Latest News

Pengembangan Keterampilan Mendengarkan Pada Siswa

MENDENGARKAN UNTUK BELAJAR.
Mendengarkantelah disebut"diabaikan senibahasa" selama hampir 50 tahunkarena jarangdiajarkan dikelasdasar.Siswadiingatkan untukmendengarkan, tapisedikit gurumengajar siswabagaimana meningkatkanstrategimenyimakdan keterampilan. Telahdiasumsikanbahwa anak-anakdatang ke sekolahsudah tahubagaimana untuk mendengarkan. Juga, beberapa gurumerasabahwa lebihpentinguntuk menghabiskanwaktupembelajaranterbatas yang tersedia padamembaca dan menulispetunjuk. Meskipun kekhawatiraninitentangmengajarmenyimakdi kelas-kelasdasar, sebagian besar gurusetuju bahwasiswaperlu tahu bagaimanamendengarkankarenasenibahasayang paling sering digunakan.
Mendengarkan merupakan model berbahasa yang pertama dipelajari anak, dan model (seni) dasar bagi seni berbahasa lainnya (Lundsteen, 1979). Bayi-bayi memakai mendengarkan untuk mulai proses belajar, memahami dan untuk mengahsilkan bahasa. Pada awal kehidupannya, belum dewasa mendengarkan bunyi di lingkungan sekitarnya, mulai dari menirukan suara, dan membangun pengetahuannya dengan bahasa lisan.Mendengarkan penting dalam berguru membaca. Anak-anak dikenalkan menuliskan bahasa dengan cara mendengarkan serita yang dibacakan orang tuannya.
Mendengarkan juga mempengaruhi dalam menulis, sebagaimana penjelasan Hansen(1987) bahwa acara menulis dan membaca dimulai dari mendengarkan, dan mendengarkan berperan dalam keseluruhan proses. Mendengarkan ialah hal yang paling  dipakai dan mungkin hal yang paling penting dari seni berbahasa. Para peneliti menemukan bahwa lebih banyak waktu yang dihabiskan belum dewasa dan cukup umur dalam mendengarkan daripada dalam keseluruhan waktu yang dihabiskan untuk membaca, menulis, dan berbicara (Rankin, 1926; Wilt, 1950; Werner, 1975).Anak-anak dan cukup umur menghabiskan kira-kira 50% dari waktu berkomunikasi mereka dengan mendengarkan.


1.      Proses Mendengarkan
Mendengarkan sulit untuk dipahami lantaran mendengar terjadi dari dalam dan dengan sendirinya. Lundsteen (1979) menggambarkan bahwa mendengar sebagai proses berbahasa yang paling misterius.
Tiga langkah-langkah dalam proses mendengarkan yaitu meliputi menerima, memperhatikan, dan memaknai (Wolvin & Coakley, 1985). Langkah pertama, pendengar mendapatkan rangsangan secara ekspresi atau menggabungkan  ekspresi dan visual yang diberikan oleh pembicara. Kedua, pendengar focus masuk pada stimuli yang terpilih sementara yang lain diabaikan.Mereka harus bisa menangkap pesan pembicara, focus pada informasi yang paling penting dalam pesan tersebut.Langkah yang ketiga, pendengar memaknai atau memahami pesan dari pembicara.
Tujuan khusus dari mendengarkan yang dikemukanan oleh jago komunikasi (Wolvin & Coakley, 1979) antara lain:
a.      mendengarkan untuk membedakan,seseorang mendengarkan untuk membedakan bunyi yang didengarnya dan untuk membangun kepekaan dalam komunikasi secara nonverbal.
b.      mendengar sebagai suatu keindahan/kesenangan (Rosenbaltt, 1985), seseorang mnedengarkan secara estetika untuk pendengar atau pembaca ketika mereka mendengar sekedar untuk mencari kesenangan.
c.       mendengarkan untuk mengambil suatu informasi yang diharapkan (Rosenbaltt, 1985), seseorang mendengarkan dengan mengambil informasi yang diharapkan untuk mengambil pesan dan ini merupakan jenis yang diharapkan dalam banyak kegiatan pembelajaran.
d.      mendengarkan dengan seksama/menyimak, seseorang mendengarkan untuk memperoleh informasi dan untuk menaksir isi pesan.
e.       mendengarkansebagai cara pengobatan, jenis ini kurang sempurna untuk ditrerapkan pada siswa SD.


