Latest News

Insan Selalu Bekerjasama Dengan Insan Lain

Manusia tidak sanggup hidup sendiri. Manusia selalu berafiliasi dengan insan lain. Manusia membutuhkan pemberian insan lain.
Di sekolah kau berafiliasi dengan temanmu. Di rumah berafiliasi dengan anggota keluarga. Di lingkungan masyarakat berafiliasi dengan tetangga.
Ilmu Pengetahuan Sosial II Sekolah Dasar74
1. Bentuk-bentuk Kerja Sama
Di rumah kita memiliki tetangga. Tetangga yaitu orang yang tinggal di erat rumah. Kita harus berafiliasi baik dengan tetangga. Dengan tetangga kita harus tolong menolong. Kita harus bekerja sama dengan tetangga.
Wisnu, Edo dan Hanifa hidup bertetangga. Mereka tinggal di RT. 02 RW. 10 Kelurahan Jati Makmur. Warganya berasal dari aneka macam suku bangsa. Ada yang dari Jawa, Betawi, Batak, dan lain-lain. Mereka hidup rukun dan saling tolong-menolong.
Jumlah rumah di RT. 02 RW. 10 ada enam puluh. Tiap rumah rata-rata dihuni oleh lima orang. Ketua RT 02 dijabat oleh Pak Danu. Setiap bulan diadakan pertemuan bapak-bapak. Pertemuan diadakan di Balai RT.
A. Bentuk-bentuk Kerja sama di Lingkungan Tetangga
Gambar 6.1 Pertemuan di balai RT
Kerja Sama di Lingkungan Tetangga 75
Pekerjaan warga RT 02 RW 10 bermacam-macam. Ada yang bekerja sebagai pegawai negeri. Ada juga yang menjadi ABRI, guru dan lain-lain. Semuanya hidup rukun dan tolong-menolong.
Anak-anak dan berilmu balig cukup akal di RT. 02 juga hidup rukun. Mereka sering melaksanakan acara bersama Mereka mengadakan karang taruna dan TPA. TPA yaitu Taman Pendidikan Al-Quran. Karang taruna yaitu organisasi pemuda.
Malam Minggu yang kemudian semua warga berkumpul. Mereka berkumpul di Balai RT. Mereka membicarakan rencana kerja bakti. Kerja bakti untuk membersihkan lingkungan.
Kerja bakti diadakan hari Minggu pukul 07.00. Semua warga berkumpul di lapangan. Bapak-bapak bertugas membersihkan selokan. Para perjaka memperbiki jalan yang rusak. Ibu-ibu dan berilmu balig cukup akal putri menyediakan makanan.
Kerja bakti final pukul tiga sore. Lingkungan menjadi higienis dan rapi. Sebelum pulang, semua warga berkumpul kembali. Pak RT menghimbau semoga selalu menjaga kebersihan. Karena kebersihan yaitu pangkal kesehatan. Gambar 6.2 Kerja bakti di lingkungan RT
Ilmu Pengetahuan Sosial II Sekolah Dasar76
Gambar 6.3 Ronda untuk menjaga keamanan lingkungan
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar. Kerjakan di buku tugasmu.
1. Berapakah jumlah rumah yang ada di RT. 02 RW. 10 Kelurahan Jati Makmur? 2. Siapakah nama ketua RT. 02? 3. Kapan diadakan kerja bakti? 4. Sebutkan macam-macam pekerjaan warga Kelurahan Jati Makmur RT 02 RW 10! 5. Apa yang dilakukan warga RT 02 untuk menjaga keamanan lingkungan?
Di RT 02 juga diadakan ronda malam. Tujuannya untuk menjaga keamanan. Ronda diadakan secara bergilir. Semua warga mendapat kiprah ronda. Setiap malam ada lima orang yang ronda.
Ayo Berlatih
Kerja Sama di Lingkungan Tetangga 77
1. Pengalaman Bekerja Sama di Lingkungan
Peringatan HUT RI tinggal beberapa hari lagi. Warga komplek DDN bersiap menyambutnya. Para berilmu balig cukup akal mengadakan pertemuan di balai RW. Pertemuan dipimpin oleh ketua pemuda.
Mereka bakal mengadakan majemuk lomba. Lomba balap karung, makan krupuk dan kelereng. Selain lomba juga bakal diadakan malam kesenian. Perlombaan bakal diadakan tanggal 10 Agustus. Malam kesenian bakal digelar tanggal 18 Agustus.
B. Manfaat Kerja Sama di Lingkungan
Rahmat membagi kiprah kepada para pemuda. Ada yang bertugas memimpin lomba. Ada yang bertugas menciptakan gapura. Ada yang mempersiapkan program malam kesenian. Semua warga bekerja sama.
Gambar 6.4 Kerja bakti menciptakan gapura
Ilmu Pengetahuan Sosial II Sekolah Dasar78
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar. Kerjakan di buku tugasmu.
1. Siapa nama ketua perjaka RT. 02? 2. Dimanakah diadakan pertemuan pemuda? 3. Pada tanggal berapakah bakal diadakan lomba dalam rangka memperingati perayaan 17 Agustus? 4. Sebutkan macam-macam lomba yang diadakan untuk memperingati perayaan 17 Agustus? 5. Apa yang dibicarakan pada ketika pertemuan pemuda?
Gambar 6.5 Lomba memperingati hari kemerdekaan
Ayo Berlatih
Anak-anak juga ikut memeriahkan program tersebut. Mereka mengikuti aneka macam macam lomba. Acara berlangsung dengan lancar dan meriah.
Kerja Sama di Lingkungan Tetangga 79
2. Kerja Sama Sebagai Ciri Khas Bangsa Indonesia
Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari kemerdekaan Indonesia. Kemerdekaan sanggup tercapai berkat persatuan. Semua rakyat Indonesia bersatu melawan penjajah. Kerja sama di Indonesia sudah ada semenjak dahulu. Kerja sama merupakan ciri khas bangsa Indonesia Sikap inilah yang harus kita teladani. Kita harus saling tolong menolong dalam kebaikan.
Contohnya warga Jati Makmur yang selalu hidup rukun. Meskipun berbeda suku bangsa dan agama. Mereka bekerja sama dan tolong-menolong.
Gambar 6.6 Gotong royong di lingkungan tetangga Selain keluarga kita juga memiliki tetangga. Kita harus bersikap baik dengan tetangga. Kita sanggup meminta pemberian kepada tetangga. Dengan tetangga kita harus tolong menolong.
Dalam bermasyarakat kita harus bekerja sama. Agar persatuan dan kesatuan sanggup terwujud, semoga bangsa Indonesia menjadi bangsa besar.
Ilmu Pengetahuan Sosial II Sekolah Dasar80
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar. Kerjakan di buku tugasmu 1. Setiap tanggal berapakah perayaan kemerdekaan Indonesia diadakan? 2. Sebutkan macam-macam acara yang diadakan setiap perayaan 17 Agustus 1945! 3. Sebutkan teladan kolaborasi di lingkungan masyarakat! 4. Sebutkan manfaat dari kolaborasi atau gotong royong! 5. Sebutkan teladan kolaborasi di lingkungansekolah!

0 Response to "Insan Selalu Bekerjasama Dengan Insan Lain"

Total Pageviews