Latest News

Membaca Dan Menulis Puisi

MEMBACA DAN MENULIS PUISI
A.      PENGANTAR
        Menurut Donald Graves ( 1992), Poetry brings sound and sense together in words and lines. Puisi itu  membawa bunyi dan mencicipi bantu-membantu dalam kata-kata dan baris , " Larrick (1991 ) percaya bahwa kita menikmati puisi alasannya ialah keterlibatan fisik dan kata-katanya bisa membangkitkan.  Puisi tidak lagi wacana bunga bakung, awan dan cinta. Baru-baru ini, puisi wacana dinosaurus, halloween, coklat dan serangga yang terkenal di kalangan anak-anak. Anak-anak menentukan untuk membaca puisi dan menyebarkan puisi favorit dengan teman sekelas. Puisi biasanya pendek dan sanggup dengan gampang direvisi dan diedit. Mereka memakai  diri sendiri untuk antologi sehingga lebih gampang daripada bercerita dan bentuk lain lagi menulis. Melalui aneka macam aktivitas menulis puisi, siswa melukis kata gambar, membuat perbandingan dan mengekspresikan diri dengan cara yang imajinatif. 
1.      Playing with words (bermain dengan kata-kata)
   Sebagai siswa, bermain dengan kata-kata, mereka tertawa dengan bahasa, membuat gambar kata, percobaan dengan sajak dan membuat kata-kata baru. Jenis aktivitas ini memperlihatkan pengalaman belum dewasa membaca dan menulis puisi. Siswa memperoleh kepercayaan diri dan fleksibilitas dalam memakai kata-kata untuk menulis puisi. 
2.      Laughing with words ( tertawa dengan kata-kata)
                   Sebagai belum dewasa yang sedang mencar ilmu bahwa kata-kata mempunyai kekuatan untuk menghibur, mereka menikmati membaca, bercerita dan menulis teka-teki dan lelucon. Linda Gibson Geller ( 1985) telah meneliti bahasa lucu belum dewasa dan telah mengidentifikasi dua tahap bermain teka-teki siswa SD. Tahap kelas primer, anak bereksperimen dengan bentuk teka-teki dan isinya dan siswa di kelas menengah dan atas, mulai menjelajahi konstruksi paradoks dalam teka-tekinya. Teka-teki yang ditulis dalam format tanya- jawab, tapi belum dewasa pada awalnya hanya sanggup mengajukan pertanyaan, atau mengajukan pertanyaan dan memperlihatkan balasan yang tidak terkait. Dengan pengalaman yang lebih, siswa memperlihatkan pertanyaan dan memperlihatkan balasan terkait dan balasan mereka sanggup berupa deskriptif atau tidak masuk akal. 
            The Opies (1959) mengidentifikasi lima taktik teka-teki yang dipakai oleh siswa SD :
a.       Menggunakan beberapa referen untuk kata benda ; Apa mempunyai mata tapi tidak bisa melihat ? (  jarum )
b.      Menggabungkan interpretasi literal dan kiasan untuk satu ungkapan: Mengapa anak membuang jam keluar jendela ? ( Karena ia ingin melihat waktu terbang )
c.       Pergeseran batas kata menyarankan arti lain : Mengapa cookie menangis ? ( Karena ibunya ialah wafer / pergi untuk / begitu usang )
d.      Memisahkan kata menjadi suku kata untu menyarankan arti lain : Kapan pintu bukan sebuah pintu ? ( Ketika itu terbuka  )
e.       Membuat metafora : Apa bintik-bintik di wajah Anda ? ( Jerawat )
3.      Creating word pictures (Membuat gambar kata)
            Pada tingkat dasar belum dewasa mencar ilmu untuk menempatkan kata-kata dalam garis horizontal dari kiri ke kanan dan atas ke bawah di selembar kertas menyerupai garis-garis. Namun, mereka sanggup mematahkan pola ini dan membuat kata gambar dengan menempatkan kata-kata alasannya ialah mereka akan menggambar garis di gambar . Gambar kata ini sanggup berupa gambar kata atau serangkaian kata-kata atau kalimat diatur dalam gambar .
a.      Gambar Kata . Siswa memakai kata-kata bukan garis untuk menggambar , menyerupai gambar kelinci pada Gambar 11-2 mengilustrasikan . Siswa pertama menggambar dengan garis-garis , kemudian tempatkan selembar kertas kedua atas gambar dan mengganti semua atau sebagian besar jalur dengan kata-kata berulang .
b.      Kata-kata deskriptif . Siswa menulis kata-kata deskriptif sehingga susunan , ukuran , dan intensitas aksara dalam kata menggambarkan artinya . Kata saraf ditulis positif pada Gambar 1 1-2. Siswa juga sanggup menulis nama benda dan binatang , menyerupai burung , positif , menggambarkan fitur Dari item berjulukan melalui gaya huruf.
c.       Kalimat Gambar. Siswa sanggup menulis kalimat deskriptif atau kalimat dan menuliskannya dalam bentuk obyek , sebagai kerucut es krim pada Gambar 11-2 mengilustrasikan . Tanda bintang memperlihatkan di mana untuk memulai membaca gambar kalimat. 
                                                  
