Latest News

Tiap Anggota Keluarga Memiliki Kedudukan Penting

Sebuah keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Masing-masing memiliki kiprah dalam keluarga. Tiap anggota keluarga memiliki kedudukan penting.
Ayah sebagai kepala keluarga. Ibu sebagai ibu rumah tangga. Apa peranmu dalam keluarga? Ayo kita pelajari di pecahan ini.
Ilmu Pengetahuan Sosial II Sekolah Dasar52
1. Keluargaku
Namaku Rafif Rosendriya Raya. Aku anak pertama dari dua bersaudara. Orang menyebutku anak sulung.
Anak sulung yaitu anak tertua. Adikku disebut anak bungsu. Anak bungsu yaitu anak yang lahir terakhir.
Ayah dan Ibu sangat mengasihi anak-anaknya. Mereka juga mengasihi saya. Anggota keluargaku berjumlah empat orang. Di keluargaku ada aku, adik, ayah, dan ibu. Keluargaku disebut sebagai caturwarga.
A.  Kedudukan Anggota Keluarga
Masing-masing anggota keluarga memiliki kedudukan. Ayah sebagai kepala keluarga. Ibu sebagai kepala rumah tangga. Anak-anak sebagai anggota keluarga.
Gambar 4.1 Foo keluarga
Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga 53
Aku sangat beruntung dan bersyukur. Ayah dan ibuku sangat baik. Ayahku suka berolahraga dan membaca. Ibuku arif memasak dan bercerita. Aku suka olah raga dan menggambar.
Gambar 4.2 Bermain bola
Ayahku berjulukan Iqbal. Ayah sebagai seorang suami. Ia juga seorang kepala keluarga. Kepala keluarga sebagai pemimpin dalam keluarga. Ayah bertanggung jawab terhadap anggota keluarganya.
Sebagai kepala keluarga harus bersikap bijaksana. Tidak boleh semena-mena terhadap keluarganya. Dalam mengatasi persoalan selalu berdiskusi. Dalam mengambil keputusan selalu bermusyawarah.
Ibu sebagai istri dari ayah. Orang memanggilnya dengan sebutan Bu Iqbal. Ibu Iqbal yaitu ibu dari Rafif dan Rafa. Ibu berperan sebagai pendamping ayah Ibu berkewajiban mengurus rumah tangga.
Ilmu Pengetahuan Sosial II Sekolah Dasar54
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar. Kerjakan di buku tugasmu. 1. Siapakah Maksud dengan kepala keluarga? 2. Apa Maksud dengan anak sulung? 3. Siapakah yang termasuk anggota keluarga? 4. Apa Maknanya anak bungsu? 5. Sebutkan tanggung jawab seorang ayah!
B.  Silsilah Keluarga
Setiap keluarga niscaya memiliki silsilah. Silsilah yaitu asal-usul keluarga. Keluargaku juga memiliki silsilah.
Anak kedudukannya sebagai anggota keluarga. Anak memiliki kewajiban membantu orang tua. Anak juga memiliki kewajiban belajar. Anak  berhak mendapat kasih sayang orang tuanya. Anak juga berhak mendapat perhatian dari orang tua.
Ayo Berlatih
Gambar 4.3 Membantu ibu
Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga 55
Aku memiliki dua kakek dan dua nenek. Kakek dari ayahku berjulukan Anwar. Nenek dari ayahku berjulukan Rusni.
Aku memanggil kakek dari ibuku Eyang kakung. Eyang kakungku berjulukan Sutrisno. Nenek dari ibuku saya panggil Eyang putri. Eyang putriku berjulukan SulMakna.
Ibu memiliki dua saudara kandung. Yaitu Pakde Henri dan Om Beni. Ibuku anak nomor dua.
Pakde Henri dan Bude Tuti memiliki tiga anak. Namanya Rian, Dimas, dan Nisa. Sedangkan Om Beni dan Tante Beti punya dua anak. Anaknya berjulukan Maura dan Dinda.
Ayahku memiliki dua  saudara. Saudara ayahku berjulukan Tante Anida dan Tante Fitri. Aku memanggil kakek dari ayahku Babo. Namanya Babo Anwar. Aku memanggil nenek dari ayahku Nenek. Namanya Nenek Rusni.
Kakek Anwar
Nenek Rusni
Eyang kakung Sutrisno
Eyang putri SulMakna ++
Anida Fitri Iqbal Irma Beny Bety Tuti Henri +++
Rafif Rafa Rian Dimas Nisa Maura Dinda
Silsilah dalam keluargaku adalah:
Ilmu Pengetahuan Sosial II Sekolah Dasar56
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar. Kerjakan di buku tugasmu 1. Jelaskan apa Maksud dengan silsilah! 2. Sebutkan panggilan untuk adik wanita ayah atau ibumu! 3. Siapa Maksud dengan paman? 4. Sebutkan panggilan untuk orang renta laki-laki  dari ayahmu yang berasal dari Jawa! 5. Berasal dari manakah sebutan babo?
Panggilan atau sebutan kerabat tiap tempat berbeda. Contohnya untuk abang pria dariayah dan ibu. Ada yang memanggil Pakde (Jawa Tengah). Ada yang memanggil Uwak (Jakarta dan Sunda). Ada yang memanggil Pak Tuwo (Sumatera Barat).
Panggilan untuk abang wanita dari ayah atau ibu. Ada yang memanggil Bude (Jawa Tengah). Ada yang memanggil Mak Tuwo (Sumatera Barat).
Panggilan kakek dan nenek juga berbeda-beda. Contohnya Eyang atau Mbah(Jawa Tengah). Contoh lainnya Babo (Sumatera Barat/Padang).

0 Response to "Tiap Anggota Keluarga Memiliki Kedudukan Penting"

Total Pageviews