Latest News

Sejarah Usaha Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia

Sejarah Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia - Berikut ini merupakan ulasan singkat wacana perjalanan sejarah bangsa Indonesia dalam memperjuangkan serta mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.

Sejarah Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia ini merupakan salah satu bahan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang harus dipelajari pada tingkat sekolah dasar. Berikut ulasan singkat tentang Sejarah Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia biar sanggup bermanfaat.

A. Beberapa Usaha dalam Rangka Mempersiapkan Kemerdekaan
Banyak pergerakan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan. Akan tetapi, semua pergerakan bangsa Indonesia tersebut dilarang, kecuali organisasi atau badan-badan yang tugasnya membantu Jepang.

Pada 1 Maret 1945, Jenderal Kamakuci Herada mengumumkan dibentuknya tubuh yang bertugas mempersiapan kemerdekaan Indonesia. Badan tersebut dinamakan BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Tujuannya untuk mempersiapkan hal-hal penting mengenai dilema tata pemerintahan negara Indonesia sehabis merdeka. Badan tersebut diketuai oleh dr. Radjiman Wedyodiningrat. BPUPKI ini diresmikan pada 29 Mei 1945.

Pada sidang 29 Mei 1945, Mohammad Yamin mengajukan rancangan dasar negara. Yakni peri kebangsaan, peri kemanusiaan, peri ketuhanan, peri kerakyatan dan kesejahteraan rakyat. Pada 31 Mei 1945, Supomo mengajukan racangan dasar negara yang terdiri atas persatuan, kekeluargaan, mufakat dan demokrasi, musyawarah dan keadilan sosial. Pada 1 Juni 1945, Ir. Soekarno yang mengajukan lima rancangan dasar negara, dan memberi nama Pancasila. Rancangan itu berisi kebangsaan Indonesia, internasionalisme dan perikemanusiaan, mufakat atau demokrasi, kesejahteraan sosial, dan ketuhanan yang maha esa.

Sejarah Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Sejarah Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan IndonesiaKLIK DISINI)
  • Perjuangan diplomasi dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia (KLIK DISINI)
  • Beberapa Tokoh yang Berperan dalam Mempertahankan Kemerdekaan (KLIK DISINI)
  • 0 Response to "Sejarah Usaha Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia"

    Total Pageviews