4.      Bereksperimen dengan ritme
    Berikut tiga baris puisi memperlihatkan penggunaan yang efektif dari  siswa kelas lima dari sajakyang berritme sama :
Thoughts After a 40-Mile Bike Ride
My feet
And seat
Are beat.
Perangkat Puisi  Lainnya
   Penyair menentukan kata-kata dengan hati-hati (Kennedy dan  Kennedy, 1982). Mereka membuat gambar yang penuh makna, ketika mereka memakai perbandingan yang tak terduga, mengulang bunyi dalam satu baris atau bait, menjiplak bunyi dan mengulangi kata-kata. Teknik-teknik ini ialah perangkat puisi, dan siswa perlu mencar ilmu wacana perangkat sehingga mereka sanggup menggunakannya dalam goresan pena mereka .
1.      Comparison (perbandingan)
         Salah satu cara untuk menggambarkan sesuatu ialah dengan membandingkannya dengan sesuatu yang lain . Siswa sanggup membandingkan gambar, perasaan dan tindakan untuk hal-hal lain dengan memakai dua jenis perbandingan (simile dan metafora) misalnya, belum dewasa sanggup membandingkan amarah dengan angin puting-beliung . Menggunakan simile, mereka mungkin berkata, " Kemarahan ialah menyerupai halilintar, berteriak dengan perasaan guntur dan kilat. Sebagai metafora , mereka mungkin berkata, " Kemarahan ialah gunung berapi , meletus dengan kata-kata beracun dan mengeluarkan lava panas.
 
2.      Alliteration (Aliterasi)
         Aliterasi ialah pengulangan bunyi konsonan awal yang sama dengan kata berturut-turut atau dengan kata di dekat satu sama lain. Mengulangi bunyi awal yang sama membuat puisi menyenangkan untuk di baca, siswa menikmati membaca dan mengulang menceritakan sebuah cerita.
3.      Onomatopoeia (pembentukan kata yg menjiplak suara)
         Onomatope ialah perangkat di mana penyair memakai kata-kata bunyi untuk membuat goresan pena mereka lebih sensorik dan lebih hidup. Siswa sanggup menyusun daftar kata-kata bunyi yang mereka temukan dalam dongeng dan puisi dan menampilkan daftar pada grafik kelas dan di tampilkan ketika mereka menulis puisi mereka sendiri
4.      Repetition (Pengulangan) 
Pengulangan kata dan frase ialah perangkat lain penulis memakai struktur goresan pena mereka serta untuk menambah daya tarik . Contohnya A Man
I am a little man standing all alone
ln the deep, dark wood.
l am standing on one foot
In the deep, dark wood.
Tell me quickly if you can,
What to call this little man
Standing all a/one
In the deep, dark wood.
Who am I?
(Answer: a mushroom)