Strategi Pembelajaran Mendengar.
Pendidikan seni berbahasa membutuhkan berulang-ulang menyebutkan  dibutuhkan seni administrasi dalam mengajar mendengarkan (Brent & Anderson, 1993; Devine, 1978; Lundsteen, 1979; Pearson & Fielding, 1982; Wolvin & Coakley, 1985).
2.      Mendengarkan dari Buku
Enam seni administrasi yang sanggup dipakai oleh siswa SD untuk berguru mendengarkan estetis ialah sebagai berikut:
1.      Memprediksi,
Siswa mendengarkan kisah yang dibacakan atau melihat pertunjukkan wayang, mereka akan meprediksi atau membuat dugaan mengenai apa yang akan terjadi selanjutnya dalam kisah tersebut. Kemudian merekamerevisiprediksi merekakarena merekaterusmendengarkandan/atau melihatceritanya. ketika merekamembaca dengan keras, gurumembantu siswa mengembangkanstrategimemprediksidengan bertanya kepadamereka apa yang merekapikir akan terjadiselanjutnya.
2.      Menciptakan gambaran mental
Siswamenciptakan citraatau gambardalam pikiran merekasambil mendengarkanceritayang memilikigambarvisual yang kuat, detail, atau kata-katadeskriptif. Siswaberlatihstrategiinidengan menutupmata merekadanmencoba untukmembuat gambarmental selamamereka mendengarkanceritadankemudianmereproduksifoto-foto inipadapapessetelah membaca.
3.      Menghubungkan ke pengalaman pribadi
Siswa membuat hubungan denganpribadi antaracerita itumereka mendengarkandan pengalamandalam kehidupan mereka sendiri. Siswamungkinberbagi koneksiini dalamcatatan loguntuk membaca dandalam percakapansastrasetelah membaca


4.      Menghubungkan ke literature/buku
Siswa membuat hubungan denganantaraceritamereka mendengarkandan ceritalain merekatelah mendengarkandibacakan, cerita yang merekatelah membacasendiri, atau filmyang merekatelahmelihat. Gurumembantusiswa melaluistrategi inidengan meminta merekauntuk berbicara tentangkoneksimereka membuatsebagai ceritadibahasataudengan meminta merekamembuat entridi catatan mereka.
5.      Memperhatikan kekuatan dan keindahan bahasa
Ketika mereka mendengarkan, siswa harus peka terhadap pilihan penulis bahasa, dengan cara kalimat yang diungkapkan, dan penggunaan penulis dari perbandingan atau permainan kata. Anak-anak mengambil alih bahasa yang mereka dengar dan menjadikannya penggalan dari mereka sendiri (Cullinan, 1987).
6.      Menerapkan pengetahuan yang dimiliki wacana struktur cerita
Ketika mereka mendengarkan kisah yang dibacakan dengan lantang, siswa menerapkan pengetahuan mereka wacana plot, karakter, pengaturan, mereka, dan sudut pandang untuk mengantisipasi apa yang akan terjadi selanjutnya dan bagaimana persoalan diperkenalkan di awal kisah akan diselesaikan pada akhir cerita. Mereka juga menerapkan pengetahuan mereka dari banyak sekali genre (misalnya, fantasi, fiksi sejarah, fiksi realistis kontemporer) untuk memahami kisah yang mereka dengarkan.

