Latest News

Proses Jadi Karyawan Di Google


Google merupakan perusahaan tidak hanya fokus ke dunia search engine, tetapi sudah menciptakan sistem operasi mobile, Android, hingga perangkat kacamata masa depan, Google Glass.Dengan reputasinya yg terus meningkat, tidak heran Google menjadi sasaran dari para pencari kerja. 
Proses jadi karyawan di Google pun tidak sembarangan, ialah dalam hal mendapatkan seorang karyawan. Tidak hanya disertai dengan skill yg cukup, seorang karyawan Google harus memiliki kreativitas yg tinggi.

Proses perekrutan yg dilakukan oleh Google terhadap calon karyawannya pun diketahui sangat panjang. Total, seorang calon karyawan Google sanggup saja menghadapi hingga tujuh kali proses wawanCaranya.

Pengalaman mengikuti proses perekrutan karyawan Google sempat dituturkan oleh Andryo Haripradono dalam blog pribadinya. Warga negara Indonesia ini pernah melamar untuk Digital Media Consultant di Google Singapura.

"Proses (perekrutan) bakal memakan waktu 1 bulan lebih sebab kira-kira untuk posisi yg saya ini bakal diadakan 4 hingga 5 wawanCaranya," tulis Andryo dalam blog-nya, www.andryo.com.

Saat proses tersebut, kebetulan Andryo sedang bekerja di Sydney, Australia. Hal tersebut menciptakan Aryo tidak sanggup memenuhi panggilan Google untuk melaksanakan wawanCaranya di Singapura. Namun, karenanya wawanCaranya sanggup dilakukan melalui telepon dan juga video conference.

Dalam wawanCaranya pun, terkadang tim pewawanCaranya Google bakal menanyakan pertanyaan-pertanyaan abnormal yg sangat sulit untuk dijawab. Sayangnya, pola pertanyaan tersebut tidak sanggup disebutkan sebab si calon karyawan harus menandatangani perjanjian non-disclosure agreement untuk tidak membocorkan gosip apa pun.

"Cukup sulit pertanyaan-pertanyaan yg ditanyakan. Kebanyakan pertanyaannya bukan wacana hal-hal yg sanggup dipelajari, tapi lebih ingin melihat seberapa kreatifnya saya," lanjut Andryo.

Walaupun semua proses wawanCaranya tersebut berlangsung lancar, belum tentu seorang calon sanggup pribadi diterima. Calon tersebut harus menunggu evaluasi selesai dari Google pusat.

"Ternyata 5 wawanCaranya itu gres hanya setengah jalan. Mereka harus mengirimkan profile saya ke Google di Amerika, untuk dinilai oleh hiring committee," ungkap Andryo.

Sayangnya, Andryo tidak diterima oleh Google. Walaupun memiliki pengalaman yg baik di bidang digital media dan online marketing, Google tak mendapatkan Andryo sebab gres bekerja selama 3 bulan di tempatnya bekerja hingga dikala ini.


sumber:http://tekno.kompas.com/read/2012/10/19/18090542/Panjangnya.Proses.Jadi.Karyawan.Google

0 Response to "Proses Jadi Karyawan Di Google"

Total Pageviews