Latest News

Soal Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 (K13) Plus Kunci

A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!
1. Indera pendengaran insan ialah ….
a. Telinga
b. Lidah
c. Kulit
d. Mata
2. Bunyi berasal dari benda yang ….
a. Berputar
b. Bergetar
c. Berjalan
d. Bercahaya
3. Bunyi paling cepat merambat pada benda ….
a. Padat
b. Gas
c. Cair
d. Air
4. Bagian indera pendengaran yang berfungsi untuk mengumpulkan bunyi ialah ….
a. Gendang telinga
b. Lubang telinga
c. Daun tetlinga
d. Koklea
5. Contoh sumber bunyi di sekitar kita ialah ….
a. Senter
b. Radio
c. Bolpoin
d. Kipas angin
6. Pekerjaan akan menjadi cepat akibat kalau dikerjakan dengan cara ….
a. Sendiri-sendiri
b. Diam-diam
c. Kerja lembur
d. Kerja sama
7. Teman Andi di kelas banyak yang berasal dari luar daerah, mereka terdiri dari suku dan budaya yang beragam. Sikap Andi terhadap keberagaman itu sebaiknya ialah ….
a. Merasa wilayahnya yang paling baik
b. Berteman dengan yang sedaerah saja
c. Minta untuk pindah ke lain kelas saja
d. Saling menghargai semoga tetap rukun
8. Keberagaman suku dan budaya di Indonesia merupakan …. Indonesia
a. Kelemahan bangsa
b. Kekayaan bangsa
c. Kepintaran bangsa
d. Kesempurnaan
9. Saat bekerja sama dengan sahabat kita harus saling ….
a. Mengawasi
b. Membantu
c. Curiga
d. Berdebat
10. Deni beragama Kristen, Yoga beragama Islam dan Dika beragama Budha. Mereka tetap saling tolong menolong ketika ada yang sedang ditimpa kesulitan. Hal itu mencerminkan pancasila sila yang ke….
a. Lima
b. Empat
c. Dua
d. Tiga
11. Sudut yang mempunyai besar 90° dinamakan sudut ….
a. Lancip
b. Tumpul
c. Siku-siku
d. Lingkaran
12. Besar sudut lancip ialah ….
a. Antara 0° sampai 180°
b. Antara 0° sampai 90°
c. Antara 90° sampai 180°
d. Antara 180° sampai 90°
13.
 Bunyi paling cepat merambat pada benda  Soal Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 (K13) Plus Kunci
Gambar di atas merupakan jenis sudut ….
a. Tumpul
b. Lancip
c. Siku-siku
d. Persegi
14.

Gambar di atas merupakan jenis sudut ….
a. Tumpul
b. Lancip
c. Siku-siku
d. Persegi
15. Benda yang mempunyai bentuk sudut siku-siku misalnya ialah ….
a. Permukaan bola
b. Ujung uang kertas
c. Ujung gunting
d. Ujung uang logam
16. Berikut ini ialah teladan permainan yang mengandalkan kolaborasi antar teman, kecuali ….
a. Bakiak
b. Sepakbola
c. Voli
d. Catur
17. Bekerja sama dalam bermain basket mengajarkan pada kita untuk ….
a. Selalu berusaha memasukkan bola ke ranjang secara sendiri
b. Saling percaya satu sama lain untuk mencetak angka
c. Menjadi yang terbaik dan memimpin teman
d. Mengalahakan dan meremehkan lawan tanding
18. Selalu berkerjasama dalam sebuah permaianan tidak hanya untuk meraih kemenangan tim, namun juga bisa untuk ….
a. Menghargai setiap kemampuan dari sahabat setim
b. Mendapat bonus hadiah yang lebih banyak
c. Mencari simpati dari lawan
d. Memperoleh kebanggaan yang lebih banyak
19. Kerja sama sanggup dilakukan dengan ….
a. Teman sekelas saja
b. Teman seagama saja
c. Teman sedaerah saja
d. Siapa saja
20. Bhineka tunggal ika mempunyai arti ….
a. Berbeda-beda namun tetap bermacam-macam juga
b. Berbeda-beda namun ingin bersama
c. Bersatu namun tetap terasa berbeda
d. Berbeda-beda namun tetap satu jua