Membacadengan bunyi kerasuntukSiswa
Berbagicerita, puisi, dan bukuinformasisecara ekspresi dengansiswaadalahcara yang indah untukmengembangkansebuahapresiasisastra, mendorongminat baca. Alasan pada umumnya ialah bahwa tidak cukup waktu dalam jam sekolah untuk membaca bagi anak-anak, tetapi membaca sebuah kisah atau penggalan dari kisah yang lebih panjang dengan keras sanggup mengambil sebagai judul sebagai 10 atau 15 menit sehari. Banyak pendidik (Kimmel & Segel, 1983; Sims, 1977; Trelease, 1989) memperlihatkan perlunya menemukan waktu untuk membaca keras-keras sehingga sanggup mengambil laba dari banyak manfaat;
a.       Merangsangminatanakdalambukuyangdalam membaca.
b.      Memperluasminat membacaanak-anakyangmengembangkanselera merekauntuk sastrayang berkualitas.
c.       Memperkenalkananak-anak untukbunyi bahasatertulisdan memperluaspolakosa kata dankalimatmereka.
d.      Berbagidengan anak-anakbuku-buku yang"terlalu manis untuk dilewatkan"
e.       Membiarkananak-anak untukmendengarkan bukuyang akan terlalusulit bagi mereka untukmembaca sendiriataubuku-buku yang"sulit untuk masuk ke dalam"
f.       Memperluaslatar belakangpengalamanofdanak-anak
g.      Memperkenalkananak-anak untukkonseptentang bahasatertulis, genre yang berbedadarisastra, puisi, danunsur-unsurstruktur cerita
h.      Menyediakanyang mengesankan, berbagi pengalaman
i.        Modelingkepada anak-anakbahwa orang dewasamembaca danmenikmati membaca, untuk meningkatkan kemungkinanbahwa anak-anakakanmenjadi pembacaseumur hidup
PengajaranEstetikMenyimak
Ketika para gurumembacakeras-keras,merekaharusmemberikan kesempatan bagi siswauntuk mendengarkansecara estetisdantahu bahwapengalamanhidup-melalui mendengarkanestetik. Mereka jugabelajar bagaimanamenggunakanstrategimendengarkanestetik.
Ketika para guru membaca literatur dengan keras, mereka menyusun pengalaman untuk meningkatkan peluang siswa untuk mendengarkan estetik. Empat langkah dalam membaca dengan keras yaitu:
1.      Bersiap untukberbagicerita
Gurumemberikaninformasipendukung yang diperlukanatau pengalamansehingga siswadapatdengan suksesmendengarkancerita. Gurujuga sanggup menetapkantujuanuntuk membaca
2.      Membacadengan keraskepada siswa
Gurumembacaceritakepada siswaataumemainkanrekaman suaracerita. Satuguruproseduryang sanggup dipakai untukmembacaceritadengan kerasadalahDirected Listening- Thinking Approach(DLTA), dalam mekanisme inigurumeminta siswauntuk membuat prediksi.
Pendekatan MengarahkanMendengar-Berpikir ini didasarkanpadaDirectedReading-Thinking Activity, proseduryang dikembangkan olehRussellStauffer(1975). Setelahmembaca, siswa mendiskusikanprediksi merekadanmemberikan alasanuntuk mendukung mereka. Tigalangkah tersebut adalah:
a)      Mempersiapkanuntuk membaca
Guru memberikaninformasi yang diperlukanberkaitan dengancerita ataupenulis, sehingga merangsangminatsiswadalam cerita. Gurubisa mendiskusikantopikatau tema, menampilkan gambar, atau benda sahamyang terkait denganceritamenarik pengetahuansebelumnya atauuntuk membuat pengalamanbaru.
b)      Membacadengan bunyi keraskepada siswa
Setelahsiswamenetapkantujuan merekauntukmendengarkan,guru merupakanbagian dari ceritadengan bunyi kerasdankemudian memintasiswauntuk mengkonfirmasi atau menolakprediksi merekadengan menjawabpertanyaan-pertanyaan sepertiberikut ini:
·         Apa yang Anda pikirkansekarang?
·         Apa yang Anda pikirakan terjadi selanjutnya?
·         Apa yang akan terjadijika...?
