Latest News

Setiap Orang Pernah Mengalami Insiden Penting

Setiap orang pernah mengalami insiden penting. Peristiwa ada yang menyenangkan. Peristiwa menyenangkan ialah merayakan ulang tahun. Peristiwa ada juga yang menyedihkan menyerupai sakit. Peristiwa penting apakah yang pernah kau alami?
Ilmu Pengetahuan Sosial  Sekolah Dasar28
1. Peristiwa Penting Masa Lalu dalam Keluarga
Azis tersenyum ketika melihat album fotonya. Ada foto ibu sedang menggendong bayi. Bayi itu ialah Nisa adiknya. Waktu itu Nisa berumur tiga bulan. Ibunya berpesan Agar selalu mengasihi adiknya. Azis membuka lembar album berikutnya.
Azis  melihat foto itu sambil tersenyum. Di foto itu tampak Azis memangku Nisa. Saat dipangku tiba-tiba Nisa ngompol. Baju Azis pun menjadi basah.
A. Peristiwa Penting Masa Lalu
Gambar 3.1 Ibu menggendong
Gambar 3.2 Azis memangku adik Ada juga foto ulang tahun Azis. Azis berulang tahun yang ke-7. Tepatnya tanggal 5 Januari tahun lalu. Azis merayakan ulang tahunnya di rumah. Semua teman-teman Azis diundang.
Peristiwa Penting dalam Keluarga 29
Acara ulang tahun berlangsung sangat meriah. Rumah Azis dihias dengan balon dan pita. Teman-teman yang tiba membawa kado. Azis tampak senang dan bahagia.
Lomba Menyanyi
Azis juga memiliki foto waktu lomba. Azis mengikuti lomba menyanyi di sekolah. Lomba diadakan untuk memperingati hari kemerdekaan. Saat itu Azis menyanyikan lagu Hari Merdeka.
Setiap pulang sekolah Azis rajin berlatih. Azis berlatih dan menghafalkan syairnya. Ibu membantu Azis berlatih menyanyi. Ia ingin menjadi pemenang lomba tersebut.
Saat lomba Azis tidak merasa takut. Ia tampil dengan penuh percaya diri. Pada awalnya semua berjalan lancar. Tapi tiba-tiba ia lupa syair selanjutnya.
Gambar 3.3 Uang tahun Azis
Ilmu Pengetahuan Sosial  Sekolah Dasar30
Tiga bulan yang kemudian Azis sakit. Azis menderita sakit cacar. Badannya panas dan kulitnya terasa gatal. Azis tidak sanggup masuk sekolah.
Azis pribadi turun dari panggung. Ia menangis dipangkuan ibunya. Ibunya berusaha menghibur dan menenangkan Azis. Azis tidak berhasil menjuarai lomba itu.
Gambar 3.4 Lomba menyanyi
Saat Azis Sakit
Gambar 3.5 Azis sakit cacar
Peristiwa Penting dalam Keluarga 31
2. Urutan Peristiwa Penting dalam Keluarga
Pernahkah kau mengalami insiden penting? Semua orang niscaya pernah mengalaminya. Peristiwa disusun menurut urutan waktu. Kamu sanggup mengurutkan insiden penting. Peristiwa semenjak dilahirkan hingga sekarang.
Kamu sanggup mendapatkan dongeng masa lalu. Kamu sanggup mendapatkan dongeng dari orang tuamu. Kamu sanggup melihat dari foto keluarga.
Dari dokumen kau sanggup mengetahui banyak hal. Peristiwa ayah dan ibumu menikah. Peristiwa ibu memiliki anak. Peristiwa pertama kali masuk sekolah. Peristiwa dikala bertamasyapun sanggup kau ketahui.
Ibu membawa Azis ke rumah sakit. Dokter kemudian menilik Azis. Dokter juga menawarkan obat. Azis harus meminumnya Agar sembuh.
Teman-teman sekolahnya tiba menjenguk. Mereka membawa camilan manis dan buah-buahan. Mereka juga berdoa untuk kesembuhan Azis. Azis senang dengan kedatangan mereka. Peristiwa tersebut  kini dijadikan kenangan.
Tugas Mandiriku
Pernahkah kau mengalami insiden yang berkesan? Cobalah kau ingat-ingat kembali. Setelah itu tulislah di buku tugasmu.
Ilmu Pengetahuan Sosial  Sekolah Dasar32
Sekarang coba kau perhatikan urutan insiden berikut
Ayah dan ibu  Dito menikah tahun 1996. Tepatnya pada tanggal 18 Oktober. Saat itu ayah Dito berusia 28 tahun. Sedangkan ibu Dito berusia 26 tahun. Dua tahun kemudian Dito lahir. Ayah dan ibu sangat berbahagia. Kebahagiaan juga dirasakan kakek dan nenek. Karena Dito merupakan cucu pertama.
