Latest News

Makanan Sumber Vitamin A


Makanan sumber vitamin A yaitu wortel yang sudah sering kita kenal.  vitamin yang berperan dalam pembentukkan indra penglihatan yang baik, terutama di malam hari, dan sebagai salah satu komponen penyusun pigmen mata di retina. Selain itu, vitamin ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan imunitas tubuh. Makanan sumber Vitamin A, antara lain susu, ikan, sayur-sayuran (terutama yang berwarna hijau dan kuning), dan juga buah-buahan (terutama yang berwarna merah dan kuning, menyerupai cabe merah, wortel, pisang, dan pepaya.

Buah sumber vitamin A

Buah pisang dimana terdapat kandungan kalium yang sangat banyak, juga terdapat banyak vitamin A. Apalagi pisang ambon. Pisang ambon sanggup pribadi dimakan buahnya tanpa perlu olahan. Sehingga untuk mendapat vitamin A, anda sanggup pribadi memakannya. Kemudian pepaya yaitu buah yang mengandung vitamin A, yang mana terdapat pada betakaroten dimana terdapat pada 100 gram buah pepaya. 

Sayur sumber vitamin A

wortel, labu kuning, bayam, yang mengandung vitamin A lebih banyak daripada sayuran lainnya. Kita bakal bahas pada sayuran bayam. Sayuran ini sangat banyak kandungan vitamin A, cukup dengan bayam 1 ikat saja perhari, maka kebutuhan vitamin A hampir 80% terpenuhi dalam tubuh.

Sumber hewani vitamin A

Untuk makanan vitamin A dari binatang daging bebek, ginjal domba, hati sapi, hati ayam, sosis hati, banyak sekali jenis ikan (baronang, cakalang, gabus, kawalinya, kima, lehoma, malugis, rajungan, sarden, sunu, titang dan tongkol), telur dan juga telur ikan asin.

Kekurangan vitamin A, bakal mengalami rabun senja dan katarak. Selain itu, penderita defisiensi vitamin A ini juga sanggup mengalami infeksi terusan pernapasan, menurunnya daya tahan tubuh, dan kondisi kulit yang kurang sehat. 

Kelebihan asupan vitamin A sanggup menimbulkan keracunan pada tubuh. Penyakit yang sanggup ditimbulkan antara lain pusing-pusing, kerontokan rambut, kulit kering bersisik, dan pingsan. Selain itu, jika sudah dalam kondisi akut, kelebihan vitamin A di dalam badan juga sanggup menimbulkan kerabunan, terhambatnya pertumbuhan tubuh, pembengkakan hati, dan iritasi kulit.

Baca juga Makanan Sumber Kalsium

0 Response to "Makanan Sumber Vitamin A"

Total Pageviews