Latest News

Makna Di Balik Film Habibie Ainun

-
Film dari buku "Habibie dan Ainun" ditayangkan pada 20 Desember 2012, menjadi dilema, wangsit cinta simpulan tahun pecinta film Indonesia. Bagaimana kualitas sebuah kisah cinta indah "habibie Ainun" yang diangkat ke layar lebar menjadi daya tarik untuk review fim Habibie Ainun teresbut. Ada tersirat makna di balik film Habibie Ainun bisa menjadi pelajaran dan renungan kisah cinta di simpulan tahun 2012. 

Sinopsis Habibie Ainun

Ini ialah kisah wacana apa yang terjadi bila kau menemukan pecahan hatimu. Kisah wacana cinta pertama dan cinta terakhir. So sweet..

Rudy Habibie seorang jenius hebat pesawat terbang yang punya mimpi besar: berbakti kepada bangsa Indonesia dengan menciptakan truk terbang untuk menyatukan Indonesia. Sedangkan Ainun ialah seorang dokter muda cerdas yang dengan jalur karir terbuka lebar untuknya.

Pada tahun 1962, dua mitra Sekolah Menengah Pertama ini bertemu lagi di Bandung. Habibie jatuh cinta seketika pada Ainun yang baginya semanis gula. Tapi Ainun, dia tak hanya jatuh cinta, dia iman pada visi dan mimpi Habibie. Mereka menikah dan terbang ke Jerman.

Alur terus maju, sampai masuk peristiwa-peristiwa menyerupai dikala Habibie mulai membangun pesawat terbang N250 yang diberi nama Gatotokoco, menjabat Menteri Negara Riset dan Teknologi, menjadi wakil presiden, dan karenanya menjadi presiden. Menggantikan rezim Soeharto yang berkuasa selama 32 tahun. Mengubah orde gres menjadi reformasi. 

Namun, menjabat sebagai presiden memang bukan hal mudah. Habibie menjadi orang yang super sibuk dari biasanya. Bahkan ia menyerupai tak berkawan dengan kata istirahat. Satu obrolan yang saya suka dari Ibu Ainun ketika menasihati suaminya, "Gimana kau mau memimpin 200 juta orang jika kau nggak bisa mimpin badan kau sendiri."

Namun karenanya Habibie pun mundur dari jabatannya. Setelah mundur ia bisa menemukan keadaan yang lebih tenang. Menikmati kembali momen-momen berdua yang romantis bersama Ainun di Jerman.

Namun, momen senang itu tak berlangsung lama, Ainun yang divonis terkena kanker ovarium, terpaksa harus dioperasi dan dirawat di Keliru satu rumah sakit di Jerman. Namun, di dikala sakitnya Ainun, dia masih memikirkan Habibie untuk selalu meminum obatnya seCaranya rutin sebab dia menderita TBC. Hingga akhirnya, Ainun pun meninggal di Jerman, dan jasadnya dimakamkan di Indonesia.

Review Film Habibie Ainun

Sebuah film yang diangkat dari sosok konkret tentu saja dibumbui kisah cinta yang romantis untuk memikat para penonton. Dan memang kisah cinta awet yang romantis tersebut bisa menjadi sosok inspirasi, terutama untuk kisah cinta pasangan yang sudah menikah.

Judul : Habibie & Ainun
Pemain : Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari
Sutradara : Faozan Rizal
Produser : Dharmoo Punjabi, Manoj Punjabi
Produksi : MD Pictures

Untuk pemain drama Habibie, yaitu Reza Rahadian, memang pas. Walaupun memang seCaranya postur badan sangat tidak mirip. Pak Habibie yang bertubuh tak terlalu tinggi, sebaliknya dengan Reza. Tapi raut wajah, Caranya berjalan, Caranya berbiCaranya Pak Habibie, bisa Reza perankan dengan sangat baik.

Sedangkan pemain drama Ibu Ainun ialah Bunga Citra Lestari alias BCL. Di sini juga ia bisa perankan dengan cukup baik. Walaupun BCL terlalu modis di era itu berdasarkan saya. Tapi cantiknya emang nggak mati deh. By the way, ada sedikit keganjalan berdasarkan saya, yaitu dikala peluncuran pesawat Gatotkoco. Di situ, BCL Menggunakan sunglasses. Entahlah, sunglasses yang dipakainya itu terlalu modern untuk tahun '90an. Tapi overall, akting BCL di sini juga cukup bagus. Selain itu, dia juga mengisi soundtrack di film ini dengan suranya yang merdu.

Ada lagi yang kurang sreg buat saya di film ini. Promosi dari sponsornya itu loh terang-terangan banget. Mirip sama film Di Bawah Lindungan Ka'bah. Jika film ini promosi banget Gery Chocolatos sama kosmetik Wardah. Nggak Keliru sih sebenernya, tapi ngeliatnya jadi maksa banget. Makara mengurangi keindahan di film ini.

Well, overall film ini cukup layak ditonton. Cukup bisa menguras air mata. Walaupun ada hal-hal yang bikin kecewa juga.

Kata-kata indah dari Habibie untuk Ainun
Mereka menerka akulah kekasih terbaik untukmu sayang, tanpa mereka sadari, bahwa kaulah yang membuatku menjadi kekasih yang baik. Mana mungkin saya setia padahal kecenderungan untuk mendua, tapi kau ajarkan saya kesetiaan, sehingga saya setia. Kau ajarkan Makna cinta, sehingga saya bisa mencintaimu menyerupai ini.

Referensi:
- /search?q=review-habibie-ainun
- /search?q=review-habibie-ainun

0 Response to "Makna Di Balik Film Habibie Ainun"

Total Pageviews