Latest News

9 Hal Menjadi Penyebab Kanker


Penyebab kanker biasanya tidak sanggup diketahui seCaranya niscaya alasannya penyebab kanker sanggup merupakan adonan dari sekumpulan faktor, genetik dan lingkungan. Namun ada beberapa faktor yg diduga meningkatkan resiko terjadinya kanker, sebagai berikut : 

1. Faktor keturunan

Faktor genetik menimbulkan beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita kanker tertentu bila dibandingkan dengan keluarga lainnya. Jenis kanker yg cenderung diturunkan dalam keluarga yakni kanker payudara, kanker indung telur, kanker kulit dan kanker usus besar. Sebagai contoh, risiko perempuan untuk menderita kanker meningkat 1,5 s/d 3 kali jikalau ibunya atau saudara perempuannya menderita kanker payudara. 

2. Faktor Lingkungan

- Merokok sigaret meningkatkan resiko terjadinya kanker paru - paru, mulut, laring (pita suara), dan kandung kemih.
- Sinar Ultraviolet dari matahari
- Radiasi ionisasi (yg merupakan karsinogenik) dipakai dalam sinar rontgen dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir dan ledakan bom atom yg sanggup menjangkau jarak yg sangat jauh. Contoh, orang yg selamat dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada Perang Dunia II, berisiko tinggi menderita kanker sel darah, menyerupai Leukemia. 

3. Faktor Makanan yg mengandung materi kimia.

Makanan juga sanggup menjadi faktor risiko penting lain penyebab kanker, terutama kanker pada jalan masuk pencernaan. Contoh jenis kuliner yg sanggup menimbulkan kanker yakni : 
- Makanan yg diasap dan diasamkan (dalam bentuk acar) meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung
- Minuman yg mengandung alkohol menimbulkan berisiko lebih tinggi terhadap kanker kerongkongan.
- Zat pewarna makanan
- Logam berat menyerupai merkuri yg sering terdapat pada kuliner bahari yg terkontaminasi seperti: kerang, ikan, dsb.
- Berbagai kuliner (manis,tepung) yg diproses seCaranya berlebihan.

4. Virus

Virus yg sanggup dan dicurigai menimbulkan kanker antara lain :
- Virus Papilloma menimbulkan kutil alat kelamin (genitalis) agaknya merupakan Keliru satu penyebab kanker leher rahim pada wanita. 
- Virus Sitomegalo menimbulkan Sarkoma Kaposi (kanker sistem pembuluh darah yg ditandai oleh lesi kulit berwarna merah) 
- Virus Hepatitis B sanggup menimbulkan kanker hati. 
- Virus Epstein - Bar (di Afrika) menimbulkan Limfoma Burkitt, sedangkan di China virus ini menimbulkan kanker hidung dan tenggorokan. Ini terjadi alasannya faktor lingkungan dan genetik. 
- Virus Retro pada insan contohnya virus HIV menimbulkan limfoma dan kanker darah lainnya. 

5. Infeksi

- Parasit Schistosoma (bilharzia) sanggup menimbulkan kanker kandung kemih alasannya terjadinya iritasi menahun pada kandung kemih. Namun penyebab iritasi menahun lainnya tidak menimbulkan kanker. 
- Infeksi oleh Clonorchis yg menimbulkan kanker pankreas dan jalan masuk empedu. 
- Helicobacter Pylori yakni suatu kuman yg mungkin merupakan penyebab kanker lambung, dan diduga kuman ini menimbulkan cedera dan peradangan lambung kronis sehingga terjadi peningkatan kecepatan siklus sel. 

6. Faktor perilaku

- Perilaku Maksud yakni merokok dan mengkonsumsi kuliner yg banyak mengandung lemak dan daging yg diawetkan juga peminum minuman beralkohol. 
- Perilaku seksual yaitu melaksanakan korelasi intim diusia dini dan sering berganti ganti pasangan. 

7. Gangguan keseimbangan hormonal

Hormon estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel yg cenderung mendorong terjadinya kanker, sedangkan progesteron melindungi terjadinya pertumbuhan sel yg berlebihan. - Ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron menimbulkan meningkatnya risiko kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim dan kanker prostat dan buah zakar pada pria. 

8. Faktor kejiwaan, emosional

- Stres yg berat sanggup menimbulkan ganggguan keseimbangan seluler tubuh. Keadaan tegang yg terus menerus sanggup mempengaruhi sel, dimana sel jadi hiperaktif dan berubah sifat menjadi ganas sehingga menimbulkan kanker. 

9. Radikal bebas
Radikal bebas yakni suatu atom, gugus atom, atau molekul yg memiliki electron bebas yg tidak berpasangan dilingkaran luarnya. Sumber - sumber radikal bebas yaitu : 
  • Radikal bebas terbentuk sebagai produk sampingan dari proses metabolisme. 
  • Radikal bebas masuk ke dalam badan dalam bentuk racun-racun kimiawi dari kuliner , minuman, udara yg terpolusi, dan sinar ultraviolet dari matahari. 
  • Radikal bebas diproduksi seCaranya berlebihan pada waktu kita makan berlebihan (berdampak pada proses metabolisme) atau bila kita dalam keadaan stress berlebihan, baik stress seCaranya fisik, psikologis,maupun biologis. 

Sumber: http://www.cancerhelps.com/penyebab-kanker.htm

0 Response to "9 Hal Menjadi Penyebab Kanker"

Total Pageviews