B.  MEMBACA PUISI 
               The Opies (1959) telah memverifikasi apa yang kita ketahui dari mengamati belum dewasa : Anak-anak mempunyai hubungan alamiah, lagu, teka-teki, lelucon, nyanyian dan permainan kata-kata . Anak-anak prasekolah diperkenalkan kepada puisi ketika orang renta mereka mengulang sajak Mother Goose, membaca The House at Pooh Pojok Milne, 1956) dan cerita-cerita Dr Seuss dan menyanyikan lagu-lagu kecil kepada mereka
1.      Jenis puisi yang di baca anak
       "The Song of Hiawatha " bentuk puisi dari Jepang , Haiku , terkenal di antologi puisi untuk belum dewasa . Haiku ialah puisi tiga baris yang berisi hanya 17 suku kata . Karena singkatnya , ia telah dianggap bentuk yang sempurna puisi untuk belum dewasa untuk membaca dan menulis .Tiga tipe buku puisi diterbitkan untuk belum dewasa . 
a.    Sejumlah gambar versi buku puisi tunggal di mana setiap baris atau bait digambarkan pada halaman yang tersedia, menyerupai PaulReuere Ride ( Longfellow , 1990). 
b.    Koleksi khusus dari puisi, baik ditulis oleh seorang penyair tunggal atau terkait dengan satu tema , menyerupai dinosaurus atau Halloween . 
c.    Antologi komprehensif ialah tipe ketiga buku puisi untuk belum dewasa , dan mereka mempunyai 50 hingga 500 puisi atau lebih diatur menurut kategori.
 
2.      Puisi favorit anak
             Anak-anak mempunyai buku wacana puisi yang mereka sukai , menyerupai orang sampaumur lakukan. Bentuk yang paling terkenal dari puisi ialah pantun jenaka dan puisi naratif ; paling terkenal ialah haiku dan sajak bebas . Selain itu , belum dewasa lebih suka puisi lucu , puisi wacana binatang , dan puisi wacana pengalaman erat ; mereka tidak menyukai puisi dengan gambaran visual dan bahasa kiasan . Unsur-unsur yang paling penting dalam membaca puisi ialah sajak , irama , dan bunyi . Siswa sekolah dasar menyukai  puisi tradisional , siswa kelas menengah lebih suka puisi modern , dan siswa atas kelas lebih suka berirama. 
 
