Latest News

Perbedaan Cuaca Dan Ikilm


Perbedaan ikim dan cuaca sering dilupakan alasannya ialah hampir sama jangkaunnya. Berikut klarifikasi wacana perbedaan cuaca dan ikilm

Perbedaan cuaca dan iklim

Cuaca adalah keadaan atmosfer dalam waktu singkat dan mencakup wilayah yang sempit. Contohnya ialah jika pagi hujan lalu siang terang, itulah perubahan cuaca , atau malam hari hambar dan siang hari panas. Cuaca berubah dalam hitungan jam hari berdasar suhu dan kelembaban yang dipengaruhi oleh angin dan matahari.

Iklim ialah keadaan rata-rata atmosfer dalam waktu relatif usang (minimal 30 tahun) dan mencakup wilayah yang luas.
Iklim di suatu daerah di bumi dipengaruhi oleh letak geografis dan topografi daerah tersebut. Pengaruh posisi relatif matahari terhadap suatu daerah di bumi menjadikan musim, suatu penciri yang membedakan iklim satu dari yang lain. Perbedaan iklim menghasilkan beberapa sistem penjabaran iklim.

Klasifikasi iklim yang sering dan umum digunakan ialah iklim matahari. Iklim matahari menggolongkan wilayah di bumi menurut gerak semu matahari dan garis lintang. Istilah yang sering digunakan untuk iklim matahari ialah iklim tropis, iklim subtropis, iklim sedang dan iklim kutub. Indonesia alasannya ialah terletak di wilayah equator maka termasuk ke dalam iklim tropis dimana sinar matahari melimpah sepanjang tahun.

0 Response to "Perbedaan Cuaca Dan Ikilm"

Total Pageviews