Latest News

Kriteria Lengkap Evaluasi Lomba Puisi

Kriteria dalam penilaian lomba puisi ada beberapa hal yang wajib untuk dinilai. Misalkan penghayatan, intonasi dan sebagainya. Puisi menjadi ciri khas pelajaran Bahasa Indonesia untuk mendidik siswa bisa menghayati dan memainkan seni kata-kata Bahasa Indonesia di adalam unsur puisi. Kriteria lengkap evaluasi lomba puisi:

Kriteria Pembacaan Puisi

  1. Penghayatan: penghayatan dalam sebuah puisi bertujuan untuk memberikan isi dari puisi seCaranya ekspresif.
  2. Penampilan: Penmapilan dari segi busana yang rapi dan perilaku percaya diri di depan panggung.
  3. Intonasi: Intonasi nada yang sempurna dan teratur. Sesuai dengan rima dari puisi itu, sempurna tinggi rendah bunyi pada kata-kata
  4. Pelafalan: pelafaan sangat penting, pembedaan vokal dan konsonan yang dipertegas menyodorkan karakteristik puisi.
  5. Mimik: Mimik menjadi syarat wajib yang nilanya cukup tinggi, tanpa mimik atau ekspresi muka penhghayatan kurang maksimal.

Kriteria Penulisan Puisi

  1. Sesuai dengan tema : tema biasanya ditentukan oleh panitia. Kesesuaian tema menjadi teladan pertama dalam penilaian.
  2. Keutuhan da keselarasan : keselarasan bait demi bait, baris demi baris yang mengacu pada tema menjad pertimbangan yang juga memiliki bobot nilai tinggi.
  3. Diksi dan gaya bahasa : bahasa yang kreatif dan pilihan kata yang segar dan sempurna serta tidak bau menjadi pertimbangan juri seCaranya umum. Kekreatifan meramu inspirasi dengan kata-kata sangat diharapkan semoga puisi tidak hambar.

Dalam lomba puisi siswa sekolah dasar tujaun utama yaitu mendidik kreatifitas siswa, melatih untuk semangat berekspresi positiv berbahasa Indonesia. Kaprikornus berMakna harus semua kriteria lomba dikuasai dengan baik, sejatinya mereka masih sekelas anak-anak. Kecuali tingkat cukup umur atau seniman, barulah kriteria diaatas wajib lengkap.

0 Response to "Kriteria Lengkap Evaluasi Lomba Puisi"

Total Pageviews