Latest News

Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup

A. Ciri Khusus pada Beberapa Hewan

1.  Ciri Khusus yang Dimiliki Kelelawar
    Kelelawar yaitu satu-satunya mamalia yang bisa terbang.Kelelawar termasuk binatang nokturnal.
   Binatang nokturnal yaitu binatang yang mencari makan pada malam hari. Kelelawar mempunyai      pendengaran dan penciuman yang tajam. Kelelawar memakai bunyi untuk menangkap                  serangga dalam ke-gelapan. Kelelawar mengeluarkan bunyi yang tinggi yang tidak bisa didengar         manusia. Pantulan bunyi tersebut menawarkan letak mangsa.

2. Ciri Khusus yang Dimiliki Cecak
     Kamu niscaya sering melihat cicak. Cicak banyak kita jumpai melekat di dinding dan langit-langit      rumah. Cicak merupakan binatang reptil. Cicak mempunyai tiga ciri khusus, antara lain:
  • Cicak mempunyai kaki yang sanggup melekat di dinding dan langit-langit rumah.
  • Cicak yaitu binatang pemakan serangga. Cicak menangkap serangga dengan menjulurkan lidahnya yang panjang.
  • Ciri khusus cicak lainnya yaitu tetapkan ekornya. Cicak me-mutuskan ekornya untuk mengelabui pemangsa. Ekor  cicak sanggup tumbuh lagi ibarat semula sehabis diputuskan. Kemampuan cicak yang panjang untuk tetapkan ekornya sendiri disebut autotomi. Tiga ciri khusus di atas merupakan bentuk penyesuaian cicak. Bentuk badan cicak menyesuaikan dengan lingkungan dan jenis makanannya.
3. Ciri Khusus yang Dimiliki Bebek

    Bebek merupakan salah satu jenis burung yang hidupnya sering di air. Bebek mempunyai bentuk         paruh datar dan tumpul. Paruh tersebut dipakai untuk menyaring masakan dari air. Makanan           angsa yaitu serangga, cacing, dan sayuran. Selain bentuk paruh, angsa mempunyai ciri khusus         pada kakinya. Bebek mempunyai bentuk kaki pendek dengan tiga jari yang berselaput menjadi           satu. Selaput pada jari angsa berkhasiat untuk berenang.




0 Response to "Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup"

Total Pageviews