 
                    Banyak penyair menulis untuk anak-anak, di antaranya Arnold Adoff , Byrd Baylor , Gwendolyn Brooks , Aileen Fisher , Lee Bennett Hopkins, Karla Kuskin, Myra Cohn Livingston, Lilian Moore, Mary O'Neill , Jack Prelutsky , dan Shel Silverstein. Anak-anak tertarik untuk mencar ilmu wacana penyair favorit alasannya ialah mereka mencar ilmu wacana penulis yang menulis dongeng dan buku informasi . Ketika belum dewasa melihat penyair dan penulis lain sebagai orang-orang nyata , orang-orang yang mereka sanggup berafiliasi dengan dan yang menikmati hal yang sama mereka lakukan , mereka mulai melihat diri mereka sebagai penyair - kriteria yang diharapkan untuk sukses menulis.
3.      Mengajari anak membaca puisi
              Fokus dalam mengajar siswa untuk membaca puisi ialah pada kenikmatan . Siswa harus mempunyai  banyak kesempatan untuk membaca dan mendengarkan puisi dan mereka harus mencar ilmu aneka macam pendekatan untuk menyebarkan puisi . Juga , guru harus menyebarkan puisi yang terutama di sukai siswa. Siswa tidak diharapkan untuk menganalisis puisi; sebaliknya mereka membaca puisi yang mereka sukai dan menyebarkan puisi favorit mereka dengan teman sekelas.
a.         Memperkenalkan Siswa untuk Puisi .
            Ketika guru dan siswa membaca puisi dengan bunyi keras , mereka meningkatkan membaca dengan memakai keempat unsur ini ( Stewig , 1981) :
° Tempo - seberapa cepat atau lambat untuk membaca garis
° Rhythm - mana kata-kata untuk menekankan atau menyampaikan paling keras
° Pitch- kapan harus menaikkan atau menurunkan suara
° Juncture - kapan dan berapa usang untuk jeda
b.         In Reading workshop (Dalam Lokakarya Membaca )
     Siswa kadang menentukan koleksi puisi untuk membaca selama lokakarya , atau guru sanggup merencanakan lokakarya puisi khusus. Beberapa guru mengabdikan satu hari dalam seminggu untuk puisi lokakarya atau merencanakan waktu beberapa ahad ketika semua siswa membaca dan menanggapi puisi . Lokakarya puisi mempunyai komponen yang sama menyerupai lokakarya membaca biasa , dan lokakarya puisi sanggup menggabungkan keduanya membaca dan menulis puisi(Tompkins 6 McGee , 1993) .
c.         In Literature Focus Unit (Dalam Sastra Focus Unit)  
                  Guru membaca banyak puisi kepada siswa , dan siswa membaca puisi  sendiri . Salah satu cara bagi siswa untuk membaca puisi ialah memakai paduan bunyi , di mana siswa bergiliran membaca puisi bantu-membantu . Siswa perlu beberapa salinan puisi untuk membaca paduan bunyi , atau puisi harus ditampilkan pada grafik atau overhead projector sehingga setiap orang sanggup membacanya . Kemudian siswa dan guru memutuskan bagaimana mengatur puisi untuk membaca dengan paduan bunyi . Siswa sanggup membaca puisi itu keras-keras bantu-membantu atau dalam kelompok kecil , atau individu,  siswa sanggup membaca garis tertentu atau bait . Empat cara membaca puisi yang mungkin dengan cara In Literature Focus Unit ialah ( Stewig , 1981) ;
1)        Membaca Echo . Pemimpin membaca setiap baris , dan kelompok mengulanginya
2)        Pemimpin membaca pecahan utama dari puisi itu , dan kelompok membaca refrain atau chorus serempak.
3)        Membaca kelompok kecil. Kelas terbagi menjadi dua kelompok atau lebih , dan setiap group membaca salah satu pecahan dari puisi itu .
4)        Membaca kumulatif . Satu siswa atau satu kelompok membaca baris pertama atau siswa lain atau kelompokmembaca  setiap baris atau bait berikutnya sehingga imbas kumulatif dibentuk .
 
d.        In Theme Cycles (Dalam Siklus Theme)
                        Kedua guru dan siswa sanggup menyebarkan puisi selama siklus tema . Guru membaca puisi keras-keras kepada siswa , atau mereka sanggup menduplikasi salinan puisi bagi siswa untuk membaca , mungkin memakai bacaan dengan paduan bunyi . Kemudian siswa sanggup menambahkan puisi ini untuk catatan pelajaran mereka . Juga , guru sanggup menampilkan puisi yang terkait dengan tema di papan buletin atau pajangan . Siswa juga sanggup menentukan untuk menyebarkan puisi sebagai proyek atau menulis puisi favorit yang berkaitan dengan tema pada poster atau dalam sebuah buku
 
4.      Menilai Pengalaman Siswa Dengan Puisi
            Guru menilai pengalaman siswa dengan puisi dalam beberapa cara . Mereka mengamati siswa ketika mereka terlibat dalam aktivitas membaca puisi dan menanggapi puisi yang mereka bacakan dan merespon puisi-puisi mereka serta membagikan puisinya di kelas mereka. Sebagai contoh, selama 2 ahad , siswa kelas empat dinilai pada aktivitas ini :
a.  Baca 20 puisi .
b. Menyimpan daftar 20 puisi dibaca .
c.  Menulis dalam membaca log sekitar lima puisi favorit .
d. Berpartisipasi dalam aktivitas membaca paduan bunyi .
e.  Berpartisipasi dalam minilessons wacana teknik membaca paduan bunyi , gambar penyair Jack Prelutsky , sajak , dan kata.
f.  Membuat halaman untuk buku kelas pada puisi favorit .
g. Melakukan sebuah  proyek wacana puisi .
 
