Latest News

Mengenal Penyuluhan Dan Komunikasi Pertanian

Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian ialah agenda studi kuliah di fakultas Pertanian. Sebenarnya dalam praktek kerja sesungguhnya, penyuluh dan komunikasi tidak dalam bidang yang sama, namun penyuluh tidak dapat lepas dari kiprah ilmu komunikasi. Nah, bagi anda yang tertarik dengan sektor pertanian, khususnya di bidang penyluhan, mari mengenal penyuluhan dan komunikasi pertanian (PKP).

Pertanian adalah Keliru satu ilmu terapan dari Biologi, mempelajari segala hal yang berurusan dengan tanaman. PKP ialah ilmu sosialnya pertanian, berurusan dengan insan (stakeholders) sebagai pelaku di sektor pertanian. PKP banyak mempelajari ilmu-ilmu sosial kemasyarakatan dan lemabaga sosial petani, namun tetap mempelajari ilmu pertanian sebagai ilmu dasar, menyerupai budidaya, perlindungan tanaman, ilmu tanah,  klimatologi dan agribisnis.

Seorang penyuluh berperan utama memberikan isu yang berupa informasi, teknologi gres pertanian (inovasi) kepada petani, istilahnya sebagai jembatan. Dalam perjuangan penyampaian seorang penyuluh tidak hanya modal ilmu yang dimiliki atau modal dapat berbiCaranya di depan umum, namun juga perilaku yang profesional beramah tamah dengan kehidupan petani, bahkan harus siap menjadi pendamping dan konsultan bagi petani

Jika dilihat sekilas, kiprah penyuluh sangat membosankan, monoton dan tidak modern. Dari pengalaman saya,  semua itu terhapus oleh nilai-nilai sosial bermasyarakat bersama jiwa-jiwa petani yang bersahaja. Sebagai seorang penyuluh memiliki kiprah utama bukan mendidik, tapi sebagai seorang fasilitator penghubung antara tubuh penelitian dan teknologi kepada petani.

Komunikasi adalah satu kesatuan ilmu yang dipelajari, juga mengubek-ubek ilmu komunikasi terutama komunikasi sosial untuk menunjang agenda penyuluhan. Juga mempelajari ilmu jurnalistik, penerbitan, audio vidio, fotografi, yang semua itu merupakan alat-alat yang membantu penyebaran isu penemuan kepada petani. Bukan berMakna ilmu-ilmu yang dipakai stagnan terkesan monoton, tapi juga mengikuti perkembangan, dan semakin usang juga semakin maju.

Sedikit ulasan ini ialah sekilasa pengalaman saya kuliah di PKP dan saya bahagia dan yakin di sini, meskipun awalnya tidak tahu kemana arahnya, tetapi pada alhasil tahu bahwa PKP memiliki prospek yang istimewa, dan prospek itu saya rahasiakan. 

0 Response to "Mengenal Penyuluhan Dan Komunikasi Pertanian"

Total Pageviews