviews