Latest News

Latihan Soal Usbn Smp Ipa Kurikulum 2013 Tahun 2019


Latihan Online Soal USBN Sekolah Menengah Pertama IPA Kurikulum 2013Tahun 2019


Berikut Contoh Latihan Online Soal USBN IPA Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Desain soal latihan ini sebagai hasil training menciptakan soal Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa dipakai untuk sekedar memperlihatkan persiapan berlatih mempelajari soal USBN IPA Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 ala games. 



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada jawaban yang berdasarkan anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar (masing-masing soal mempunyai bobot 1);
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan jawaban sanggup dilihat pribadi pada notifikasi. Selamat mencoba. 



1. Samsul melaksanakan pengukuran panjang karet penghapus, kesudahannya menyerupai ditunjukkan pada gambar di bawah ini




Berdasarkan gambar di atas, hasil pengukuran yang dilakukan Samsul pada karet penghapus adalah ….
A. 2,1 cm
B. 2,2 cm
C. 2,3 cm
D. 2,4 cm

2. Perhatikan tabel di bawah ini!
No
Besaran
Satuan
Alat ukur
1
Panjang
centimeter
Mistar
2
Massa
kilogram
Neraca
3
Waktu
sekon
Stopwatch
4
Suhu
celcius
Termometer

Berdasarkan data di atas, besaran pokok berdasarkan satuan SI dan alat ukur yang benar yaitu ….
A. 2 dan 4
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 1 dan 3

3. Perhatikan ciri-ciri zat berikut ini!
1) Volumenya tetap.
2) Gaya tarik antar molekulnya kuat.
3) Partikelnya gampang berpindah tetapi tidak meninggalkan kelompoknya.
4) Letak molekulnya berdekatan.
5) Bentuk sanggup berubah sesuai dengan tempatnya.
Nomor yang merupakan ciri-ciri zat cair adalah ....
A. (1), (2), (3), dan 5)
B.  (1), (3), (4), dan 5)
C. (2), (3), (4), dan 5)
D. (1), (2), (4), dan 5)

4. Perhatikan pernyataan berikut:
1) Pembuatan keju dari susu
2) Beras ditumbuk menjadi tepung
3) Pemuaian pada besi ketika dipanaskan
4) Pembuatan meja dan dingklik dari kayu
Perubahan fisika ditunjukkan oleh pernyataan nomor ....
A. (1), (2), dan (3) 
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)

5. Gambar di bawah ini menandakan kondisi permukaan air di dalam gelas ukur pada kondisi sebelum dan setelah kerikil dimasukkan!

Berdasarkan gambar di atas, volume kerikil yaitu ....
A. 30 ml
B. 50 ml
C. 80 ml
D. 100 ml

6. Perhatikan gambar berikut!

Tinta berwarna sanggup dipisahkan dengan metode pada gambar alasannya yaitu ... 

A. titik didih tinta dan pelarut berbeda
B. setiap komponen warna tinta mempunyai perbedaan pola pergerakan
C. setiap komponen warna tinta gampang larut dalam pelarut
D. pelarut dan setiap komponen warna tinta mempunyai sifat kimia yang sama

7. Seorang siswa ingin menguji sifat larutan dari obat yang diminumnya. Setelah siswa tersebut melaksanakan pengujian diperoleh kesimpulan bahwa obat yang diminum siswa bersifat basa.
Pernyataan yang mendukung kesimpulan siswa yaitu ....
A. kertas lakmus merah dicelupkan ke dalam sebuah wadah yang berisi obat dan tidak terjadi perubahan warna kertas lakmus.
B. kertas lakmus merah dicelupkan ke dalam sebuah wadah yang berisi obat dan terjadi gelembung gas pada obat tersebut 
C. kertas lakmus merah dicelupkan ke dalam sebuah wadah yang berisi obat dan terjadi perubahan warna kertas lakmus menjadi biru
D.kertas lakmus biru dicelupkan ke dalam sebuah wadah yang berisi obat dan terjadi gelembung gas  pada obat tersebut

8. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Gerak bola pada bidang miring.
2) Mobil yang melaju denga kecepatan tetap.
3) Gerakan benda yang dilempar vertikal ke atas.
4) Gerak kendaraan beroda empat mainan pada daerah yang datar.
Yang termasuk gerak lurus berubah beraturan  (GLBB ) dari pernyataan di atas yaitu ....
A. 1 dan 2 
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3 
D. 2 dan 4 

9. Perhatikan gambar!

Gambar di atas mengilustrasikan cara melepaskan tutup botol logam yang sulit dibuka. Hal ini sanggup terjadi alasannya yaitu koefisien muai tutup botol .
A. lebih besar daripada koefisien muai ekspresi botol
B. lebih kecil daripada koefisien muai ekspresi botol
C. lebih besar daripada koefisien muai udara di dalam botol
D. lebih kecil daripada koefisien muai udara di dalam botol

10. Perhatikan gambar di bawah ini!
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN IPA Sekolah Menengah Pertama / MTs Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal USBN IPA SMP/MTS Kurikulum 2013, tetapi soal-soal latihan yang menyerupai dengan soal-soal USBN IPA SMP/MTS berdasarkan Kisi-kisi Kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping jawaban yang dianggap paling benar. Selamat berlatih!


11. Perhatikan gambar! 

Besarnya perjuangan yang dilakukan oleh Andi dan Toni biar kendaraan beroda empat bisa berpindah sejauh 4 meter bila gaya kedua anak itu masing-masing 50 N dan 70 N adalah ....

A. 80 joule 
B. 200 joule
C. 280 joule
D. 480 joule

12. Perhatikan gambar!

Tekanan hidrostatis terhadap A sebesar 8.000 N/m2 dan tekanan hidrostatis terhadap B sebesar 6.400 N/m2. Jika massa jenis air 1.000 kg/m3 dan g = 10 m/s2, selisih kedalaman A dan B yaitu ....

A. 0,10 m
B. 0,16 m
C. 0,64 m
D. 0,80 m

13. Perhatikan grafik pemanasan 300 gram es sampai menjadi air berikut ini!

Jika kalor jenis es = 2.100 J/(kgĀŗC), kalor jenis air 4.200 J/(kgĀŗC), dan kalor lebur    es = 340.000 J/kg, maka pada ketika perubahan suhu pada proses M – N dibutuhkan kalor sebanyak …
A. 6,3 kJ
B. 12,6 kJ
C. 83,1 kJ 
D. 102,0 kJ

14. Perhatikan gambar tuas berikut!

Jika beban digeser 10 cm menjauhi titik tumpu, yang harus dilakukan biar tuas tetap seimbang yaitu ....
A. menggeser titik tumpu 10 cm mendekati beban 
B. menambah kuasa menjadi 300 N
C. menggeser kuasa 25 cm menjauhi titik tumpu
D. menggeser kuasa 25 cm mendekati titik tumpu

15. Beberapa logam dipanaskan secara bersama sehingga suhunya sama.


Berdasarkan tabel, logam 1, 2, 3, dan 4 adalah 
A. kuningan, besi, tembaga, alumunium
B. tembaga, besi, kuningan, alumunium
C. tembaga, kuningan, besi, alumunium 
D. kuningan, alumunium, besi, tembaga

16. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Mengukur kedalaman laut
2) Mencari pesawat yang hilang kontak
3) Memperkirakan jarak antara dua tempat
4) Mendeteksi keberadaan musuh
Manfaat gelombang suara dapat ditunjukkan pada pernyataan nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)  
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

17. Perhatikan gambar di bawah ini!
Jika amperemeter memperlihatkan angka 2 A, maka besar tegangan pada ujung-ujung kendala 4 ohm adalah ....
A. 4 volt
B. 6 volt
C. 8 volt
D. 12 volt

18. Perhatikan data transformator pada tabel berikut!
Transformator I
Transformator II
Vp (v)
Vs (v)
Ip (A)
Is (A)
Np (l)
Ns (l)
Vp (v)
Vs (v)
Ip (A)
Is (A)
Np (l)
Ns (l)
120
1200
1
0,1
100
1000
100
20
0,2
1
1000
200

Dari data tersebut jenis trafo dan alasan yang benar yaitu ....


Trafo
Jenis
Alasan
Trafo
Jenis
Alasan
1.
I
Step down
Is < Ip
II
Step up
Vp > Vs
2.
I
Step down
Vp < Vs
II
Step up
  Is > Ip
3.
II
Step down
Ns > Np
I
Step up
  Is < Ip
4.
II
Step down
Ip < Is
I
Step up
 Ns > Np


A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

19. Benda terletak di depan cermin cekung menyerupai gambar, ternyata bayangan yang terbentuk bersifat kasatmata dan diperbesar 3 kali.


Benda kemudian digeser 10 cm menjauhi cermin, maka bayangan yang dihasilkan kini bersifat ....
A. nyata, terbalik, diperbesar
B. nyata, terbalik, diperkecil
C. nyata, terbalik, sama besar
D. maya, tegak, diperbesar

20. Batang besi dan baja sanggup dijadikan magnet dengan cara induksi menyerupai gambar berikut.

Berdasarkan gambar tersebut, didapatkan fakta bahwa ....
A. batang besi PQ menjadi magnet sementara, dengan ujung P sebagai kutub utara dan ujung Q sebagai kutub selatan
B. batang besi PQ menjadi magnet sementara, dengan ujung P sebagai kutub selatan dan ujung Q sebagai kutub utara
C. batang besi RS menjadi magnet sementara, dengan ujung R sebagai kutub selatan dan ujung S sebagai kutub utara
D. batang besi RS menjadi magnet permanen, dengan ujung R sebagai kutub utara dan ujung S sebagai kutub selatan

Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN IPA Sekolah Menengah Pertama / MTs berdasarkan Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal UN USBN IPA SMP/MTS kurikulum 2013, tetapi soal-soal latihan yang menyerupai dengan soal-soal USBN IPA SMP/MTS kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping jawaban yang dianggap paling benar. Selamat berlatih!