·         Mengapa Andapikir ideyangbagus?
c)      MerefleksikanPrediksisiswa
Siswaberbicara tentangcerita, mengungkapkanperasaanmereka dan membuatkoneksi untukkehidupan mereka sendiridan pengalamandengan literatur. Kemudiansiswamerefleksikanprediksiyang mereka buatsaat merekamendengarkancerita yangdibacakan, dan merekamemberikan alasanuntuk mendukungprediksi mereka. Gurumengajukan pertanyaan-pertanyaanuntuk membantu siswaberpikir tentangprediksi mereka:
·         Prediksi Apa yang Anda lakukan?
·         Apa dalam kisah membuat Anda berpikir prediksi itu?
·         Apa dalam kisah mendukung gagasan itu?
d)     Menangkaptanggapan awal
Siswaperlu diberi kesempatan untukberbicara tentangceritasetelah membaca. mereka mungkinberbicara tentangbukudengan pasangan, dalam kelompokkecil, ataudenganseluruh kelas. dalam percakapanini ataudiskusi, siswaberbagireaksimereka dan mendengarkantanggapanteman sekelas. Fokusnya ialah padamenafsirkancerita,tidak menjawabpertanyaangurutentang cerita.
e)      Memperluasrespon
Siswamemperpanjangatau memperluastanggapan merekamelalui membaca, menulis, berbicara, drama, penelitian, dan responlain untukproyeksastra. Siswamemilihproyekresponmerekatertarik dalam mengejaruntuk memperpanjangkesenangandan menginterpretasikanbukumereka.

PengajaranpelajaranMinitentangEstetikMendengar
Enam strategimendengarkanestetika:
a.       Memperkenalkanstrategi
Menjelaskanstrategimendengarkan, cara itudigunakan, dan jeniskegiatanyangpaling efektifmendengarkan.
b.      Menunjukkanstrategi
Menunjukkanstrategiketika membacaceritadengan bunyi kerasatau sebagaisiswamendengarkanrekaman suaradarisebuah cerita. Hentikanpresentasisecara terencana untukberbicara kerastentangapa yang kita lakukanatau bagaimanakita menggunakanstrategi. Setelah menyelesaikankegiatan, mendiskusikanpenggunaanstrategidengan siswa.
c.       Berlatihstrategi
Menyediakankesempatansiswauntuk berlatihstrategisaat Andadibacakanbeberapa ceritalain. Berhenti membacasecara terencana untukmeminta siswa untukmenjelaskan bagaimana merekamenggunakanstrategiuntuk mendengarkanestetis.
d.      Meninjaustrategi
Setelah menggunakanstrategimendengarkanestetika, punyasiswameringkasstrategidan menjelaskanbagaimana iamenggunakannya.
e.       PengajaranMinipelajarantentang strategilain
Gurumenggunakanempat langkahsebelumnyauntuk mengajarkanstrategimendengarkanestetikalainnya.
f.       Menerapkanstrategi
Setelahsiswa mengembangkanrepertoarstrategimendengarkanestetika, mereka berlatihstrategikarena merekamendengarkan ceritadan jenis-jenissastradibacakan.
MenilaiMendengarkanEstetikSiswa
Siswaperlu berguru bagaimanauntuk mendengarkanestetissehingga merekadapat terlibatsecara lebih lengkapdalam pengalamanhidup-melalui sastra. Guru dapatmenilai apakahatau tidaksiswamendengarkanestetisdalam beberapa cara. Pertama-tama, merekadapat mendengarkankomentarsiswa membuatselama percakapansastradan merekadapat membacaentri dalamlogmembaca siswauntuk melihat apakah merekaadalah:
1)      Membuat prediksi
2)      Membuat gambar mental
3)      Menghubungkan pengalaman pribadi
4)      Menghubungkan ke sastra
5)      Melihat kekuatan dan keindahan bahasa
6)      Menerapkan pengetahuan wacana struktur cerita

3.      Mendengarkan dalam Kurikulum
Siswamenggunakaneferenmendengarkankarena merekamendengarkanguru danteman sekelas merekamenyajikan informasitentangtema, lantaran mereka melihatfilm dankaset videotentangIPA dan IPStopik, dan ketika merekamendengarkan gurumembacainformasibuku. Siswamenggunakanmendengarkankritisselama siklustemaketika merekamengevaluasiinformasi yang merekamendengarkandan mempertimbangkansudut pandang yang berbeda.
