Latest News

Cara Binatang Memperoleh Makanan

Semua makhluk hidup membutuhkan makanan. Makanan untuk mempertahankan hidupnya. Berdasarkan cara memperoleh makanan, dikelompokkan menjadi hewan herbivora, karnivora, dan omnivora.

a. Hewan herbivora
Hewan herbivor yakni sebutan untuk binatang pemakan tumbuhan. Kelompok binatang ini biasanya tidak memiliki gigi yang tajam. Karena tidak dipakai untuk mengoyak makanan. Contoh binatang pemakan rumput dan daun. Kuda, sapi, kambing, kerbau, dan kelinci.

Hewan herbivor yakni sebutan untuk binatang pemakan flora Cara Hewan Memperoleh Makanan

Hewan herbivora juga mencakup kelompok burung. Contohnya: burung, merpati, nuri, kakatua, dan pipit. Makanannya berupa biji yaitu jagung, beras, dan biji kemiri.

Hewan herbivor yakni sebutan untuk binatang pemakan flora Cara Hewan Memperoleh Makanan

b Hewan karnivora
Hewan karnivora yakni binatang pemakan daging. Ciri-ciri dari binatang pemakan daging yakni memiliki taring yang tajam serta kuku yang tajam. Coba perhatikan singa, harimau, kucing, anjing, dan serigala. Bentuk giginya tajam dan kuat. Gigi ini untuk mengoyak dan menggigit daging. Selain memiliki taring, kelompok binatang ini juga dilengkapi kuku yang kokoh. Kuku ini dipakai untuk mencengkeram makanannya. Misalnya, di hutan ketika singa menangkap mangsanya. Ada juga burung yang termasuk dalam anggota karnivor. Misalnya: burung elang, burung pelikan, dan burung gagak.
Hewan herbivor yakni sebutan untuk binatang pemakan flora Cara Hewan Memperoleh Makanan

c. Hewan omnivora
Hewan omnivora yakni binatang pemakan flora dan daging. Contoh binatang ini yakni tikus, semut, dan ayam. Penyesuaian binatang omnivor terhadap makanannya lebih bervariasi. Tubuh semut yang kecil memungkinkan untuk masuk ke lubang yang kecil bebas mencari makanan. Bentuk ekspresi yang dilengkapi semacam kait. Juga merupakan pembiasaan diri untuk membawa kuliner yang banyak dan berukuran besar.
Tikus pun demikian. Tubuhnya sangat elastis untuk melewati lubang yang kecil. Cakarnya sangat berpengaruh dan lincah dipakai untuk memanjat. Giginya terdiri atas gigi seri yang sangat tajam dan gigi geraham. Gigi seri dipakai untuk mengerat. Gigi gerahamnya untuk mengunyah makanan. Tikus bakal memakan segala macam kuliner yang ditemuinya.

d. Serangga
Di dalam kelompok hewan, ada juga serangga. Serangga memiliki cara pembiasaan diri terhadap makanannya. Contoh serangga: kupu-kupu, lebah, lalat, dan nyamuk. Kupu-kupu mencari madu memakai ekspresi pengisap. Dengan cara dijulurkan dan digulung kembali. Lebah memakai ekspresi penjilat. Penjilat untuk mengambil madu dari sebuah bunga. Lalat memakai ekspresi penyerap yaitu semacam alat penghisap (spons).
Nyamuk memakai ekspresi penusuk untuk menghisap darah melalui pori-pori insan dan hewan.

0 Response to "Cara Binatang Memperoleh Makanan"

Total Pageviews