Latest News

Konduktor Dan Isolatotr



KONDUKTOR DAN ISOLATOR

Amati Vidio Berikut!

VIDIO KARYA SENDIRI (BY:LIA NADIYATUL ULYA)
A.   Sifat Benda
Ada dua macam sifat benda berdasar kaitannya dengan panas yaitu konduktor panas dan isolator panas.
Konduktor panas ialah benda yang sanggup menghantarkan panas dengan baik. Benda ini akan cepat panas jika terkena api, air panas atau sinar matahari. Sebaliknya, isolator panas ialah benda yang tidak sanggup menghantarkan panas dengan baik. Benda ini lambat panas jika terkena api, air panas atau sinar matahari.
Kita sanggup menggolongkan benda-benda yang bersifat sebagai konduktor atau isolator panas menurut materi penyusunnya.
B.    Konduktor dan Isolator Panas dalam Kehidupan Sehari-hari
Benda-benda menyerupai panci, sendok, garpu, dan pisau terbuat dari materi logam. 
Ada dua macam sifat benda berdasar kaitannya dengan panas yaitu konduktor panas dan isolat KONDUKTOR DAN ISOLATOTRAda dua macam sifat benda berdasar kaitannya dengan panas yaitu konduktor panas dan isolat KONDUKTOR DAN ISOLATOTR 
Benda-benda menyerupai meja, dingklik lemari dan telenan terbuat dari materi kayu. 
Ada dua macam sifat benda berdasar kaitannya dengan panas yaitu konduktor panas dan isolat KONDUKTOR DAN ISOLATOTR 
Benda-benda menyerupai piring dan gelas terbuat dari materi kaca, sedangkan benda-benda menyerupai bejana dan gelas plastik terbuat dari bahan-bahan plastik.
Berikut ini kita membahas alat rumah tangga yang memakai materi konduktor dan isolator sekaligus.
1.   Setrika
Bagian dasar setrika terbuat dari logam (konduktor) sehingga setrika sanggup menghantarkan panas dari sumber panasnya. Sedangkan gagang setrika terbuat dari materi isolator berupa plastik sehingga tidak terasa panas dikala kita memegangnya.
Ada dua macam sifat benda berdasar kaitannya dengan panas yaitu konduktor panas dan isolat KONDUKTOR DAN ISOLATOTR 
2. Termos
Termos terbuat dari beling yang berdinding lapis dua. Di antara dinding tersebut terdapat ruang hampa udara yang berfungsi sebagai konduktor panas. Ruang hampa udara menjadikan panas tidak sanggup berpindah. Termos juga dilengkapi dengan tutup dan materi pelapis yang bersifat isolator.
3.   Alat Patri (Solder)

Ujung solder terbuat dari materi konduktor sedangkan gagangnya terbuat dari materi isolator.

4. Alat Masak 

Ada dua macam sifat benda berdasar kaitannya dengan panas yaitu konduktor panas dan isolat KONDUKTOR DAN ISOLATOTRAda dua macam sifat benda berdasar kaitannya dengan panas yaitu konduktor panas dan isolat KONDUKTOR DAN ISOLATOTR 
perhatikan wajan, panci, ceret, sendok dan masih banyak lagi alat memasak yang bersifat konduktor dan isolator. terbuat dari alumunium (bersifat konduktor) supaya panas dari api cepat berpindah ke makanan atau air yang sedang dimasak sehingga makanan atau air sanggup segera matang. Tangkainya terbuat dari plastik (bersifat isolator) sehingga panas api tidak berpindah ke tangan dikala mengangkatnya.

Perhatikan benda-benda disekitarmu. Apakah benda-benda itu berafiliasi dengan panas? Panas sanggup berasal dari sinar matahari, kompor, korek api, lilin, lampu, dan benda-benda lain. Ketika kita memasak air, maka panci yang kita gunakan menerima panas dari api kompor. Ketika berangkat kesekolah, sinar matahari memberi panas kepada pakaian yang kita kenakan. Ketika tidur, lampu yang menerangi kamar juga memberi kita panas.
Dalam hubungannya dengan panas benda sanggup dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu Konduktor dan Isolator. Apakah yang dimaksud dengan konduktor dan isolator? Benda apa saja yang tergolong konduktor? Benda apa yang tergolong isolator? Bagaimana cara mengetahuinya? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, mari kita lakukan acara berikut.


 




 
 

0 Response to "Konduktor Dan Isolatotr"

Total Pageviews