C.      MENULIS PUISI
Siswa SD sanggup mempunyai pengalaman sukses menulis puisi kalau mereka memakai formula puitis. Mereka sanggup menulis puisi formula dengan mulai setiap baris dengan kata-kata tertentu, menyerupai puisi warna, jenis puisi haiku, atau puisi dengan bentuk gambar.
Ada lima bentuk puisi, yaitu: puisi rumus/puisi formula, puisi bebas, suku kata dan puisi kata hitung, puisi berirama, dan puisi model. Untuk kemampuan dalam menulis puisi, siswa Taman Kanak-kanak maupun SD kelas pertama biasanya belum seefektif siswa SD kelas atas.
1.      Puisi Formula
Bentuknya menyerupai resep, namun tidak harus diikuti secara kaku namun sanggup memperlihatkan sebuah kerangka yang gampang untuk diikuti. Untuk menulis puisi, belum dewasa bisa diminta menuliskan impian mereka. Misalkan diawali dengan frase saya berharap… titiktitik bisa diisi sesuai dengan keinginan atau impian mereka. Barandi memperluas keinginannya dengan cara ini:
I Wish
I wish I were a teddy bear
Who sat on a beautiful bed
Who got a hug every night
By a little girl or boy
Maybe tonight I’ii get my wish
And make up on a little girl’s bed
And then I’ii be as happy as can be
a.      Puisi warna.
Siswa mulai setiap baris puisi mereka dengan warna. Mereka sanggup mengulangi warna yang sama di setiap baris atau menentukan warna yang berbeda (Koch,1970)
Misalnya, diawali dengan kata sebuah warna:
Kuning
Kuning ialah percikan melalui genangan air lumpur
Kuning ialah kuning telur yang tergeletak dalam panci
Kuning ialah matahari terbenam
Kuning ialah kesemutan di verbal Anda sehabis penurunan lemon mencair

Menulis puisi warna sanggup dikoordinasikan dengan mengajar belum dewasa muda untuk membaca dan menulis kata-kata warna dan menuliskannya pada suatu buklet kertas dijepit bersama-sama.
b.      Puisi lima kalimat
Selain menulis puisi warna, siswa sanggup menulis puisi memakai jenis puisi lima kalimat. Siswa menulis sebuah topik memakai lima kalimat saja yang disusun dalam lima baris. Contoh:
Being Heartbroken
Sounds like thunder and lightning
Looks like a carrot going through a blender
Tastes like sour milk
Feels like a splinter in your finger
Smells like a dead fish
It must be horrible!

c.       Puisi Preposisi
Siswa mulai setiap baris puisi preposisi dengan preposisi, dan pola ini sering menghasilkan imbas puitis yang menyenangkan. Di bawah ini teladan puisi preposisi yang ditulis oleh grader Mike  wacana superhero:
Superman
Within the city
In a phone booth
Into his clothes
Like a bird
In the sky
Through the walls
Until the crime
Among us
Is defeated

2.      Puisi Bentuk bebas
Puisi jenis ini ialah puisi dimana anak diberi kebebasan untuk menentukan kata untuk menggambarkan sesuatu untuk mengekspresikan pikiran atau dongeng tanpa memerhatikan sajak atau hukum lainnya. Contoh:
Kesepian
Seumur hidup
Mimpi rusak
Dan janji
Kehilangan cinta
Terluka
Saya mendengar
Teriakan
Dalam keheningan
a.      Puisi konkret
Siswa membuat puisi positif melalui seni dan penyusunan kata-kata dengan teliti  pada sebuah halaman. Kata-kata, frase, dan kalimat bisa ditulis dalam bentuk obyek atau kata gambar sanggup disisipkan dalam puisi tertulis kiri ke kanan dan atas ke bawah.
b.      Puisi temuan
Siswa membuat puisi ini dengan menghapus kata-kata dari sumber lain, menyerupai artikel surat kabar, lagu, dan cerita.