Mendengarkaneferen “untuk mengambil suatu informasi”
Mendengarkaneferenadalahmendengarkanpraktis untukmemahamipesan.Istilah eferen, diciptakan olehLouiseRosenbalt(1938, 1978), berarti"untuk membawa pergi informasi." Itu adalahjenis yang paling umumdarimendengarkansiswalakukandiusia sekolah.
Siswamenggunakaneferenmendengarkanidentitasinformasi pentingdanmengingatnya. Apakah atau tidaksiswamemahami dan mengingatpesanditentukanoleh banyak faktor. Beberapafaktor tersebut adalahoperasisebelummendengarkan, orang lainselama dan setelah. Pertama, siswa perlulatar belakangataupengetahuan sebelumnyatentangisi yang merekadengarkan.Mereka harusdapat mengaitkannyaapa yang mereka akanmendengarapa yang merekasudah tahu, danpembicaradapatmembantu memberikanbeberapatautan ini. Kedua, karena merekamendengarkan, siswa menggunakanstrategi untukmembantu mereka mengingat. Mereka perluuntuk mengaturdan"sebagian" informasi yang mereka terima, dan merekamungkin ingin mengambilcatatan untuk membantumereka mengingat. Kemudian, setelah mendengarkan, siswa harusentah bagaimanamenerapkan apa yang telahmereka dengarsehinggaada alasanuntuk mengingatinformasi.
Strategi untukeferenMendengarkan.
Siswamenggunakanstrategi khususkarena merekamendengarkaneferen, dantujuanmasing-masingstrategiadalah untuk membantu siswamengatur danmengingatinformasi yang merekamendengarkan.
Enamstrategisiswa SDdigunakan untukeferenmendengarkanadalah:
1.      PengkategorianInformasi
Siswamengkategorikanataumengatur informasidalam kelompokketika pesanpembicara ataubuku yangguru itusedang membacadengan bunyi kerasmengandungbanyak penggalan dalamperbandinganinformasi, atauyang kontras.
2.      Pemantauan
Siswamengawasimendengarkanmereka untuk memastikan bahwamerekamemahami. Pemantauanini penting agarsiswa tahuketika mereka tidakmenyimakdengan sukses, ketikastrategimendengarkantidak bekerja, atauketika mereka harusmengajukan pertanyaan.
3.      Mengajukan Pertanyaanuntuk memperjelasInformasi
Ketika merekamendengarkan, siswakadang-kadang perluuntukmengajukan pertanyaanspeakeruntuk mengklarifikasiinformasi, menghilangkan kebingungan, ataumeningkatkan pemahaman merekapesan.Sementara, mengajukan pertanyaandapat mengganggusiswa laindankeretapembicarapemikiran, siswabiasanya harusdiizinkan untukmengajukan pertanyaankarenakebingunganmenghambatmendengarkan danbelajar mereka.
4.      Menemukanrencana
Pemberi informasi danpenulis buku-bukuinformasimenggunakanbeberapa jenisorganisasiuntuk menyusunpesan.Limapola organisasiumum adalahdeskripsi, urutan, perbandingan, alasannya ialah dan akibat, danmasalah dan solusi. Siswabelajaruntuk mengenalipola-pola inidan menggunakannya untukmemahami dan mengingatpesanpembicaralebih mudah. Mereka dapatmengembangkanpenyelenggaragambar untukmasing-masing limapolaorganisasi(Smith &Tompkins, 1988).
5.      Catatan-pengambilan
Pengambilancatatan-membantu siswa menjadipendengaryang lebih aktif.Devine(1981) menjelaskancatatan-pengambilansebagai"responding- dengan-pen-di-tangan". Siswaminat dalampengambilancatatan-dimulai dengan kesadaran bahwamereka tidakdapat menyimpanjumlah yang tidak terbatasinformasidalam pikiran mereka; mereka membutuhkanbeberapa jenis sistempenyimpanan eksternal.
