Latest News

Caranya Membuat Kopra Dari Kelapa

Kopra yakni daging kelapa yang dikeringkan. Selama ini mungkin kita dengar Keliru satu  produk ekspor Indonesia yakni kopra. Pembuatan kopra ada beberapa macam yang bakal dijelaskan dibawah. Membuat kopra dari daging kelapa memiliki nilai hemat tinggi jikalau memiliki hasil panen berskala besar, lantaran bisa tahan usang daripada kelapa basah. Untuk membuat kopra yang bermutu dan berkulitas anggun hal yang dilkukan adalah; pertama kelapa dicungkil, dibersihkan lalu dikeringkan. Selanjutnya Caranya pengeringan pada kopra bakal sangat menghipnotis kualitas kopra. Ada beberapa-Caranya pengeringan kopra adalah:

Caranya-Caranya pembuat kopra
1. Dengan Caranya penjemuran biasa
Caranya ini agak lama, dan sangat tergantung dengan cuaca, selain itu jikalau panasnya tidak merata, kemungkinan penjamuran pada kopra sangat besar. Kualitas kopra juga sering tidak stabil. Lama penjemuran memakan waktu 5-7 hari.

2. Caranya Penjemuran bertudung plastik.
Caranya ini lebih anggun dari penjemuran biasa, lantaran Menggunakan epilog plastik, sehingga panas sanggup terserap lebih usang dalam plastik, dengan Caranya ini, kualitas kopra bisa dijaga dari serangan jamur yang bisa menjadikan turunnya kualitas kopra. Hanya dengan Caranya ini memerlukan biaya aksesori pembuatan rumah-rumah penjemuran dan plastik. Waktu penjemuran pun juga sangat bergantung pada cuaca, usang penjemuran antara 5-7 hari.

3. Caranya Pengasapan
Caranya ini sangat umum dilakukan oleh masyarakat petani kopra dan bisa menghasilkan kualitas kopra yang lebih baik dari Caranya pertama dan kedua. Waktu pengeringan pun bisa lebih cepat, hanya dengan Caranya ini memerlukan biaya aksesori kayu bakar sebagai materi bakarnya. Tetapi jangan khawatir, tempurung bisa dipakai sebai materi bakarnya. dengan Caranya ini, relativ lebih cepat yaiut membutuhkan waktu 3 hari.

Kopra yang baik sebaiknya hanya memiliki kandungan air 6% – 7% semoga tidak gampang terjangkit organisme pengganggu. Kerusakan yang terjadi pada kopra pada umumnya disebabkan oleh serangan basil dan serangan cendawan. Serangan tersebut gampang terjadi jikalau kadar air dalam kopra tinggi, kelembaban udara mencapai 80% atau lebih dan suhu atmosfer mencapai 30°C.

0 Response to "Caranya Membuat Kopra Dari Kelapa"

Total Pageviews