3.      Puisi suku kata dan kata hitungan
Bentuk puisi ini sanggup membatasi kebebasan berekspresi. Dengan kata lain, struktur puisi ini mungkin sanggup member derma namun juga menghambat. Siswa sanggup memanfaatkan kamus untuk membuat puisi ini.
a.      Haiku
Puisi ini ialah salah satu bentuk puisi Jepang yang terdiri dari 17 suku kata yang diatur dalam tiga baris, yakni 5, 7, dan 5 suku kata. Puisi haiku berurusan dengan alam dan menyajikan terperinci gambar tunggal. Haiku ialah bentuk ringkas menyerupai telegram. Contoh:
Spider web shining
Tangled on the grass with dew
Waiting quietly
b.      Tanka
Tanka ialah bentuk ayat Jepang yang mengandung  31 suku kata yang disusun dalam 5 baris, 5-7-5-7-7. Bentuk ini menyerupai haiku, dengan dua baris pemanis dari 7 suku kata masing-masing. Contoh
The summer dancers
Dancing in the midnight sky
Waltzing and dreaming
Stars glistening in the night sky
Wish upon a shooting star

c.       Cinquain
Adalah puisi lima baris yang berisi 22 suku kata dalam pola 2-4-6-8-2 suku kata. Jenis puisi ini sering menggambarkan sesuatu, tetapi mereka juga bisa bercerita. Contoh:
Wrestling
Skinny, fat
Coaching, arguing, pinning
Trying hard to win
Tournament

d.      Diamante
Bentuk puisi ini membantu siswa menerapkan pengetahuan mereka yang bertentangan dan bagian-bagian pidato. Contoh
BABY
Wrinkled tiny
Crying wetting sleeping
Rattles diapers money house
Caring working loving
Smart helpful
ADULT

4.      Puisi Berirama
Beberapa bentuk puisi berirama menyerupai limericks dan clerihews sanggup dipakai efektif dengan siswa menengah dan atas kelas.
a.      Limericks
limerick ialah bentuk ayat cahaya yang memakai kedua sajak dan
irama. Puisi ini terdiri dari lima baris; pertama, kedua, dan garis kelima sajak,
sedangkan baris ketiga dan keempat sajak dengan satu sama lain dan lebih pendek dari tiga lainnya. Contoh:
There once a frog named Pete
Who did nothing but sit and eat
He examined each fly
With so careful an eye
And then said,”You’re dead meat”
b.      Clerihews
Adalah empat baris berirama yang menggambarkan seseorang. Diberi nama Clerihews alasannya ialah yang membuat jenis puisi ini berjulukan Edmund Clerihew Bently. Contoh:

Albert Einstein
His genius did shine
Of relativity and energy did he dream
And scientists today hold him in high esteem

5.      Puisi Model
Salah satu teladan jenis puisi ini ialah puisi yang berbentuk seruan maaf. Puisi tersebut berisi wacana seruan maaf seorang anak. Kaprikornus syair dari puisi tersebut berisi kata-kata maaf sebagai ungkapan rasa bersalah seorang anak.
a.      Permintaan maaf ( Apologies )
Anak-anak menulis puisi mereka yang berisi seruan maaf yang isinya lucu. Contoh:
Ayah
Maafkan aku
Bahwa saya mengambil
Truk
Untuk
Sebuah putaran
Aku tahu itu salah
Tapi…
Menggembirakan
Gerakan itu

b.      Puisi Undangan ( Invitations )  
Siswa menulis puisi dimana mereka mengundang seseorang untuk magis, indah penuh dengan bunyi dan warna dan dimana semua jenis mengagumkan hal-hal terjadi. Contoh:
The Golden Shore
Come into the golden shore
Where days are filled with laughter
And nights filled with whispering winds
Where sunflowers and sun
Are filled with love
Come take my hand
As we walk into the sun