Bacalah kisah di bawah ini dengan baik untuk mengisi soal nomor 21 hingga 25!
Bagas ialah murid di SD Brilian Sentosa kelas 4 SD. Bagas mempunyai banyak sahabat di dalam kelasnya yang berasal dari aneka macam tempat yang berbeda. Bahkan diantaranya ada yang berasal dari luar pulau. Bagas merasa bahagia dengan keberagaman teman-teman yang dimilikinya. Dengan semua itu ia bisa mendapat banyak kisah dari teman-temannya yang berlainan daerah.
Bagas mempunyai sahabat yang sangat bersahabat di kelasnya. Namanya ialah Bastian, Sandi dan Reno, Bastian berasal dari Sumatra dan Sandi berasal dari Jawa Barat. Kemudian Reno merupakan sahabat yang berasal dari kota yang sama dengan dirinya, yaitu kota Salatiga Jawa tengah. Bagas dan Bastian beragama islam, Reno beragama kristen dan Sandi beragama budha. Walaupun keyakinan mereka berbeda, mereka berempat selalu bermain bersama ketika jam istirahat tiba. Kemudian ketika pulang sekolah, mereka juga sering bermain bersama. Kebetulan mereka berempat tinggal di dalam satu komplek perumahan yang sama.  Mereka berempat tidak mempermasalahkan asal tempat mereka maupun perbedaan lainnya antar mereka.
Suatu sore mereka berempat setuju bermain sepak bola bersama di lapangan. Bagas meminta izin kepada orang tuanya untuk bermain bersama teman-temannya. Bagas pergi ke lapangan naik sepeda. Teman-teman mereka ternyata sudah hingga lebih dahulu. Mereka bermain sepak bola dengan gembira bersama-sama. Lapangan yang luas menciptakan mereka bisa leluasa bermain. Tidak terasa sudah menjelang pukul empat sore. Bagas berpamitan kepada teman-temannya untuk pergi beribadah shalat ashar.  Teman-temannya pun menghargai dan mempersilahkan Bagas untuk beribadah. Teman-teman Bagas beberapa waktu kemudian juga pulang ke rumah masing-masing dikarenakan waktu yang sudah semakin sore.
21. Bagaimana persahabatan yang terjalin antara Bagas dengan Bastian, Sandi dan Reno?
a. Mereka sahabat biasa
b. Mereka musuh di kelas
c. Mereka sahabat akrab
d. Sahabat jauh
22. Bagas merasa bahagia dengan teman-temannya yang bermacam-macam salah satunya alasannya ialah ….
a. Bagas mempunyai sahabat bersahabat yaitu Sandi, Reno dan Bastian
b. Bagas bisa meminta teman-temannya ikut bermain bola di lapangan
c. Bagas bisa menghafal nama-nama tempat dari teman-temannya di kelas
d. Ia bisa mendapat banyak kisah dari teman-temannya yang berlainan daerah
23. Sikap mulia yang dicontohkan Bagas dan teman-temannya yang bermacam-macam ialah ….
a. Pilih-pilih teman
b. Bermain dengan gembira
c. Saling menghargai
d. Suka bermain24. Pernyataan di bawah ini yang tidak tepat berdasarkan kisah di atas ialah ….
a. Teman Bagas banyak yang berasal dari luar daerah
b. Bagas suka bermain dengan teman-teman yang seagama saja
c. Reno, Bastian dan Sandi ialah sahabat bersahabat Bagas
d. Teman-teman Bagas mempersilahkannya untuk beribadah berdasarkan keyakinan
25. Ringkasan yang tepat untuk kisah di atas ialah ….
a. Bagas mempunyai sahabat yang beraneka ragam di kelasnya yang menciptakan kelas itu menjadi ramai dan menyenangkan
b. Bagas mempunyai sahabat yang baik-baik sehingga ia sangat betah bermain dan mencar ilmu di kelas bersama mereka semua
c. Bagas mempunyai sahabat yang beragam, namun mereka tetap bersahabat dan saling menghargai satu sama lain dalam menjaga persahabatan
d. Bagas mempunyai sekolah yang menampung banyak murid dari aneka macam tempat yang ada di Indonesia
B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Bunyi sanggup merambat melalu benda …. , ….. dan …..
2. Bunyi yang didapat di dengar insan mempunyai frekuensi antara 20 Hz – 20.000 Hz dinamakan ….
3. Bekerja sama dengan sahabat bisa menciptakan hubungan pertemanan semakin ….
4. Bunyi sila ketiga pancasila ialah ….
5. Sudut yang besarnya lebih dari 90°dinamakan sudut ….
6. Alat yang digunakan untuk mengukur besar sebuah sudut secara baku ialah ….
7.

