Latest News

Pengalaman Dalam Melakukan Tugas Di Keluarga

Peran Anggota Keluarga
Gambar 5.1 Bekerja kiprah seorang ayah
Gambar 5.2 Memasak salah satu kiprah ibu
Pengalaman dalam Melaksanakan Peran di Keluarga 63
Kedudukan ibu dalam keluarga sangatlah penting. Ibu bertugas mengurus rumah tangga. Ibu menyiapkan kuliner dan mengurus anak. Tugas ibu sangat berat tetapi mulia. Anak memiliki kiprah dalam keluarga. Anak harus patuh kepada orang tua. Anak juga harus menghormati orang tua. Selain berguru anak harus membantu orang tua. Namun jangan lupa, kiprah utamamu ialah belajar.
Setiap kiprah harus dijalankan dengan benar. Agar semua sanggup berjalan lancar. Jangan biasakan menunda pekerjaan. Rajin dan giatlah dalam berguru dan bekerja. Karena rajin pangkal pandai, malas pangkal bodoh.
Gambar 5.3 Ibu menasihati anak
Gambar 5.4 Belajar salah satu kiprah anak
Ilmu Pengetahuan Sosial II Sekolah Dasar64.
No. Anggota Keluarga Peran Kedudukan
Tugas Mandiriku
Pengalaman dalam Melaksanakan Peran di Keluarga 65
Bangsa Indonesia sudah banyak mengalami kemajuan. Kedudukan perempuan sudah mengalami kemajuan. Dahulu perempuan hanya sebagai ibu rumah tangga. Sekarang perempuan Indonesia banyak yang bekerja. Bekerja sebagai guru, dokter, polwan, dan lain-lain.
Emansipasi perempuan telah dirintis semenjak dahulu. R.A. KMaknani dan Dewi SMaknaka ialah perintis emansipasi wanita. Seorang ibu boleh bekerja di luar rumah. Ibu dilarang melupakan kiprah utamanya. Ibu bertugas mengurus rumah tangga.
Jika ibumu bekerja di luar rumah. Kamu harus bisa mengurus diri sendiri. Kamu harus bisa mandi dan makan sendiri. Kamu harus bisa mengatur waktumu dengan baik.
B. Perubahan Peran dalam Keluarga
Coba sebutkan tiga pola pekerjaan yang dahulu hanya dikerjakan oleh laki-laki, tetapi kini sudah bisa dikerjakan oleh perempuan. Kerjakan di buku tugasmu.
Gambar 5.5 Peran perempuan selain ibu rumah tangga
Tugas Mandiriku
Ilmu Pengetahuan Sosial II Sekolah Dasar66
Ayah dan ibu Lina bekerja di kantor. Ayah Lina ialah seorang polisi. Ibu Lina bekerja sebagai guru. Pagi-pagi sekali mereka berangkat kerja.
Kesempatan Lina bertemu orang tuanya terbatas. Lina tidak pernah mengeluh. Lina tetap erat dengan orang tuanya. Lina bisa memahami dan mendapatkan keadaan ini. Mereka bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Setiap hari libur mereka pergi bersama.
Biasanya mereka bertamasya ke suatu tempat. Kadang-kadang mereka hanya berkumpul di rumah saja. Biasanya ibu menciptakan masakan istimewa. Ibu memasak dibantu oleh Mbak Sri. Mbak Sri ialah pembantu rumah tangga.

0 Response to "Pengalaman Dalam Melakukan Tugas Di Keluarga"

Total Pageviews