Latest News

Perbedaan Teater Dan Drama

Perbedaan teater dan drama kadang agak rancu alasannya yaitu keduanya hampir mirip. Teater dan drama bisa menjadi antonim pada suatu keadaan.  Teater dalam Makna sempit yaitu sebagai drama (kisah hidup dan kehiudpan insan yang diceritakan di atas pentas, disaksikan orang banyak dan didasarkan pada naskah yang tertulis). Dalam Makna luas, teater yaitu segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak. 

Drama lebih menonjolkan dongeng konflik insan dalam bentuk obrolan yang diproyeksikan pada pentas dengan memakai percakapan dan action dihadapan penonton (audience).

Teater juga menceritakan kisah hidup dan kehidupan insan yang diceritakan dalam pentas, disaksikan oleh orang banyak, dengan media, gerak, percakapan dan laku, dengan atau tanpa dekor (layer), dengan musik atau tanpa musik dan lagu.

Makna Drama
Drama berMakna perbuatan, tindakan. Berasal dari bahasa Yunani “draomai” yang berMakna berbuat, berlaku, bertindak dan sebagainya.
Drama yaitu hidup yang dilukiskan dengan gerak.
Konflik dari sifat insan merupakan sumber pokok drama.
Dalam bahasa Belanda, drama yaitu toneel, yang lalu oleh PKG Mangkunegara VII dibentuk istilah Sandiwara.

Makna Teater
Secara etimologis: Teater yaitu gedung pertunjukan atau auditorium.
Dalam Makna luas: Teater ialah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak
Dalam Makna sempit: Teater yaitu drama, kisah hidup dan kehidupan insan yang diceritakan di atas pentas dengan media yaitu percakapan, gerak dan laris didasarkan pada naskah yang tertulis ditunjang oleh dekor, musik, nyanyian, tarian, dsb.

0 Response to "Perbedaan Teater Dan Drama"

Total Pageviews