Latest News

Cara Gampang Untuk Menghafal


Apakah ada tips menghafal pelajaran dengan cepat? tentu saja ada, paling tidak bisa membantu mempermudah menghafal bahan pelajaran. Mengingat kata-kata dalam satu dua tiga kalimat secara sempurna memang tidak mudah, ini ialah kemampuan otak kiri yang sifatnya singkat, sehingga perlu diulang-ulang dan tidak sekali hafal. Setiap orang memiliki cara gampang untuk menghafal materi yang berbeda-beda. 

1. Menghafal sambil Menulis ulang
Setelah 2-3 kali dihafal coba hafalan itu ditulis ulang pada kertas. Cara ini agak malas dilakukan alasannya dirasa membuang waktu, namun dikala sungguh-sungguh cara ini sangat efektif.

2. Usahakan dalam keadaan rileks
Dengan keadaan rileks kita takkan kesulitan dalam menghafal sesuatu,maka dar iitu rilekkanlah dulu fikiran anda sebelum menghafal sesuatu Agar nantinya hafalan tersebut tak hilang dari otak anda. Tapi kebiasaan siswa menghafal pada waktu mendesak. Jika bisa menciptakan pikiran santai, baiklah gapapa di  waktu mendesak sekalipun.

3. Hafallah pelajaran sedikit demi sedikit
Ya janganlah terlalu muluk muluk menghafal suatu bacaan dengan terus menerus, hafallah bertahap namun gampang anda fahami (resapi) dengan begitu pelajaran itu dengan sangat gampang anda ingat dalam fikiran anda.

4. Pahami, itu lebih dari sekedar hafal
Sebenarnya yang diperlukan pendidikan itu ialah kepahaman terhadap materi, bukan hafalan. Hafalan dan ujian hanyaberakir pada nilai raport yang nantinya bakal hilang dan tidak berguna. Memahami bakal lebih  mudah menmghafal alasannya tahu apa yang dimaksut bahan tersebut.

5. Menggambarkan bahan hafalan
Seseorang yang cenderung dominasi otak kanan, memang agak sulit untuk menghafal kata-kata kalimat-kalimat. Dengan cara menggambarkan sesuatu, membayangkan dalam bentuk visual maka kalimat tersebut justru bakal gampang dipahami dan hafal. Meskipun tidak sanggup menulis kata-kata dengan urut dan tepat, namun pada dasarnya bisa sama.

6. Latihan mengerjakan soal
Ini untuk  hafalan rumus-rumus eksakta. Dalam satu kepingan tentu ada beberapa  rumus. Ketika ujian anda harus bisa mengerjakan soal dengan rumus tersebut bukan menulis ulang rumusnya.

Nah semoga depat membantu, pilihlah cara menghafal bahan pelajaran yang paling cocok. Jika diulang berkali-kali menghafal itu niscaya  bisa, yang sulit ialah malasnya.

0 Response to "Cara Gampang Untuk Menghafal"

Total Pageviews