Latest News

Persyaratan Bidikmisi 2019, Kegiatan Registrasi Dan Juknis Bidikmisi 2019

 JADWAL PENDAFTARAN DAN JUKNIS BIDIKMISI  PERSYARATAN BIDIKMISI 2019, JADWAL PENDAFTARAN DAN JUKNIS BIDIKMISI 2019

Bidikmisi (Bidik Misi) adalah pinjaman biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak bisa secara ekonomi dan mempunyai potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada kegiatan studi unggulan hingga lulus sempurna waktu.

Bidikmisi merupakan pinjaman biaya pendidikan yang ditujukan untuk calon mahasiswa yang tidak bisa secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Kita perlu garis bawahi kondisi tidak bisa tersebut. Kondisi berpotensi akademik baik artinya dianggap berpotensi menuntaskan studi di peguruan tinggi oleh panitia penerimaan mahasiswa gres sedangkan yang dimaksud kondisi ekonomi tidak bisa yaitu sebagai berikut
·          Pemegang KIP atau KPS atau BSM atau;
·          Pendapatan total kotor adonan kedua orang renta (yang masih membiayai) yaitu sebesar besarnya 4 juta rupiah dan;
·          Pendidikan orang renta setinggi tingginya S1/D4

Bidikmisi juga terbuka bagi Calon Mahasiswa yang berasal dari Keluarga PNS, namun harus memenuhi persyaratan kriteria di atas atau masih masuk kelompok tidak mampu.

Yang dimaksud pendapatan kotor yaitu yang sebelum dipotong serpihan cicilan atau kewajiban lainnya. Namun demikian jikalau nanti misalkan ada laporan yang menyebutkan bahwa Anda mampu maka panitia akan melaksanakan verifikasi ulang atas kelayakan. Jika nanti ternyata anda bisa maka akan diberikan hukuman berdasar anutan bidikmisi

Apa saja Persyaratan Bidkmisi (Bidik Misi) 2019, Kapan Jadwal Pendaftaran Bidikmisi tahun 2019, dan Bagaimana Juknis Bidikmisi 2019, Silahkan baca klarifikasi di bawah ini 

Persyaratan Bidkmisi (Bidik Misi) 2019. Persyaratan untuk mendaftar tahun 2019 sebagai Calon Penerim Bidkmisi (Bidik Misi) 2019 yaitu sebagai berikut:
1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2019, mempunyai identitas berupa NISN dan NPSN yang valid di PDSPK.
2. Lulusan tahun 2018 yang bukan akseptor Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa gres di masing-masing perguruan tinggi;
3. Usia paling tinggi pada ketika mendaftar yaitu 21 tahun;
4. Tidak bisa secara ekonomi dengan kriteria:
a)  Siswa  Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP)  atau
b)  Pendapatan kotor adonan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar Rp4.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor adonan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya.
5. Pendidikan orang Tua/Wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
6. Memiliki potensi akademik baik menurut rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
7. Pendaftar difasilitasi untuk menentukan salah satu diantara Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan ketentuan:
a)  Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
b)  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
c). Seleksi berdikari PTN.
d)  Politeknik, UT, dan Institut Seni dan Budaya
e)  Perguruan Tinggi Swasta sesuai dengan pilihan seleksi masuk.

Jadwal Bidikmisi (Bidik Misi) tahun 2019.  Jadwal Bidikmisi tahun 2019 yaitu sebagai berikut:


 JADWAL PENDAFTARAN DAN JUKNIS BIDIKMISI  PERSYARATAN BIDIKMISI 2019, JADWAL PENDAFTARAN DAN JUKNIS BIDIKMISI 2019

Besaran Biaya Bidikmisi 2019 adalah sebesar 6.6 Juta Rupiah/Mhs/Semester yang terdiri atas 2 komponen :
1.  Bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan sebesar Rp2.400.000,00 (dua juta empat ratus ribu rupiah) per-semester per-mahasiswa.
2.  Bantuan biaya hidup yang dibayarkan ke rekening mahasiswa sebesar Rp 4.200.000,00 (empat juta dua ratus ribu rupiah) per-semester per mahasiswa yang ditetapkan dengan SK Rektor/Direktur/Ketua.

Pada PTN, pinjaman biaya penyelenggaraan pendidikan dibayarkan ke rekening PT dan pinjaman biaya hidup dibayarkan ke rekening mahasiswa. Pada PTS, pinjaman biaya penyelenggaraan pendidikan dan pinjaman biaya hidup dibayarkan ke rekening LLDIKTI.

Selain kedua biaya tersebut, setiap tahunnya PT memperoleh biaya pengelolaan kegiatan yang jumlahnya dihitung menurut kuota awal Bidikmisi tahun berjalan. Pada tahun 2019, besarnya biaya pengelolaan yang diterima PT yaitu Rp. 300.000 x kuota awal 2019.

Penerima Bidikmisi tidak dibebankan biaya pendidikan apapun kecuali biaya pendidikan lainnya yang tidak wajib menyerupai field trip, biaya kerja lapangan, biaya penunjang pendidikan yang bersifat komunal menyerupai jas almamater/buku teks, dan biaya wisuda

Selengkapnya silahkan download Panduan / Juknis Bidik Misi (Bidikmisi) Tahun 2019 yang terdiri dari 2 file pilihan yakni, Panduan / Juknis Bidik Misi (Bidikmisi) Tahun 2019 Jalur SNMPTN/SBMPTN dan Panduan / Juknis Bidik Misi (Bidikmisi) Tahun 2019 Jalur PMDK-PN/UMPN/Mandiri
.
Panduan / Juknis Bidik Misi (Bidikmisi) Tahun 2019 Jalur SNMPTN/SBMPTN (DISINI)

Panduan / Juknis Bidik Misi (Bidikmisi) Tahun 2019 Jalur PMDK-PN/UMPN/Mandiri (DISINI)

Demikian informasi ihwal Persyaratan Bidikmisi 2019, Jadwal Pendaftaran Dan Juknis Bidikmisi 2019. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



0 Response to "Persyaratan Bidikmisi 2019, Kegiatan Registrasi Dan Juknis Bidikmisi 2019"

Total Pageviews