Latest News

Caranya Sukses Dapat Menjadi Penulis Lepas

Menjadi penulis adalah peluang besar untuk menambah penghasilan. Penulis lepas sebutan bagi yang suka menciptakan dan mengirim goresan pena ke majalah, penerbit atau penulis konten website, bahkan sanggup menjadi pekerjaan utama yang banyak profit. Bagaimana Caranya untuk sanggup menjadi penulis lepas?

Yang terperinci modal awal yakni keahlian mengarang, menyususn kata yang baik dan menciptakan kalimat yang lezat dibaca. Kebanyakan penulis lepas mengincar jenis buku terbitan yang lebih profitable jangka panjang. 

Seperti yang kita ketahui, beberapa jenis penerbit membutuhkan banyak penulis yang sanggup membantu melancarkan perjuangan mereka. Seringkali penulis dari dalam perusahaan sudah ‘over load’ sehingga membutuhkan pinjaman dari penulis lepas. 

langkah terjun menjadi penulis lepas

1. Fokus
Memilih jenis goresan pena nonfiksi kreatif (Maknakel panjang berbentuk esai dengan narasi yang berbunyi hampir ibarat fiksi) ? Atau apakah anda bahagia menulis hal-hal yang lebih praktis, ibarat Maknakel yang berbentuk panduan prosedural? Atau mungkin Anda ingin menulis review buku atau video game, software atau peralatan? Persempitlah topik goresan pena anda, bila diperlukan anda sanggup memperluasnya dalam perjalanan karir anda.

2. Adopsi
Anda memiliki situs web, majalah atau buku yang menjadi favorit anda? Apakah ada penulis yang gaya tulisannya mengilhami anda? Cari penerbit yang mempublikasikan jenis konten yang anda suka, dan pelajari teknik menulis mereka. Bukan berusaha untuk menirunya,  tetapi langkah ini hanya untuk membantu anda menemukan gaya goresan pena anda.

3. Buat daftar
Buat daftar singkat nama-nama penerbit untuk sasaran goresan pena anda. Dengan perkiraan Anda gres memulai, daftar penerbit tersebut mungkin berisi oleh seorang penulis-penulis pemula juga, tapi jangan takut untuk memasukkan beberapa penerbit yang lebih tinggi profil penulisnya. Dan jangan mengabaikan apa yang bahu-membahu ada di akrab anda, ibarat : koran lokal, majalah lokal, atau situs web yang mempublikasikan jenis goresan pena Anda.

4. Susun goresan pena anda.
Kumpulkan beberapa goresan pena terbaik anda – yang telah diterbitkan atau belum - yang mewakili anda dengan baik dan sesuai dengan jenis konten yang anda cari.

5. Kontak
Pergi ke website perusahaan penerbit anda, cari URL-nya untuk situs publikasi web, dan cari aliran pengajuan untuk Maknakel anda. Jika tidak ada, kirim ajakan untuk meminta panduan bagaimana Caranya anda mengirimkan goresan pena anda ke alamat email perusahaan penerbit.

6. Sesuaikan
Buat proposal untuk beberapa Maknakel atau esai yang anda tulis, sesuaikan dengan jenis publikasinya, dan eksklusif kirim ke perusahaan penerbit. Sebagai tambahan, susunlah Maknakel yang sudah jadi menurut spesifikasi. 

Strategi menulis di spesifikasi tertentu mungkin menciptakan goresan pena anda sering dikritik, namun ini Keliru satu Caranya yang baik untuk masuk ke “pasar” tulisan, dan jikalau sebagian goresan pena anda ditolak, mungkin hal ini sanggup mengatakan pada editor yang jenis goresan pena yang anda sukai, dan untuk selanjutnya para editor bakal memanggil anda bila ada proyek yang sesuai dengan jenis goresan pena anda.

7. Bertekun dalam goresan pena anda.
Ulangi langkah 6. Jika jenis goresan pena anda ditolak, kirim ke orang lain. Jika Anda ditolak lima atau sepuluh kali, ganti gagasan anda dengan yang baru, dan coba kirim lagi (Tunggu beberapa bulan sebelum anda mengirim kembali kepada mereka yang menolakmu sebelumnya, tetapi jangan pernah menghapusnya dari daftar Anda.)

Anda mungkin mendapat penerimaan atau kiprah pada percobaan pertama Anda. (Ini sanggup terjadi.) Namun anda mungkin juga ditolak sekali, atau sepuluh kali, atau seratus kali. Jangan menyerah. Jika anda benar-benar berusaha, anda bakal mendapatkannya. Tujuan anda yakni tidak mendengar "Tidak" sejumlah tertentu kali, tetapi untuk mendengar "Ya" sekali, dan lalu sekali lagi, dan lalu sekali lagi sehabis itu. Seorang penulis yang karyanya tidak pernah dipublikasikan yakni penulis yang telah menyerah.

Refernsi:
http://id.shvoong.com/how-to/writing/2144536-langkah-untuk-menjadi-penulis-lepas/

0 Response to "Caranya Sukses Dapat Menjadi Penulis Lepas"

Total Pageviews