Latest News

Rekrutmen Dosen Tetap Upi Tahun 2018

Universitas Pendidikan Indonesia didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954 di Bandung, diresmikan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran Mr. Muhammad Yamin. Semula berjulukan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), didirikan dengan latar belakang sejarah pertumbuhan bangsa, yang menyadari bahwa upaya mendidik dan mencerdaskan bangsa merupakan bab penting dalam mengisi kemerdekaan. Beberapa alasan didirikannya PTPG antara lain: Pertama, sesudah Indonesia mencapai kemerdekaannya, bangsa Indonesia sangat haus pendidikan. Kedua, perlunya disiapkan guru yang bermutu dan bertaraf universitas untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang akan merintis terwujudnya masyarakat yang sejahtera.


Gedung utama UPI bermula dari puing sebuah villa yang bernama Villa Isola, merupakan gedung bekas peninggalan masa sebelum Perang Dunia II. (Pada masa usaha melawan penjajah, gedung ini pernah dijadikan markas para pejuang kemerdekaan). Puing puing itu dibangun kembali dan kemudian bermetamorfosis menjadi sebuah gedung berjulukan Bumi Siliwangi yang megah dengan gaya arsitekturnya yang asli.

Di sinilah untuk pertama kalinya para cowok menerima gemblengan pendidikan guru pada tingkat universitas, sebagai realisasi Keputusan Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia (Nomor 35742 tanggal 1 September 1954 wacana pendirian PTPG/Perguruan Tinggi Pendidikan Guru).

Sejalan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan No. 40718/S pada waktu itu, yang menyatakan bahwa PTPG sanggup berdiri sendiri menjadi sekolah tinggi tinggi atau sekolah tinggi tinggi dalam universitas, maka seiring dengan berdirinya Universitas Padjadjaran (UNPAD), pada tanggal 25 November 1958 PTPG diintegrasikan menjadi fakultas utama Universitas Padjadjaran dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Untuk memantapkan sistem pengadaan tenaga guru dan tenaga kependidikan, banyak sekali kursus yang ada pada waktu itu, ialah pendidikan guru B I dan B II, diintegrasikan ke dalam FKIP melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 1961. Selanjutnya FKIP berkembang menjadi FKIP A dan FKIP B. Pada dikala yang sama, berdiri pula Institut Pendidikan Guru (IPG), yang mengakibatkan adanya dualisme dalam forum pendidikan guru. Untuk menghilangkan dualisme tersebut, pada tanggal 1 Mei 1963 dikeluarkan Keputusan Presiden Nomor 1 tahun 1963, yang melebur FKIP dan IPG menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) sebagai satu satunya forum pendidikan guru tingkat universitas. FKIP A/FKIP B dan IPG yang ada di Bandung alhasil menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bandung (IKIP Bandung).

Seiring dengan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan tinggi yang menawarkan ekspansi mandat bagi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang harus bisa mengikuti tuntutan perubahan serta mengantisipasi segala kemungkinan dimasa tiba , IKIP Bandung diubah menjadi Universitas Pendidikan Indonesia melalui Keputusan Presiden RI No. 124 tahun 1999 tertanggal 7 Oktober 1999.

Untuk memperluas jangkauan dalam mendukung pembangunan nasional, UPI harus bisa berdiri sendiri dan berkiprah. Kebulatan tekad ini menumbuhkan iktikad akan kemampuan yang telah dimilikinya. Mulai tahun 2004, menurut Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2004, UPI diberi otonomi dan menjadi sekolah tinggi tinggi BHMN. Pada tahun 2012, status UPI dikembalikan menjadi sekolah tinggi tinggi negeri (bahasa resmi: sekolah tinggi tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah) menurut Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2012.

Rekrutmen – Penerimaan Dosen dan Tendik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tahun 2018. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kembali membuka rekrutmen Dosen dan Tenaga Kependidikan (Tendik) melalui pengumuman resmi di laman UPI Bandung tertanggal 4 Desember 2018. Pada Rekrutmen – Penerimaan Dosen dan Tendik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tahun 2018 tersedia 72 Formasi dosen dan 40 Formasi Tendik. Pendaftaran Online mulai tanggal 7 Desember - 12 Desember 2018. 

Berikut ini daftar deretan pada Rekrutmen – Penerimaan Dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tahun 2018.


Universitas Pendidikan Indonesia didirikan pada tanggal  REKRUTMEN DOSEN TETAP UPI TAHUN 2018

Berikut ini daftar deretan pada Rekrutmen – Penerimaan Tenaga Kependidikan (Tendik) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tahun 2018.


Universitas Pendidikan Indonesia didirikan pada tanggal  REKRUTMEN DOSEN TETAP UPI TAHUN 2018

Selengkapnya terkait persyaratan registrasi dalam Rekrutmen – Penerimaan Dosen dan Tendik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tahun 2018. Serta waktu registrasi dan Materi Seleksi Dosen dan Tenaga Kependidikan sanggup Anda baca dengan mendownload pengumuman resmi berikut ini


Demikian informasi wacana Rekrutmen – Penerimaan Dosen dan Tendik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tahun 2018. Semoga bermanfaat, terima kasih.





= Baca Juga =



0 Response to "Rekrutmen Dosen Tetap Upi Tahun 2018"

Total Pageviews