21. Perhatikan gambar berikut!

         
Pada gambar di atas diperlihatkan salah satu ciri makhluk hidup yaitu ...
A. bernapas (respirasi)
B. melakukan metabolisme 
C. tumbuh dan berkembang
D. berkembangbiak (reproduksi)

22. Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, makhluk hidup harus bisa melaksanakan adaptasi. Berikut ini disajikan beberapa pola adaptasi makhluk hidup.
1) Orang yang hidup di dataran tinggi mempunyai jumlah sel darah merah yang lebih banyak
2) Bunglon mengubah warna tubuhnya sesuai dengan warna lingkungannya.
3) Rayap mempunyai enzim selulase untuk mencernakan makanannya.
4) Kebau berkubang di lumpur pada siang yang panas.
Dari contoh-contoh pembiasaan makhluk hidup di atas, pola manakah yang termasuk pembiasaan fisiologi?.

A. (1) dan (3)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)

23. Seorang penerima didik Sekolah Menengah Pertama Harapan Bangsa menemukan makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1) berakar serabut,
2) batang tidak berkambium,
3) memiliki satu keping daun lembaga,
4) kelopak bunga pada umumnya kelipatan tiga.
Berdasarkan ciri-cirinya, makhluk hidup yang ditemukan penerima didik tersebut termasuk kelompok ....

A. dikotil
B. monokotil
C. angiospermae
D. gymnospermae

24. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Malang menguji baku mutu Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di 50-60 perusahaan secara acak setiap tahunnya. Hasilnya memperlihatkan 20 persen perusahaan  dinilai tidak memenuhi standar baku mutu pengolahan limbah cairnya.  Hasil uji laboratorium air sungai di wilayah Singosari-Lawang serta Wagir–Pakis banyak yang tidak memenuhi chemical oxygen demand (COD) atau oksigen yang dibutuhkan dalam proses kimiawi makhluk hidup. 
Bagaimana kemungkinan kondisi organisme di wilayah tersebut?

A. Sampah organik akan menumpuk alasannya yaitu jumlah basil pengurai menurun
B. Zooplankton akan meningkat alasannya yaitu jumlah ganggang meningkat.
C. Produsen tumbuh pesat alasannya yaitu cukup mendapat oksigen.
D.Jumlah basil pengurai tidak berubah alasannya yaitu tidak memerlukan oksigen

25.  Suatu tumbuhan mempunyai ciri-ciri berikut ini:
1) habitat di darat,
2) serbuk sari tidak lengket,
3) kepala putiknya terdapat di dalam bunga dan tertutup oleh mahkota.
Berdasarkan data di atas, sanggup disimpulkan bahwa tumbuhan tersebut penyerbukkannya dibantu oleh …..
A.air
B. angin
C. serangga
D. manusia

26.Perhatikan sketsa jaring-jaring masakan pada ekosistem darat di bawah ini!

Apa yang terjadi pada komponen penyusun ekosistem tersebut bila populasi tikus menurun jawaban petani melaksanakan pembasmian?

A. Populasi tumbuhan dan rubah meningkat.
B. Populasi tumbuhan dan burung elang meningkat.
C. Populasi tumbuhan meningkat dan katak menurun.
D. Populasi burung pemakan biji-bijian meningkat dan laba-laba menurun

27. Perhatikan grafik efek pertumbuhan penduduk terhadap kualitas udara!

Berdasarkan grafik di atas sanggup disimpulkan bahwa ....

A. semakin banyak jumlah penduduk, kualitas udara semakin buruk
B. semakin sedikit jumlah penduduk, kualitas udara semakin buruk
C. semakin banyak jumlah penduduk, kualitas udara semakin baik
D. jumlah penduduk tidak menghipnotis kualitas udara

28. Perhatikan gambar rangka insan berikut!


Jenis sendi yang ditandai dengan X yaitu .....