Siswaminat dalampengambilancatatan-dimulai dengan kesadaran bahwamereka tidakdapat menyimpanjumlah yang tidak terbatasinformasidalam pikiran mereka; mereka membutuhkanbeberapa jenis sistempenyimpanan eksternal. Banyakstrategimenyimakmengharuskanpendengar untukmembuat catatantentang apa yang merekadengar.pengambilancatatan-sering dianggap sebagaidaftaratausebuah garis besar, tetapicatatanjugadapat ditulisdalam kelompokdan diagram yanglainnya.
6.      Mendapatkanpetunjukdari pembicara
Pembicaramenggunakan keduaisyaratvisual dan verbaluntuk menyampaikanpesan merekadanmengarahkan perhatianpara pendengarnya. Isyarat visualmeliputimemberi isyarat, menulis ataumenggarisbawahiinformasi pentingdi papan tulis, dan mengubahekspresi wajah. Isyaratverbalmeliputiberhenti sejenak, menaikkan atau menurunkansuara, memperlambatpidatountuk menekankanpoin-poin penting, danmengulangiinformasi penting.
Pengajaran Eferen Mendengarkan
Pengajaran dengan menggunakanstrategi eferen mendengarkan sanggup membantu siswa mengingat informasi dengan efektif dan sanggup mengerti pesan yang mereka dengar dari sebuah presentasi lisan, film, atau mata pelajaran sosial dan sains. Guru sanggup mengajarkan wacana prosedur, konsep, strategi, dan keterampilan dalam memakai eferen mendengarkan, sehingga siswa sanggup memakai seni administrasi tersebut dengan baik. Setelah siswa mengerti enam seni administrasi dalam eferen mendengarkan, maka mereka sanggup menentukan dan menentukan seni administrasi mana yang akan dipakai secara efektif.
Menurut Thompkins, Friend, & Smith (1987: 39) ada beberapa pertanyaan yang sanggup membantu siswa sebelum mendengarkan, selama mendengarkan, dan setelah mendengarkan. Sebelum mendengarkan ada beberapa pertanyaan yang sanggup membantu siswa untuk menentukan seni administrasi mendengarkan yaitu: Apa tujuan pembicara? Apa tujuan dari mendengarkan? Apa yang akan saya lakukan setelah mendengarkan? Apakah saya akan mencatat isi pembicaraan? Mana seni administrasi yang sanggup digunakan? Strategi apa yang akan saya pilih? Selama mendengarkan siswa sanggup mencatat hal-hal apa saja yang penting disampaikan pembicara dan apakah seni administrasi yang dipakai sudah efektif. Setelah mendengarkan siswa sanggup mengajukan pertanyaan kepada pembicara, memahami pesan yang disampaikan pembicara, mengecek kelengkapan catatan, dan mengevaluasi wacana seni administrasi mendengarkan yang digunakan.
Tujuan dari seni administrasi eferen mendengarkan ialah siswa sanggup mengingat dan memahami informasi penting yang disampaikan guru. Ada tiga tahap yang harus diperhatikan guru dalam menawarkan presentasi:
1.      Membangun latar belakang siswa
Sebelum memulai presentasi guru harus memastikan latar belakang kebutuhan informasi tersebut bagi siswa. Guru menjelaskan tujuan acara mendengarkan dan meninjau seni administrasi yang sanggup digunkaan siswa untuk memfasilitasi pemahaman mereka menganai informasi yang disampaikan.
2.      Menyampaikan informasi
Selama siswa mendengarkan, guru sanggup menggambarkan peta konsep dan kata-kata kunci untuk membantu siswa membuat catatan yang baik wacana informasi yang disampaikan guru. Guru sanggup memakai media pembelajaran visual dan verbal.  Pada simpulan presentasi guru memberikan ringkasan wacana poin-poin penting dan kesimpulan.
3.      Aplikasi
Setelah siswa mendengarkan presentasi, guru sanggup menawarkan kesempatan untuk mengaplikasikan informasi gres tersebut melalui cara yang bermakna. Misal, ketika guru menjelaskan wacana pelestarian sumber daya alam maka siswa diberi kesempatan untuk mengaplikasikan informasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari dengan sikap yang menjaga kelestarian sumber daya alam.
