Latest News

Perkembangan Makhluk Hidup

A. Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia

Perkembangan insan dimulai dari bayi sampai dewasa.Pertumbuhan akan terhenti sehabis insan cukup umur mencapai usia tertentu. Setelah dewasa, insan akan beranjak memasuki usia lanjut.Segala sesuatu yang ada di bumi ini tercipta atas kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Begitu juga dengan keberadaan kita kini ini. Sebelumdilahirkan, janin mengalami proses perkembangan di dalam rahim. Hal ini terjadi selama kurang lebih sembilan bulan sepuluh hari. Selama masa tersebut akan terjadi pembentukan banyak sekali alat tubuh. Misalnya, jantung,
otak, ginjal, paru-paru, dan usus. Dapatkah kau menyebutkan alat badan lainnya yang dibuat selama perkembangan bayi di rahim?

Pernahkah kau melihat bayi? Seorang bayi sudah mempunyai belahan badan yang lengkap ibarat yang dimiliki insan dewasa. Akan tetapi,ada juga belahan badan insan cukup umur yang tidak dimiliki bayi. Bayi yang gres lahir belum mempunyai gigi. Gigi bayi mulai tumbuh sekitar usia enam bulan. Setelah itu, berat tubuhnya akan bertambah besar dan gerakannya lebih lincah.

Bagian-bagian badan bayi akan mengalami pertumbuhan. Bagianbagian badan tersebut akan bertambah besar, panjang, dan kuat. Pada masa balita (bawah lima tahun), insan mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Mengapa adik bayi selalu diberi imunisasi? Pada masa balita kekebalan badan insan belum berkembang dengan baik. Oleh lantaran itu, imunisasi sangat dibutuhkan semoga balita tidak gampang sakit.

Setelah masa balita, insan akan mengalami masa kanak-kanak (5–10 tahun). Manusia mengalami pertumbuhan fisik dan mental yang sangat cepat pada masa ini. Pada masa ini insan sanggup bergerak,berbicara, serta mulai sanggup berpikir dan bersikap. Oleh lantaran itu, asupan gizi yang cukup dan lingkungan yang baik sangat dibutuhkan. Hal ini mempunyai kegunaan bagi proses pertumbuhan fisik dan mentalnya.

Pada usia 12–17 tahun, insan memasuki masa remaja. Pada masa ini mulai tampak perbedaan antara pria dan perempuan. Hal ini disebabkan oleh perbedaan hormon antara pria dan perempuan. Pertumbuhan dan perkembangan organ reproduksi insan terjadi pada masa ini.

Setelah remaja, insan akan mengalami masa cukup umur (18–40 tahun). Puncak perkembangan insan terjadi pada masa ini. Manusia cukup umur mempunyai kesiapan dan kematangan mental. Selanjutnya, insan cukup umur akan beranjak memasuki masa lanjut usia. Pada masa ini terjadi kemunduran fungsi organ-organ tubuh. Manusia lanjut usia akan mengalami pengeroposan tulang dan kulit wajah keriput. Kemampuan bereproduksi mereka juga menurun. Gerakan insan lanjut usia menjadi lebih lambat dan lebih gampang lelah. Selain itu, banyak insan lanjut usia
yang penglihatannya mulai kabur dan sulit mendengar.

0 Response to "Perkembangan Makhluk Hidup"

Total Pageviews