Latest News

Perkembangbiakan Tumbuhan

1. Tumbuhan Berkembang Biak secara Generatif
Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan yakni terjadinya tumbuhan gres yang didahului dengan penyerbukan. Penyerbukan merupakan peristiwaatuhnya serbuk sari yang mengandung sel kelamin jantan ke kepala putik  yang mengandung sel kelamin betina. Alat-alat perkembangbiakan generatif tumbuhan terdapat pada bunga. Bentuk dan susunan bunga setiap jenis tumbuhan berbeda-beda. Namun, secara umum bagian-bagian bunga yang lengkap sanggup kau lihat pada gambar berikut.
    Alat perkembangiakan tumbuhan yakni benang sari dan putik. Benang sari merupakan alat kelamin jantan dan putik merupakan alat kelamin betina. Benang sari terdiri dari tangkai sari dan kepala sari. Pada kepala sari yang cukup bau tanah terdapat kotak sari yang berisi serbuk sari. Di dalam setiap serbuk sari terdapat sel kelamin jantan atau spermatozoid.
Putik terdiri kepala putik, tangkai putik,dan bakal buah. Di dalam bakal buah terdapat satu atau lebih bakal biji. Di dalam setiap bakal biji terdapat kantung forum yang mengandung beberapa inti. Salah satu inti itu merupakan sel kelamin betina atau sel telur (ovum). Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan,yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ruangbakal biji. Kemudian sel kelamin jantan atau spermatozoid masuk ke ruang bakalbiji melalui buluh serbuk sari. Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitupeleburan sel kelamin atau spermatozoid dengan sel kelamin betina atau sel telur. Hasil dari pembuahan yakni zigot. Zigot bermetamorfosis lembaga,bakal biji bermetamorfosis biji dan bakal buah bermetamorfosis daging buah. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru. Tumbuhan bakal tumbuh kalau biji itu ditanam atau berada pada lingkungan yang cocok.
Seperti telah dijelaskan di bab sebelumnya, perkembangbiakan generatif pada tumbuhan didahului dengan insiden penyerbukan. Berdasarkan asal serbuk sari, penyerbukan dibedakan menjadi empat macam.
a. Penyerbukan sendiri, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga itu sendiri.
b. Penyerbukan tetangga, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain tetapi kedua bunga itu    masih satu pohon.
c. Penyerbukan silang, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon tetapi  masih satu jenis.
d. Penyerbukan bastar, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon dan    tidak sejenis tetapi masih satu famili.
    Contoh penyerbukan antara cabai merah dengan cabai rawit.

2. Tumbuhan Berkembang Biak Secara Vegetatif
Pernahkah kalian melihat pohon pisang tumbuh membentuk rumpun atau kumpulan pohon pisang di sekitarnya? Atau mungkin kalian pernah mem-perhatikan tumbuhan cocor yang memiliki tunas di ujung daunnya. Contoh-contoh di atas merupakan cara perkembangbiakan tumbuhan dengan cara vegetatif. Perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan dikelompokkan menjadi perkembangbiakan vegetatif alami dan vegetatif buatan.

a. Perkembangbiakan Vegetatif Alami
Perkembangbiakan vegetatif alami yakni perkembangbiakan secara tidak kawin pada tumbuhan yang terjadi dengan sendirinya tanpa pertolongan manusia. Macam-macam perkembangbiakan vegetatif alami, antara lain memakai umbi lapis, umbi batang, umbi akar,akar tinggal, geragih,tunas, tunas adventif.
1) Umbi batang
Coba kalian perhatikan umbi yang terdapat pada tumbuhan kentang! Kalian bakal menemukan bakal-bakal tunas yang nanti bakal tumbuh men-jadi tumbuhan baru. Kentang ter-masuk tumbuhan yang berkembang biak  dengan umbi batang.Umbi batang yakni batang yang tumbuh di dalam tanah dan ujungnya menggelembung menjadi umbi. Umbi batang tersebut sesungguhnya merupakan cadangan masakan bagi tumbuhan itu. Pada permukaan umbi batang tumbuh sisik dan kuncup membentuk mata tunas.

2) Umbi lapis
Umbi lapis merupakan pelepah daun yang berlapis-lapis. Pada bab atas umbi lapis tumbuh daun,sedangkan pada bab bawah umbi lapis terdiri dari cakram dan akar serabut. Contoh tumbuhan yang memiliki umbi lapis, antara lain bawang merah, bawang putih, bunga bakung, dan bunga tulip.Perkembagbiakan umbi lapis dimulai dengan tumbuhnya siung pada tunas ketiak yang paling luar. Pada awal pertumbuhannya, siung mengambil masakan dari induknya. Jika siung itu telah berdaun dan berakar, siung itu sanggup menciptakan makanannya sediri dengan melaksanakan fotosintesis.

3) Umbi akar
Umbi  akar yakni akar yang membesar berisi cadangan makanan.Jika umbi ini ditanam bersama dengan pangkal batang maka bakal tumbuh tunas. Tunas tersebut merupakan tumbuhan baru. Contoh tumbuhan yang memiliki umbi akar, antara lain dahlia, wortel, lobak, dan singkong.Pada singkong umbi akarnya tidak sanggup untuk berkembang biak, alasannya yakni tidak ada pangkal batangnya. Sedangkan umbi akar pada dahlia dan wortel sanggup untuk berkembang biak alasannya yakni ada tunas pada pangkal batangnya.


4) Geragih
Geragih atau stolon yakni batang yang tumbuh mendatar di permukaan tanah. Tumbuhan gres dimulai dengan kuncup ujung yang menyentuh tanah,kemudian membelok ke atas. Pada bab yang menyentuh tanah bakal tumbuh tunas yang berakar dan berdaun. Tunas-tunas itu tumbuh menjalar dan tidak tergantung lagi pada induknya,tetapi masih tetap berhubungan. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara geragih yakni antanan, arbei, rumput teki, dan strowberi.
5) Tunas
Tunas tumbuh dari batang yang terdapat di dalam tanah. Tunas muda menjadi tumbuhan gres dan tumbuh di sekitar induknya sehingga terbentuklah rumpun. Tunas ini tidak tergantung pada induknya.Walaupun induknya ditebang, tunas ini bakal tumbuh terus. Tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas, antara lain pisang, bambu, dan tebu.





6) Tunas adventif
Perhatikan gambar di samping! Tumbuhan ibarat tampak pada gambar di samping berkembang biak dengan tunas adventif. Tunas adventif yakni tunas yang tumbuh tidak di ujung batang dan ketiak daun. Tunas ini tumbuh di bab tumbuhan yang biasanya tidak bertunas, ibarat pada bab daun dan akar. Contoh tumbuhan yag berkembang biak dengan tunas adventif yakni cocor bebek, sukun, cemara, dan kersen/talok.

0 Response to "Perkembangbiakan Tumbuhan"

Total Pageviews