Latest News

Ciri-Ciri Orang Sombong


Sifat sombong yaitu sifat yang dibenci oleh manusia, apalagi Allah SWT. Sombong yaitu sifat buruk manusia, mengakibatkan tidak disukai orang lain. Mungkin kita menilai seseorang itu bersifat sombong, atau mungkin malah kita sendiri. Keranaitu, mari melihat ciri-ciri orang sombong, mungkin saja sifat buruk itu ada apad kita sendiri.

Ciri-ciri sombong ada 2 yang jelas, yaitu merendahkan orang lain dan  menolak kebenaran.

1. Merendahkan orang lain
Rasa merendahkan ini sangat gampang muncul pada hati manusia, seringkali kita tidak sadar. Banyak alasannya yaitu kita merendahkan orang lain, mungkin lantaran fisknya, lantaran kebodohannya atau lantaran kemiskinannya. Bukankah fisik, otak dan keturunan itu semua berasal dari Tuhan? Manusia tidak bisa menentukan.

Alangkah sombongnya insan dengan mudahnya mencela orang lain yang (mungkin wajahnya jelek, giginya maju, tubuhnya pendek dsb), seCaranya tidak sadar itu mencela Tuhan yang telah menciptakan. 

2. Menolak kebenaran
Seorang yang tidak peduli dengan undangan kebenaran hakikatnya memiliki perasaan dirinya paling benar. Benar atau Keliru sesuatu itu bisa dibedakan oleh hati dan akal. Manusia yang bisa saling menasehati dalam hal kebenaran, memiliki rasa peduli dan menghormati. 

Bahkan jikalau orang lain jelas-jelas mengajak kita dalam perbuatan Keliru, seharusnya peduli dengan menasehati, namun jikalau tidak bisa menasehati, kita menolak dengan baik dan dalam hati  tetap mendoaakan (karena Allah tahu apa isi hati kita).

0 Response to "Ciri-Ciri Orang Sombong"

Total Pageviews