Latest News

Pengertian Efektif Dan Efisien

Kata efektif dan efisien sangat sering kita katakan terutama di dingklik kelas. Ketika membahas suatu perencanaan dan sebuah tujuan dan kegiatan kerja seringkali kata efektif dan efisien digunakan. Memang kedua kata tersebut sempurna untuk konteks yang berorientasi tujuan atau hasil. Lalu apa pengertian dan perbedaan kata efektif dan efisen yang kadang malah jadi rancu  dalam pemahaman.

Pengertian Efektif dan Efisien

Efektif
"Bisa mencapai tujuan yang maksimal dari yang diharapkan

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, Kata efektif berMakna ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya);  manjur atau mujarab (tt obat); sanggup membawa hasil; berhasil guna (tt usaha, tindakan);  mulai berlaku (tt undang-undang, peraturan). Sedangkan definisi dari kata efektif yaitu suatu pencapaian tujuan seCaranya sempurna atau menentukan tujuan-tujuan yang sempurna dari serangkaian alternatif atau pilihan Caranya dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya. 

Efektifitas bisa juga diMaknakan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Misalnya jikalau suatu pekerjaan sanggup tamat dengan pemilihan Caranya-Caranya yang sudah ditentukan, maka Caranya tersebut ialah benar atau efektif.

Efisien
 "Hemat biaya tenaga dan waktu, mendapat hasil maksimal tanpa mengeluarkan banyak"

Sedangkan Makna kata efisien berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia yaitu sempurna atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya),  mampu menjalankan kiprah dengan sempurna dan cermat,  berdaya guna, bertepat guna. Sedangkan definisi dari efisien yaitu Sedangkan efisiensi ialah penggunaan sumber daya seCaranya minimum guna pencapaian hasil yang optimum. 

Efisiensi menganggap bahwa tujuan-tujuan yang benar telah ditentukan dan berusaha untuk mencari Caranya-Caranya yang paling baik untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Efisiensi hanya sanggup dievaluasi dengan penilaian-penilaian relatif, membandingkan antara masukan dan keluaran yang diterima. Misalnya suatu pekerjaan sanggup dikerjakan dengan Caranya A dan Caranya B. Untuk Caranya A sanggup dikerjakan selama 1 jam sedangkan Caranya B dikerjakan dengan waktu 3 jam. dengan begitu dengan Caranya A (Caranya yang benar) gres bisa dikatakan Caranya yang efisien bila dibandingkan dengan Caranya B.

0 Response to "Pengertian Efektif Dan Efisien"

Total Pageviews