Latest News

Sumber Energi Dalam Tubuh

Kebutuhan energi dapat dipenuhi melalui sumber-sumber energi yang tersimpan di dalam badan ialah melalui pembakaran karbohidrat, pembakaran lemak, serta bantuan sekitar 5% melalui pemecahan protein. Diantara ketiganya, simpanan protein bukanlah merupakan sumber energi yang eksklusif sanggup dipakai oleh badan dan protein gres bakal terpakai kalau simpanan karbohidrat ataupun lemak tidak lagi bisa untuk menghasilkan energi yang diperlukan oleh tubuh.

Glikogen merupakan simpanan karbohidrat dalam bentuk glukosa di dalam badan yang berfungsi sebagai salah satu sumber energi. Terbentuk dari mokekul glukosa yang saling mengikat dan membentuk molekul yang lebih kompleks, simpanan glikogen memilik fungsi sebagai sumber energi tidak hanya bagi kerja otot namun juga merupakan sumber energi bagi sistem sentra syaraf dan otak.

Di dalam tubuh, jaringan otot dan hati merupakan dua kompartemen utama yang dipakai oleh badan untuk menyimpan glikogen. Pada jaringan otot,glikogen bakal menunjukkan bantuan sekitar 1% dari total massa otot sedangkan di dalam hati glikogen bakal menunjukkan bantuan sekitar 8-10% dari total massa hati. Walaupun memiliki persentase yang lebih kecil namun secara total jaringan otot memiliki jumlah glikogen 2 kali lebih besar di bandingkan dengan glikogen hati.

Pada jaringan otot, glukosa yang tersimpan dalam bentuk glikogen sanggup dipakai secara eksklusif oleh otot tersebut untuk menghasilkan energi. Begitu juga dengan hati yang sanggup mengeluarkan glukosa apabila diperlukan untuk memproduksi energi di dalam tubuh. Selain itu glikogen hati juga memiliki peranan yang penting dalam menjaga kesehatan badan ialah berfungsi untuk menjaga level glukosa darah.Sebagai sumber energi simpanan glikogen yang terdapat di dalam badan secara eksklusif bakal mempengaruhi kapasitas/ performa seorang atlet ketika menjalani acara latihan ataupun juga ketika pertandingan. Secara garis besar korelasi antara konsumsi karbohidrat, simpanan glikogen dan performa olahraga sanggup di simpulkan sebagai berikut:
  • Konsumsi karbohidrat yang tinggi bakal meningkatkan simpanan glikogen tubuh.
  • Semakin tinggi simpanan glikogen maka kemampuan badan untuk melaksanakan acara fisik juga bakal semakin meningkat
  • Level simpanan glikogen badan yang rendah menurunkan/membatasi kemampuan badan untuk mempertahankan intensitas dan waktu beraktifitas.
  • Level simpanan glikogen badan yang rendah menimbulkan badan menjadi cepat lelah kalau dibandingkan dengan badan dengan simpanan glikogen tinggi.
  • Konsumsi karbohidrat Setelah beraktifitas bakal mempercepat penyimpanan glikogen.

>>>>> Metabolisme Tubuh Manusia 

0 Response to "Sumber Energi Dalam Tubuh"

Total Pageviews