Latest News

Jenis-Jenis Tanaman Hortikultura


Hortikultura yaitu Keliru satu jenis tumbuhan yang di budidayakan manusia. Pengertian hortikultura yaitu tumbuhan yang walnya dibudidayakan di kebun atau pekarangan, berasal dari bahasa Latin hortus (tanaman kebun) dan cultura/colere (budidaya). Kemudian hortikultura dipakai seCaranya lebih luas bukan hanya untuk budidaya di kebun. Ada Macamatau jenis-jenis tumbuhan Hortikultura yang di bedakan berdasar hasil produknya.

Jenis-jenis Tanaman Hortikultur:
  • Pomologi / Frutikultur (tanaman buah): Manggis, Mangga, Apel, Durian
  • Florikultura (tanaman bunga): Melati, Mawar, Krisan, Anyelir, Begonia, Bugenvil, dll
  • Olerikultura (tanaman sayur): Tomat, Selada, Bayam, Wortel, Kentang, 
  • Biofarmaka (tanman obat): Rosela, Kunyit, Kumis kucing, Pegagan dll

Pada perkembangannya, tumbuhan hortikultur menjadi tumbuhan budidaya di perkebunan skala besar. Namun pada dasarnya tumbuhan tersebut layak untuk di budidayakan di kebun pekarangan rumah. Tanaman atau buahnya sanggup memberi manfaat pribadi kepada orang yang membudidayakan. 

Misalkan tumbuhan sayur, walaupun ini yaitu tumbuhan yang di budidayakan di ladang, namun dikala di taman di pekarangan buahnya juga sanggup pribadi dimanfaatkan, itu adalah prinsip tumbuhan hortikultur.

Bukan Golongan Hortikultur
Di beberapa daerah mungkin terdapat tumbuhan kakao dan cengkeh di pekarangan. Meskipun ada yang menanam di pekarangan, namun tumbuhan tersebut bukan dalam kategori Hortikultur, alasannya yaitu perlu proses lagi untuk sanggup dimanfaatkan. Kakao dan  cengkeh yaitu kategori tumbuhan industri. 

0 Response to "Jenis-Jenis Tanaman Hortikultura"

Total Pageviews