Latest News

Makanan Yang Anggun Untuk Darah Tinggi

Makanan untuk penderita darah tinggi/hipertensi wajib diperhatikan, sebagai  kontrol sekaligus membantu menurunkan tekanan darah Agar tetap berada pada batas kondusif 120-140. Beberapa jenis kuliner tertentu justru meningkatkan tekanan darah, contohnya sete kambing, santan, gorengan berinyak dsb. Jenis-jenis  makanan yang anggun untuk darah tinggi, terutama jenis kuliner dari buah, sayur dan rempah, yang terperinci lebih anggun dibandingkan kuliner olahan sebagai penurun hipertensi.

Makanan yang cocok untuk penderita hipertensi

1. Tahu tempe
Studi yang dipresentasikan di pertemuan tahunan American College of Cardiology menemukan kandungan isoflavon dalam kedelai yang memainkan tugas penting dalam penurunan tekanan darah sistolik.

2. Pisang
Studi pada 2005 yang dipublikasikan di jurnal Hypertension menemukan efek penurunan tekanan darah dari kuliner yang kaya kandungan potasium, menyerupai pisang. 

3. Kentang 
Penelitian kecil yang dipresentasikan dalam pertemuan American Chemical Society tahun kemudian menunjukkan, kentang ungu memiliki efek sama baiknya dengan oatmeal dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kentang lebih baik direbus daripada digoreng sehingga tidak ada lemak dari minyak goreng.

4. Bayam 
Merupakan sumber magnesium yang sangat baik. Tidak hanya melindungi Anda dari penyakit jantung, tetapi juga sanggup mengurangi tekanan darah, maka bayam cocok untuk penderita penyakit darah tinggi. 

5.Sawi hijau
Kahisaatnya hampir sama dengan bayam mengandung vitamin dan mineral yang penting, terutama magnesium. Magnesium merupakan elemen penting untuk menurunkan tekanan darah dan kesehatan seCaranya keseluruhan, menyerupai yang diharapkan untuk lebih dari 300 reaksi biokimia.

6. Tomat 
Departemen Pertanian AS melaporkan bahwa uji klinis delapan ahad konsumsi tomat biasa menghasilkan penurunan yang signifikan pada tekanan darah, baik sistolik dan diastolik pada individu dengan hipertensi ringan hingga sedang.

7. Mentimun
Kandungan mineral kompleks dalam mentimun menyerupai potassium, magnesium juga fosfor menimbulkan sayuran yang satu ini berguna untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi. Jika Anda termasuk penderita hipertensi, Anda baiknya mengkonsumsi mentimun setiap hari seCaranya rutin. 

Makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Seledri
Seledri sudah usang dipakai pakar pengobatan oriental sebagai anti-hipertensi. Setiap hari Anda sedikitnya harus makan 4 pucuk seledri untuk menjaga tekanan darah. Boleh juga dibentuk jus Agar gampang diminum.

Bawang Putih dan Bawang Bombai.
Bawang putih kerap dijuluki ‘obat ajaib’ untuk jantung, alasannya ialah bermanfaat bagi seluruh sistem kardiovaskular. Hasil studi mengatakan pasien hipertensi yang diberi sesiung bawang putih setiap hari selama 12 ahad sanggup menurunkan tekanan diastolik dan kolesterol. Kurang suka dengan aroma bawang putih? Campurkan sana irisan bawang bombai ke dalam masakan.

Tomat
Tomat mengandung GABA (gamma-amino butyric acid), yang sanggup menurunkan tekanan darah. Coba pula mengonsumsi brokoli yang bermanfaat serupa.

Rempah 
Tukar garam dengan cincangan rempah segar menyerupai  jintan, lada hitam, dan daun salam. Masakan Anda pun tak bakal terasa ‘anyep’ di pengecap tetapi tetap sehat. Bila memungkinkan gunakan rempah yang segar. Rempah-rempah ini juga mengandung banyak antioksidan yang sanggup melindungi sel badan dari kerusakan.

Yogurt
Ganti sajian sarapan atau kudapan Anda dengan yogurt. Dibandingkan susu rendah lemak, yogurt mengandung 50% lebih banyak kalsium dan potasium yang sanggup menurunkan tekanan darah. Mereka yang mengonsumsi kedua mineral ini dan menjaga asupan garam, terbukti berhasil menurunkan tekanan darah sistolik dan diastoliknya. Anda yang bertekanan darah normal pun sanggup memanfaatkannya, alasannya ialah semakin mendekati angka tekanan darah yang sehat (120/80), jantung bakal semakin sehat. 

0 Response to "Makanan Yang Anggun Untuk Darah Tinggi"

Total Pageviews