D.    Mengajar Siswa Menulis Puisi
Peraturan dalam menulis puisi:
§  Puisi tidak harus bersajak
§  Huruf pertama di setiap baris tidak harus capital
§  Puisi sanggup dimulai dari mana saja pada suatu halaman
§  Anda mendengar puisi yang dibacakan tanpa irama.
§  Puisi sanggup wacana segala hal, baik itu berisi sesuatu yang serius atau konyol/ lucu.
§  Puisi sanggup diselingi dengan cara yang berbeda ataupun tidak diselingi sama sekali.
§  Tidak ada hukum nyata untuk membuat puisi, dan tidak ada puisi yang gagal.
Beberapa cara mengajarkan puisi, antara lain:
1.      Minilessons
Guru sanggup menerapkan mengajar dalam kelas kecil (minilessons) untuk mengajarkan siswa wacana prosedur, konsep, dan taktik serta keterampilan untuk membaca dan menulis puisi. Langkah-langkah dalam melaksanakan minilesson wacana bentuk puisi:
a.       Menjelaskan bentuk/ rumus puisi
Jelaskan bentuk puisi kepada siswa dan menjelaskan
apa yang termasuk dalam setiap baris atau bait. Kemudian menampilkan grafik yang menggambarkan membentuk, atau mintalah siswa menulis deskripsi singkat wacana bentuk puisi dalam catatan puisi mereka.
b.      Berbagi conotoh puisi
Membacakan keras puisi yang ditulis oleh belum dewasa dan orang
sampaumur serta mematuhi bentuk puisi. Kemudian menyebarkan teladan puisi dari pecahan ini dan puisi yang ditulis oleh siswa di tahun-tahun sebelumnya, atau membagi puisi  koleksi yang ditulis untuk belum dewasa oleh para penyair dewasa. Setelah membaca dan menanggapi setiap puisi, siswa memperlihatkan bagaimana penulis setiap puisi yang memakai rumus.
c.       Menulis puisi kerjasama kelas.
Siswa menulis puisi kerjasama kelas atau puisi dalam kelompok kecil sebelum menulis puisi individual. Setiap siswa memperlihatkan donasi garis untuk kerja sama kelas.
d.      Menulis puisi sendiri memakai proses menulis. Siswa memakai proses menulis untuk menulis puisi. Mereka menulis draft kasar, bertemu dalam kelompok menulis untuk mendapatkan umpan balik, membuat revisi menurut masukan ini, dan kemudian mengedit puisi mereka  dengan teman sekelas atau guru. Siswa kemudian menyebarkan puisi mereka.
Guru sering hanya menjelaskan beberapa bentuk puitis dan kemudian memungkinkan siswauntuk menentukan bentuk dan menulis puisi. Pendekatan ini mengabaikan aliran komponen; itu kembali ke "menetapkan dan melakukan" sindrom. Sebaliknya, siswa perlu untuk bereksperimen dengan masing-masing bentuk puisi. Setelah pengalaman-pengalaman awal, sanggup menerapkan apa yang telah mereka pelajari dan menulis puisi yang mematuhi salah satu bentuk yang telah mereka pelajari selama lokakarya penulisan atau sebagai pecahan dari fokus literature.
Pedoman Penulisan Puisi
1)   Jelaskan apa itu puisi dan apa yang membuat sebuah puisi itu baik.
2)   Atur buku-buku puisi bagi siswa untuk membaca dalam pecahan khusus dari ruang perpustakaan.
3)   Ajarkan kepada siswa 5 hingga 10 bentuk puisi untuk dipakai ketika mereka menulis puisi, jadi mereka mempunyai aneka macam bentuk dari yang akan dipilih.
4)   Mengajar siswa wacana perbandingan, aliterasi, onomatopoeia, dan pengulangan,
dan mendorong mereka untuk memakai perangkat puitis selain sajak alasannya ialah mereka menulis.
5)   Mendorong siswa untuk bermain dengan kata-kata, membuat kata-kata baru, dan membuat gambar kata menyerupai mereka menulis puisi.
6)   Ajarkan taktik siswa untuk dipakai sebagai mereka menulis puisi:
a)    Menyesuaikan bentuk puisi sesuai kebutuhan mereka. 
b)    Ilhami daftar kata dan frase.
c)    Membaca draft keras untuk mendengar bagaimana mereka terdengar
d)    Menggunakan permainan kata dan perangkat puisi