8. Gambar di atas membentuk sudut ….
9. Ujung pisau biasanya mempunyai bentuk sudut ….
10. Permaian bakiak berasal dari ….
11. Kerja bakti membangun jembatan ialah teladan kolaborasi di lingkungan ….

C. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Sebutkan 3 manfaat kolaborasi dengan sahabat !
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
2. Sebutkan cara-cara merawat indera pendengaran kita!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
3. Berikanlah 3 teladan kolaborasi yang dilakukan di lingkungan masyarakat!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
4. Tulisslah macam-macam sudut dari gambar-gambar dibawah ini :
 Bunyi paling cepat merambat pada benda  Soal Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 (K13) Plus Kunci
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
5. Sebutkan 3 teladan benda yang membentuk sudut siku-siku, lancip dan tumpul! Masing-masing 3 contoh!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

KUNCI JAWABAN 


A. JAWABAN
1. a. Telinga
2. b. Bergetar
3. a. Padat
4. c. Daun tetlinga
5. b. Radio
6. d. Kerja sama
7. d. Saling menghargai semoga tetap rukun
8. b. Kekayaan bangsa
9. b. Membantu
10. d. Tiga
11. c. Siku-siku
12. b. Antara 00 hingga 900
13. b. Lancip
14. a. Tumpul
15. b. Ujung uang kertas
16. d. Catur
17. b. Saling percaya satu sama lain untuk mencetak angka
18. a. Menghargai setiap kemampuan dari sahabat setim
19. d. Siapa saja
20. d. Berbeda-beda namun tetap satu jua
21. c. Mereka sahabat akrab
22. d. Ia bisa mendapat banyak kisah dari teman-temannya yang berlainan daerah
23. c. Saling menghargai
24. b. Bagas suka bermain dengan teman-teman yang seagama saja
25. c. Bagas mempunyai sahabat yang beragam, namun mereka tetap bersahabat dan saling menghargai satu sama lain dalam menjaga persahabatan

B. JAWABAN
1. Padat, cair dan Gas
2. Audiosonik
3. Akrab / Rukun / Baik
4. Persatuan Indonesia
5. Tumpul
6. Busur
7. Tumpul
8. Lancip
9. Sumatra Barat
10. Masyarakat

C. JAWABAN
1. Manfaat kolaborasi antara lain ialah sebagai berikut :
– Pekerjaan menjadi cepat selesai
– Pekerjaan menjadi lebih ringan
– Menjaga hubungan pertemanan
– Mempererat keakraban dengan teman
– Menjaga kerukunan
2. Cara-cara merawat indera pendengaran kita di antaranya ialah sebagai berikut :
– Menghindari mendengarkan bunyi yang terlalu keras, menyerupai radio, sound, atau headset.
– Jangan memasukkan benda ke indera pendengaran terlalu dalam
– Menjaga indera pendengaran dalam keadaan kering
– Mengggunakan penyumbat telingan di tempat yang terlalu bising
– Memberikan waktu bagi indera pendengaran untuk istirahat
3. Contoh-contoh kolaborasi yang dilakukan di lingkungan masyarakat, antara lain sebagai berikut :
– Ronda malam
– Kerja bakti membersihkan lingkungan
– Kerja bakti membangun jembatan
– Kerja bakti membangun tempat ibadah
– Bekerja sama memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia
4. Macam-macam sudut pada gambar :
1) Sudut siku-siku
2) Sudut tumpul
3) Sudut lancip
4) Sudut Lancip
5) Sudut Tumpul
6) Sudut siku-siku
7) Sudut Lancip
8) Sudut tumpul
5. Contoh benda yang membentuk sudut siku-siku, lancip dan tumpul.
– Membentuk sudut siku-siku : Ujung uang kertas, ujung buku tulis, pojok ubin lantai persegi, pojok layar handphone, pojok papan tulis
– Membentuk sudut lancip : Ujung pisau, ujung gunting, ujung paku, ujung jarum, ujung garpu
– Membentuk sudut tumpul : Laptop yang terbuka, pintu yang terbuka, jendela yang terbuka

0 Response to "Soal Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 (K13) Plus Kunci"

Total Pageviews