Latest News

Macam-Macam Forum Desa

Lembaga Desa adalah forum yg dibuat oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan merupakan kawan pemerintah desa dalam memberdayakan masyarakat. Lembaga kemasyarakatanditetapkan dengan Peraturan Desa. Keliru satu fungsi forum kemasyarakatan yakni sebagai penampungan dan penyaluran aspirasi masyarakat dalam pembangunan. 

Pengertian forum adalah sistem kekerabatan sosial yg terorganisir yg mewujudkan nilai-nilai dan tata Caranya umum tertentu dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat tertentu. 

Macam-Macam Lembaga Desa

Lembaga Modern

1. LPMD (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa atau Kelurahan)
Mempunyai kiprah menyusun rencana pembangunan seCaranya pMaknasipatif, menggerakkan swadaya bersama-sama masyarakat, melakukan dan mengendalikan pembangunan.

2. PKK 
Lebih mengedepankan pemberdayaan wanita dan kesetaraan gender serta dibidang kesehatan Ibu dan Anak.

3. RT dan RW 
Menitik beratkan urusan pemerintahan dan sosial dan kemasyarakatan. RT/RW memiliki kiprah membantu Pemerintah Desa dan Lurah dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan.

4. Koperasi Desa
Lembaga desa yg bertindak di bidang ekonomi sebagai sarana simpan pinjam dan memberi akomodasi masyarakat desa menerima modal pinjaman usaha. Di bidang pertanian ,koperasi sanggup menjadi sarana penyedian pinjaman  bibit, pupuk, pestisida dsb

Lembaga Tradisional

1. Karang Taruna 
Karang Taruna memiliki kiprah menanggulangi banyak sekali problem kesejahteraan sosial terutama yg dihadapi generasi muda, baik yg bersifat preventif, rehabilitatif, maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.

2. Pager Gunung 
Berperan dalam aCaranya ekonomi kemasyarakatan dengan dibagi menjadi devisi atau unit-unit aCaranya ibarat unit Pertanian Organik, unit Peternakan dan Perikanan, Unit Perkebunan dan Kehutanan, serta unit Simpan Pinjam.

3. Sambatan/gotong royong
Sebuah aCaranya kebersamaan yg terorganisir oleh tokoh desa yg menyelenggarakan aCaranya saling membantu pihak yg punya kerja (gawe). Misalnya membangun rumah, membangun masjid, dan higienis jalan.

0 Response to "Macam-Macam Forum Desa"

Total Pageviews