A. sendi engsel 
B. sendi pelana
C. sendi peluru
D. sendi putar

29. Perhatikan gambar berikut ini!


Tanaman di atas akan menutup daunnya bila disentuh, gerakan tersebut termasuk gerak ....
A. fotonasti
B. seismonasti 
C. fototropisme 
D. geotropisme 

30. Perhatikan gambar alat reproduksi perempuan berikut!

Fungsi bab yang ditunjukkan oleh tanda panah adalah ...
A. menghasilkan sel telur dan hormon 
B. tempat pembuahan sel telur oleh sperma
C. sebagai terusan telur membawa sel telur
D. tempat berkembangnya janin selama kehamilan 

Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN IPA Sekolah Menengah Pertama / MTs Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal USBN IPA SMP/MTS Kurikulum 2913, tetapi soal-soal latihan yang menyerupai dengan soal-soal UN USBN IPA SMP/MTS Kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping jawaban yang dianggap paling benar. Selamat berlatih!


31. 20. Perhatikan tabel berikut!
Nomor
Enzim

Kode
Fungsi Enzim
1
Ptialin

a
Mengubah maltosa menjadi glukosa
2
Pepsin

b
Mengubah lemak menjadi asam lemak & gliserol
3
Amilase

c
Mengubah amilum menjadi maltosa
4
Tripsin

d
Mengubah protein menjadi pepton
5
Lipase

e
Mengubah pepton menjadi asam amino
Pasangan yang benar antara Nomor Enzim dan Kode Fungsi Enzim yaitu ....
A. 1 Ć  c dan 2 Ć  e
B. 2 Ć  b dan 3 Ć  c
C. 3 Ć  a dan 4 Ć  e
D. 4 Ć  b dan 5 Ć  d


32. Perhatikan daftar ciri-ciri pembuluh darah berikut!
1) Jika terluka, darah akan menetes.
2) Dindingnya tidak lentur dan tipis.
3) Katupnya terletak di pangkal jantung.
4) Darah banyak mengandung oksigen (O2).
Pada daftar di atas, yang termasuk ciri-ciri pembuluh nadi (arteri) yaitu ....
A. (1) dan (2) 
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)

33. 20. Bunga Mirabilis jalava warna merah disilangkan dengan bunga Mirabilis jalava warna putih. Keturunan pertama semuanya berwarna merah muda. Jika F1 disilangkan dengan sesamanya, maka kemungkinan F2 hasil persilangannya adalah ….

A. Merah 100%
B. Merah  :  Putih  =  3  :  1
C. Merah  :  Putih  =  1  :  3
D. Merah  :  Merah Muda  :  Putih  =  1 :  2  :  1

34. Perhatikan gambar penampang batang di bawah ini.
Pada gambar di atas, bab yang berfungsi untuk pertumbuhan sekunder ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

35. Di kabupaten Wonosobo  hasil pertanian singkong melimpah, sehingga perlu sentuhan bioteknologi yang sempurna untuk menghindari ketidakbermanfaatan dari singkong tersebut. Produk dari penerapan bioteknologi untuk hasil pertanian tersebut yaitu ....
A. tepung singkong
B. tape singkong
C. keripik singkong
D. kue singkong

36. Salah satu penerapan bioteknologi dalam bidang kesehatan dengan tujuan untuk menyembuhkan penyakit diabetes yaitu ….

A. antibody monoclonal
B. pembentukan interferon
C. pembuatan vaksin
D. pembuatan hormon insulin

37. Ayam berbulu hitam (HH) disilangkan dengan ayam berbulu putih (hh). Berapa rasio genotop F2
A. 1 : 2 : 1
B. 1 : 3 : 1
C. 3 : 1
D. 4 : 1


38. Persilangan antara tumbuhan bunga pukul empat warna merah dengan warna putih menghasilkan tumbuhan (F1) berbunga merah jambu. Apabila F1 disilangkan dengan sesamanya dan menghasilkan tumbuhan F2 sebanyak 32 tanaman, maka kemungkinan akan dihasilkan tumbuhan berbunga merah sebanyak ...
A. 6
B. 8
C. 12
D. 16


39. Perhatikan gambar berikut!
Proses filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi terjadi pada bab nefron nomor.....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (6)


40. Para hebat Biologi pernah melaksanakan percobaan yang membuktikan bahwa pengambilan bab kulit batang tu buhan akan menjadikan gangguan yang serius pada dliran senyawa organik ke akar. Jaringan yang terbuang pada ketika pengambilan kulit batang yaitu ....
A. xilem
B. epidermis
C. floem  
D. kambium



PENASARAN MAU LAGI (DISINI)


Demikian pola sederhana latihan online Soal USBN IPA Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Tahun 2019 atau Tahun Pelajaran 2018/2019. Terima Kasih Semoga bermanfaat. 
======================================================



= Berikut ini Kumpulan Soal USBN Sekolah Menengah Pertama Lainnya =



0 Response to "Latihan Soal Usbn Smp Ipa Kurikulum 2013 Tahun 2019"

Total Pageviews