Latest News

Jadwal Dan Persyaratan Span-Ptkin Tahun 2018

Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru UIN/IAIN/STAIN (PTKIN) Melalui Jalur SPAN-PTKIN Tahun 2018


Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru UIN/IAIN/STAIN (PTKIN) Melalui Jalur SPAN-PTKIN Tahun 2018. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 wacana Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 wacana Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa contoh penerimaan mahasiswa gres pada UIN/IAIN/STAIN di Indonesia dilakukan setrik nasional dan bentuk lain. Pola seleksi setrik nasional pada UIN/IAIN/STAIN disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan contoh seleksi bentuk lain yang dilakukan setrik bersama oleh UIN/IAIN/STAIN disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang kedua contoh tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

SPAN-PTKIN merupakan contoh seleksi yang dilaksanakan setrik nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan setrik serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN setrik nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan sehabis SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu'adalah sanggup mendapatkan calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menuntaskan studi di PTKIN menurut rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah. Siswa yang berprestasi tinggi dan setrik konsisten mengatakan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di UIN/IAIN/STAIN melalui SPAN-PTKIN.

Tujuan SPAN-PTKIN
1.    Memberikan kesempatan dan keyakinan kepada sekolah/madrasah semoga mendaftarkan siswanya melalui SPAN-PTKIN untuk memperoleh pendidikan tinggi di UIN/IAIN/STAIN
2.    Mendapatkan calon mahasiswa gres yang berprestasi akademik tinggi melalui seleksi siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu'adalah

Ketentuan Umum dan Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru UIN/IAIN/STAIN (PTKIN) Melalui Jalur SPAN-PTKIN Tahun 2018

Ketentuan Umum
1.    SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional menurut penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.
2.    Sekolah/Madrasah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN yakni sekolah/madrasah yang setrik sah memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.
3.    Siswa yang berhak mengikuti seleksi yakni siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah/Madrasah masing-masing.

Persyaratan Siswa Pelamar pada Penerimaan Mahasiswa Baru UIN/IAIN/STAIN (PTKIN) Melalui Jalur SPAN-PTKIN Tahun 2018UIN/IAIN/STAIN (PTKIN) MELALUI JALUR SPAN-PTKIN TAHUN 2018

Pendaftaran
1) Siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu'adalah kelas terakhir pada tahun 2018.
2) Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
3) Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.
4) Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelantrikn proses pembelajaran di PTKIN.

Penerimaan
Lulus dari Satuan Pendidikan (SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu'adalah atau yang setara), lulus SPAN-PTKIN 2018, sehat, dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN penerima.

Jadwal Seleksi Mahasiswa Baru UIN/IAIN/STAIN (PTKIN) Melalui Jalur SPAN-PTKIN Tahun 2018

Pengisian PDSS
30 Januari - 24 Februari 2018
Verifikasi PDSS
2 Februari - 3 Maret 2018
Pendaftaran
1 Maret – 29 Maret 2018
Proses Seleksi
I. 9 - 14 April 2018
II. 18 - 25 April 2018
Pengumuman Hasil Seleksi
1 Mei 2018
Proses verifikasi dan/atau registrasi ulang di PTKIN masing-masing bagi yang lulus seleksi
22 Mei 2018


Program Studi dan Jumlah Pilihan
1. Siswa pelamar menentukan 2 (dua) PTKIN yang diminati.
2. Siswa pelamar menentukan 2 (dua) kegiatan studi yang diminati pada masing-masing PTKIN.
3. Urutan pilihan PTKIN dan kegiatan studi menyatakan prioritas pilihan.
4. Daftar kegiatan studi dan daya tampung SPAN-PTKIN



Demikian informasi wacana Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru UIN/IAIN/STAIN (PTKIN) Melalui Jalur SPAN-PTKIN Tahun 2018. Semoga bermanfaat.


=================================






= Baca Juga =



0 Response to "Jadwal Dan Persyaratan Span-Ptkin Tahun 2018"

Total Pageviews