e)    Ulangi menulis atau menghapus kata-kata yang tidak perlu
f)    Memilih bagaimana mengatur kata-kata di halaman
g)    Memilih bagaimana memanfaatkan kata-kata dan tanda baca puisi
7)   Mintalah siswa memakai proses penulisan untuk kerajinan puisi, dan mereka menyimpan konsep bernafsu mereka sehingga mereka sanggup mendokumentasikan proses penulisan yang mereka lakukan.
8)    Mintalah siswa untuk menulis puisi selama menulis lokakarya, dan menyediakan waktu untuk mereka menyebarkan puisi yang mereka tulis dengan teman sekelas.
9)   Mendorong siswa untuk menulis puisi sebagai unit pecahan dari fokus sastra dan mencar ilmu sosial dan siklus tema alam. Siswa sanggup menulis puisi wacana karakter dalam cerita, dan menulis puisi
wacana topik yang berkaitan dengan tema.
10)         Buat antologi puisi kelas siswa, dan salinan tersebut an-
thology untuk setiap siswa. Siswa sanggup beroperasi sebagai sebuah perusahaan penerbitan dengan penulis, editor, seniman, mahir komputer, manajer bisnis, dan peranan lain .
2.      Menulis dalam lokakarya
Setelah siswa mencar ilmu wacana aneka macam bentuk puisi, mereka
sering menentukan untuk menulis puisi selama lokakarya. Mereka menulis puisi wacana topik favorit atau untuk mengungkapkan perasaan mereka. Mereka juga bereksperimen dengan bentuk-bentuk yang telah diperkenalkan selama minilessons baru-baru ini. Siswa yang menulis puisi menerbitkan koleksi puisi mereka selama menulis lokakarya dan menyebarkan dengan teman sekelas mereka. Berbagi ini sering merangsang siswa lain menulis puisi.
3.      Dalam unit fokus sastra
Siswa sering menulis puisi sebagai pecahan dari sastra fokus unit. Kadang-kadang mereka menulis puisi bantu-membantu sebagai sebuah kelas selama
menjelajahi panggung, dan di lain waktu mereka menulis puisi secara individu atau dalam kecil kelompok sebagai proyek selama tahap memperpanjang. Untuk mengeksplorasi bahasa dari buku, siswa mungkin menulis puisi ditemukan memakai paragraf dari afavorit buku. Atau siswa bisa menulis puisi akrostik wacana judul buku atau nama karakter.
4.      Dalam tema berseri
Siswa juga menulis puisi sebagai proyek selama siklus tema. Untuk menyusun puisi para siswa sanggup dengan cara mengumpulkan kata-kata dan kalimat favorit mereka dari buku dan mengorganisir mereka secara berurutan.
5.      Sesuaikan kebutuhan setiap siswa
Puisi harus menjadi pecahan dari membaca dan menulis, dan guru harus menemukan cara untuk melibatkan semua siswa dalam aktivitas ini. Puisi yang telah ditulis untuk belum dewasa ialah tersedia ketika ini yang akan membangkitkan perasaan yang berpengaruh dan gambar yang berpengaruh pada siswa, dan menulis puisi ialah cara yang berharga bagi siswa untuk bermain dengan bahasa dan mengekspresikan diri. Sebagai guru merencanakan lokakarya puisi dan menghubungkan membaca dan menulis puisi untuk aktivitas unit fokus sastra dan siklus tema tertentu, mereka harus menemukan cara untuk menyesuaikan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa. Ada beberapa hal yang sanggup diperhatikan dalam menyesuaikan kebutuhan siswa sehubungan dengan membaca dan menulis puisi, yaitu:
a)      Bekerja dalam sebuah kelompok
b)      Memanfaatkan membaca secara berkelompok
c)      Bermain dengan puisi
d)     Menggunakan lagu
e)      Menggunakan cara gampang membaca puisi

E.     Menilai Puisi yang Ditulis Siwa
Membaca, menanggapi dan menilai puisi yang dibentuk siswa merupakan kiprah kita. Siswa membutuhkan masukan dan saran dari kita wacana puisi yang mereka buat.


0 Response to "Membaca Dan Menulis Puisi"

Total Pageviews