Menilai Mendengarkan Eferen Siswa
Guru sanggup menilai secara eksklusif dan mengecek seberapa baik pemahaman siswa wacana informasi yang diberikan. Guru kadang memakai tes objektif untuk menilai mendengarkan eferen siswa. Tes objektif tidak sanggup dipakai untuk menilai siswa dalam merefleksikan dan menjelaskan wacana seni administrasi yang mereka gunakan dalam kegiatan mendengarkan baik sebelum, selama atau sehabis mendengarkan sanggup menawarkan pengetahuan dalam pemikiran siswa
Critical Listening (Mendengar secara Kritis)
Siswa SD perlu mengembangkan keterampilan mendengarkan secara kritis lantaran mereka dapar mengungkap banyak tipe dari persuasi dan propaganda. Mendengarkan secara kritis sanggup dipakai siswa untuk mengevaluasi pesan yang disampaikan ketika mereka mendengarkan iklan, pidato atau presentasi lisan. Menginterpretasikan buku, film, mata pelajaran sosial dan sains membutuhkan seni administrasi mendengarkan dan pemikiran secara kritis.
Iklan televisi ialah salah satu referensi dari persuasi dan propaganda, lantaran beberapa iklan eksklusif bekerjasama dengan siswa. Hal ini sangat penting untuk menawarkan pengajaran kepada siswa untuk mendengarkan secara kritis terhadap iklan yang sering mereka lihat di televisi komersial. Agar siswa sanggup menilai dan tidak gampang terpengaruh terhadap iklan-iklan yang ada di televisi komersial.
Persuasi
Ada tiga cara dasar dalam mempengaruhi seseorang:
1.      dengan alasan
orang akan gampang terpengaruh terhadap alasan yang masuk logika yaitu alasan yang sanggup diterima secara logis.
2.      kedua, mempertimbangkan aksara seseorang
orang akan gampang dibujuk dengan orang yang sanggup dipercaya. Kepercayaan seseorang datang  dari pengeahuan dirinya atau dari reputasi orang yang membujuk.
3.      ketiga dengan menarik bagi emosi mereka
orang akan gampang dibujuk apabila menarik bagi emosi seseorang, menyerupai perasaan, perhatian, kebutuhan untuk diterima dalam suatu lingkungan, keinginan untuk kebebasan berekspresi, yang kemudian sanggup mempengaruhi pendapat dan keyakinan mereka.
Kegiatan persuasi di sekolah, contohnya untuk membujuk siswa membaca suatu buku, maka guru harus membaca buku itu dan menawarkan pandangan bahwa buku tersebut sanggup menambah pengetahuan (alasan), siswa akan merasa tertarik dengan gambar-gambar yang ada di dalam buku tersebut sehingga siswa mau membacanya (emosi), atau lantaran buku tersebut ialah buku paling terkenal dan banyak orang membaca buku tersebut (karakter).
Propaganda
Siswa perlu berguru untuk menjadi konsumen yang kritis terhadap iklan, lantaran banyak iklan yang memakai persuasif, deceptive language (bahasa menipu), dan juga propaganda untuk mempromosikan produk, ide, dan jasa. Propaganda dipakai untuk mempengaruhi keyakinan dan tindakan kita. Oleh lantaran itu, siswa bisa menilai dan menginterpretasikannya sehingga tidak terpengaruh dengan bahasa dalam iklan yang mereka dengar.
Eufemis dan deceptive language(bahasa menipu) merupakan salah satu penggalan dari propaganda. Eufemis ialah kata atau frase yang dipakai untuk menghindari kenyataan pahit atau tidak menyenangkan untuk menjaga perasaan orang lain. “Bahasa menipu” (deceptive language) meliputi kata-kata yang dimaksudkan untuk membuat kata yang biasa menjadi terlihat luar biasa, contohnya used car (mobil bekas) sering disebut pre-owned atau experience cars.
