Latest News

Gaya Penyampaian Dalam Penulisan Naskah

Dalam sebuah karya tulis, baik itu bersifat berita, informasi, opini ataupun buku harus memiliki gaya peyampaian yang tepat. Gaya penyampaian dalam penulisan naskah yang bakal diterbitkan penting terutama berkaitan dengan tipe naskah yang ditulis dansiapa target  audiens. Suatu tipe goresan pena selalu memiliki gagasan pokok yang ditujukan  untuk menarik pembacanya. 

Misalkan goresan pena dalam blog ini kebanyakan Menggunakan tipe penyampaian deskripsi dana argumentasi, sedangkan tipe narasi biasanya pada tulisan-tulisan berisikan isu fakta (Straigh News).

1. Penceritaan (narasi) 
Menyampaikan insiden demi insiden atau gagasan dalam urutan waktu atau rangka waktu kpd pembaca wacana serentetan insiden yg biasanya memuncak pada suatu insiden utama.

2. Pelukisan (deskripsi)
Menyampaikan gagasan dlm urutan atau rangka ruang kpd pembaca, berupa gagasan utama dengan mengaitkan penjelasan-penjelasan pendukung yang logis sehingga menguatkan gagasan pokok inti dari goresan pena si penulis.

3. Pemaparan (eksposisi)
Menyampaikan gagasan yg berupa fakta atau hasil-hasil aliran utk membuktikan sesuatu kpd pembaca. Perbedaan dengan narasi,  eksposisi lebih menjelaskan dengan analisis suatu hasil kejadian, misal menyerupai pembahasan hasil sebuah penelitian.

4. Pembahasan (argumentasi)
Menyampaikan gagasan berupa data, bukti, hasil penalaran, dan sebagainya, utk meyakinkan pembaca wacana kebenaran pendirian penulis. Sehingga penulis menunjukkan opini-opini wacana suatu bukti untuk meyakinkan pembaca

Materi Kuliah Manajemen Penerbitan

0 Response to "Gaya Penyampaian Dalam Penulisan Naskah"

Total Pageviews