Latest News

Penyebab Terjadinya Petir

Petir, kilat, atau halilintar yakni tanda-tanda alam yang biasanya muncul pada animo hujan di dikala langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Beberapa dikala kemudian disusul dengan bunyi menggelegar yang disebut guruh. Penyebab terjadi petir alasannya ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. 

Proses terjadinya petir 

Adanya muatan pada awan alasannya beliau bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya beliau bakal berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif bakal berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan nyata berkumpul pada sisi sebaliknya.

Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka bakal terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron yakni udara. Pada dikala elektron bisa menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara. 

Petir sanggup terjadi antara

Awan denqan awan
Dalam awan itu sendiri
Awan ke udara
Awan denqan tanah (bumi)

Petir lebih sering terjadi pada animo hujan, alasannya pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih gampang mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan.

0 Response to "Penyebab Terjadinya Petir"

Total Pageviews