                                                                                                                     
Pengajaran Mendengar dengan Kritis
Strategi pembelajaran ini mengajarkan siswa untuk mendengarkan secara kritis terhadap iklan yang mereka dengar untuk menilik bahasa persuasif dan propaganda yang dipakai dalam iklan. Nantinya siswa juga bisa membuat iklan sendiri. Langkah-langkah seni administrasi ini dalam pembelajaran yaitu:
1.      Memperkenalkan iklan
Guru sanggup menyajikan rekaman iklan yang dekat bagi siswa, kemudian siswa mendiskusikan tujuan atau pesan yang disampaikan dalam iklan tersebut.
2.      Menjelaskan deceptive language (“bahasa menipu)
Siswa menganalisis bahasa persuasif, “bahasa menipu” dan propaganda yang terdapat dalam iklan,
3.      Menganalisis “bahasa menipu”
Siswa menganalisis arti dari persuasif, propaganda, dan “bahasa menipu” dalam iklan tersebut.
4.      Meninjau konsep
Siswa dengan bimbingan guru meninjau kembali konsep persuasi, propaganda, dan bahasa menipu yang ada dalam iklan yang ditayangkan guru.
5.      Menciptakan iklan
Setelah siswa berguru wacana persuasi, propaganda, dan bahasa menipu, siswa diminta untuk membuat iklan baik wacana suatu produk yang mungkin ia ciptakan, atau wacana isu-isu yang hangat dibicarakan di masyarakat. Siswa sanggup berguru dari iklan yang ada di majalah, paket produk atau televisi. Mereka sanggup mengamati bagaimana jumlah teks dan gambar, serta tata letaknya. Setelah selesai, mereka sanggup mengumpulkan dan menampilkannya di papan buletin
Mengajarkan pelajaran wacana mendengar kritis
Mendengar merupakan  kegiatan yang paling sering dipakai sehingga sangat penting bagi guru untuk mengajarkan siswa menjadi pendengar yang efektif. Siswa perlu berguru bagaimana cara memvariasikan teknik mendengar yang efektif untuk banyak sekali tujuan. Berikut ini seni administrasi pengajaran untuk mendengarkan secara efektif:
1.      Mengidentifikasi tujuan mendengarkan
Dengan mengidentifikasi tujuan mendengarkan siswa memahami mengapa mereka harus mendengarkan dan mengetahui bagaimana cara untuk mengetahui tujuan pembicaraan.
2.      Menggunakan pendekatan Directed Listening-Thinking
pendekatan Directed Listening-Thinkingmerupakan cara yang paling baik untuk memperkenalkan seni administrasi mendengar aestetik, menyerupai membaca puisi, pantun, atau sajak dengan bunyi keras sehingga melibatkan siswa secara aktif dalam mendengarkan.
3.      Mengajarkan siswa untuk mencatat
Guru sanggup mencatat di papan untuk hal-hal penting yang harus siswa ketahui sehingga siswa bisa membuat catatan yang mempunyai kegunaan untuk mereka pelajari.
4.      Memantau hasil
Guru sanggup membantu siswa untuk memantau hasil dari mendengarkan siswa dengan menawarkan pertanyaan-pertanyaan wacana isi pembicaraan. Apakah siswa bisa memahami apa yang mereka dengar dan menilai seni administrasi mendengarkan yang mereka gunakan.
5.      Membuat proses mendengar menjadi terlihat
Mendengar ialah proses yang tak terlihat, namun guru bisa menilai pemahaman siswa dengan melihat hasil catatan atau goresan pena siswa wacana isi pembicaraan dan ketika siswa menyampaikannya secara ekspresi (berbicara).

Menilai Mendengar Kritis Siswa
Guru sanggup menilai bagaimana keterampilan siswa dalam mendengar secara kritis melalui:
1.      menilai pengetahuan siswa dengan meminta mereka mendengarkan secara kritis terhadap sebuah iklan, presentasi lisan, atau pidato. Mereka sanggup mencatat isi dari apa yang mereka dengar dari iklan, presentasi lisan, atau pidato tersebut.
2.      Menilai kemampuan siswa dalam mengembangkan iklan yang  mereka buat sendiri.


0 Response to "Pengembangan Keterampilan Mendengarkan Pada Siswa"

Total Pageviews