Diusia 4 tahun Dito bersekolah di TK. Dito senang sekali sanggup bersekolah’ alasannya ialah Dito sudah usang menginginkannya.
Gambar 3.7 Peristiwa kelahiran
Gambar 3.6 Peristiwa pernikahan
Peristiwa Penting dalam Keluarga 33
Pagi-pagi sekali Dito sudah bangun. Dito buru-buru mandi dan sarapan. Dito tidak sabar ingin bertemu sahabat barunya.
Dua tahun kemudian Dito masuk SD. Dito anak yang rajin dan pandai. Setiap hari tidak lupa belajar. Nilai-nilai ulangannya selalu bagus.
Saat kenaikan kelas Dito menjadi juara. Ayah memberinya hadiah sepeda baru. Dito senang sekali menerimanya. Ia berjanji bakal lebih ulet belajar
Gambar 3.8 Mendaftar sekolah
Gambar 3.9 Mendapat sepeda baru
Ilmu Pengetahuan Sosial  Sekolah Dasar34
3. Menceritakan Hubungan Antarperistiwa Secara Urut
Reza ialah abang Indra. Reza duduk di kelas enam SD. Ia memiliki buku harian. Semua insiden yang dialaminya dicatat.
Banyak insiden yang ditulis di buku itu. Seperti pada tanggal 5 Januari tahun lalu. Ia merayakan ulang tahunnya yang ke-11. Acara ulang tahun sangat meriah. Banyak teman-teman Reza yang datang. Mereka membawa kado untuk Reza.
Gambar 3.10 Belajar
Coba tuliskan insiden penting yang pernah kau alami menurut urutan waktu. Kerjakan di buku tugasmu.
Tugas Mandiriku
Peristiwa Penting dalam Keluarga 35
Gambar 3.11 Ulang tahun Reza
Pada bulan April ada peringatan KMaknani. Reza mengikuti lomba peragaan busana. Ia mengenakan pakaian etika Jawa. Ia berhasil menjadi juara satu. Reza mendapatkan hadiah piala.
Mulai tanggal 5 April Reza mengikuti les. Karena bulan Mei sudah Praebta. Sepulang sekolah Reza pergi les. Ia tidak mau gagal dalam ujian. Waktu luangnya dipakai untuk belajar.
Gambar 3.12 Lomba peragaan busana
Ilmu Pengetahuan Sosial  Sekolah Dasar36
Gambar 3.14 Bertamasya
Tibalah saatnya bulan Juli. Saatnya pengumuman kelulusan SD. Reza tidak merasa cemas. Reza yakin bakal lulus.
Ia merasa sanggup mengerjakan semua soal ujian. Ternyata asumsi Reza benar. Bahkan ia lulus dengan nilai terbaik. Semua sahabat menyalami dan memberi selamat.
Setelah lulus Reza pergi berlibur. Ia berlibur ke rumah neneknya di Yogyakarta. Di sana ia berkunjung ke tempat-tempat wisata. Ia pergi ke Pantai Parang Tritis, Malioboro, dan Candi Prambanan. Ia juga berbelanja di pasar Bering Harjo membeli batik.
Gambar 3.13 Mengikuti les
Peristiwa Penting dalam Keluarga 37
Sebelum pulang ke Jakarta ia membeli oleh-oleh. Ia membeli Bakpia Pathuk dan Gudeg. Oleh-oleh itu untuk sahabat dan tetangganya. Ia pulang ke Jakarta naik kereta api.
Setiba di Jakarta Reza berkemas-kemas mendaftar SMP. Semua syarat-syaratnya sudah dipersiapkan. Syaratnya antara lain Ijazah SD, Nem dan Akta kelahiran. Bulan Juli penerimaan siswa gres diumumkan. Reza diterima di Sekolah Menengah Pertama favorit.
Kak Reza sangat gembira. Keinginannya bersekolah di Sekolah Menengah Pertama pola terkabul. Pertengahan Juli Reza mulai masuk SMP. Reza duduk di kelas satu A. Reza mendapatkan teman-teman baru.
Gambar 3.15 Masuk SMP
Ilmu Pengetahuan Sosial  Sekolah Dasar38
Tanggal 31 Desember ada perayaan tahun baru. Reza dan keluarganya merayakannya. Mereka mengadakan pesta di rumah. Mereka memasak camilan manis dan sate kambing. Tepat pukul 24.00 kembang api dinyalakan. Sebagai tanda memasuki tahun baru. Itulah isi buku harian kak Reza. Semua insiden selama setahun dicatatnya. Catatan itu kelak bakal menjadi kenangan indah.

0 Response to "Setiap Orang Pernah Mengalami Insiden Penting"

Total Pageviews