Latest News

Caranya Sederhana Pembuatan Kompos

Pembuatan kompos adalah menumpukkan bahan-bahan organik dan memAgarkannya terurai menjadi bahan-bahan yg memiliki nisbah C/N yg rendah (telah melapuk) (Hasibuan, 2006).

Caranya Sederhana pembuatan Kompos (Sutejo 2002)

Bahan Pembuatan Kompos
  1. Bahan warna hijau.  Bahan warna hijau ini maksudnya yg banyak mengandung Nitrogen (N).  Untuk proyek ini hijauan ini didapat dari sampah dapur, daun-daunan dan rumput dari halaman.
  2. Bahan warna coklat.  Maksudnya Karbon (C) dan biasanya berwana coklat, contohnya: sekam, jerami, gergajian kayu, serpihan kertas dan kardus.
  3. Kotoran binatang (kambing/sapi)
  4. Suhu
  5. Udara.
Langkah Membuat Kompos
  1. Memakai bahan-bahan mentah (serasah,jerami, sampah daun-daun organic) ditumpuk 50 m. 
  2. Kemudian diberi pupuk sangkar atau sayur anyir sebagai aktifator, Setelah beberapa hari temperatur bakal naik, temperatur ini sanggup mematikan kuman-kuman serta biji-biji tanaman pengganggu. 
  3. Tumpukan diinjak-injak sehingga keadaan menjadi anaerob, selanjutnya ditambahkan bahan-bahan mentah sehingga tumpukan mencapai sekitar 80 cm, demikian seterusnya perlakuan penamabahan dilakukan hingga tumpukan menjadi tinggi sekitar 1,5 m. 
  4. kemudian tumpukan ditutup dengan lapisan tanah bab atasnya, perlakuan demikian untuk mencegah kehilangan N lebih lanjut dan juga melindungi kompos dari imbas teriknya sinar matahari. Setelah 2 bulan biasanya kompos telah matang dan sanggup dipergunakan.
Ciri-ciri kompos jadi bermutu  baik
  1. Struktur kompos remah dan lunak, tidak  menggumpal atau melumpur
  2. Warna coklat hitam, terlalu hitamjikakompos terlalalu basah
  3. Kadar air sekitar 30%, jikalau diperas tidak air menetes
  4. Artoma mirip humus tanah, tidak terlalu busuk
  5. PH 6-7


0 Response to "Caranya Sederhana Pembuatan Kompos"

Total Pageviews