Latest News

Contoh Soal Dan Balasan Tes Psikometri

Contoh Soal dan Jawaban Tes Psikometri. Tes psikometri yaitu metode ilmiah standar yang dipakai untuk mengukur kemampuan mental dan sikap satu individu.Tes ini dirancang untuk mengukur karakteristik kepribadian, bakat, serta kemampuan kognitif individu apakah sesuai dengan suatu kiprah atau posisi yang akan diberikan kepadanya.

Hasil tes prikometrik lazim dipakai untuk mengidentifikasi kemampuan dan kecocokan pelamar kerja dengan posisi di suatu perusahaan. Psikometrik dipakai lantaran nilai objektifitasnya yang lebih tinggi dibanding dengan evaluasi pribadi seseorang secara langsung.

Berikut ini beberapa Contoh Soal dan Jawaban Tes Psikometri 


 Tes psikometri yaitu metode ilmiah standar yang dipakai untuk mengukur kemampuan menta CONTOH SOAL DAN JAWABAN TES PSIKOMETRI
 Tes psikometri yaitu metode ilmiah standar yang dipakai untuk mengukur kemampuan menta CONTOH SOAL DAN JAWABAN TES PSIKOMETRI


 Tes psikometri yaitu metode ilmiah standar yang dipakai untuk mengukur kemampuan menta CONTOH SOAL DAN JAWABAN TES PSIKOMETRI
 Tes psikometri yaitu metode ilmiah standar yang dipakai untuk mengukur kemampuan menta CONTOH SOAL DAN JAWABAN TES PSIKOMETRI


 Tes psikometri yaitu metode ilmiah standar yang dipakai untuk mengukur kemampuan menta CONTOH SOAL DAN JAWABAN TES PSIKOMETRI
 Tes psikometri yaitu metode ilmiah standar yang dipakai untuk mengukur kemampuan menta CONTOH SOAL DAN JAWABAN TES PSIKOMETRI



Berikut ini Contoh Soal Tes Psikometri (dari modul MMPI) yang perlu dijawab dengan Ya atau Tidak 

1. Aku suka majalah tehnik.
2. Nafsu makanku baik.
3. Aku berdiri dengan rasa nyaman hampir setiap pagi.
4. Aku menduga saya sanggup enyukai pekerjaan perpustakaan.
5. Aku gampang terbangun oleh bunyi berisik.
6. Ayahku ( almarhum ayahku ) seorang yang baik.
7. Aku senang membaca informasi kejahatan di surat kabar.
8. Tangan dan kaki ku biasanya terasa hangat.
9. Kehidupan ku sehari-hari terisi penuh dengan hal-hal yang menar ik.
10. Aku sanggup bekerja sebagaimana biasa.
11. Aku sering merasa seperti ada yang menyumbat dalam tenggorokanku.
12. Kehidupan seks-ku cukup memuaskan.
13. Seseorang harus berusaha memahami mimpinya sebagai petunjuk atau peringatan baginya.
14. Aku senang dongeng detektif atau dongeng misterius.
15. Aku bekerja dalam ketegangan yang besar.
16. Sekali-sekali saya berfikir wacana hal-hal yang jelek untuk di utarakan.
17. Aku yakin bahwa hidup ini tidak adil.

18. Aku terganggu oleh serangan mual dan mutah-muntah.
19. Bila saya melamar pekerjaan gres saya ingin tahu siapa yang penting untuk saya hubungi lebih dulu. 
20. Aku jarang sekali terganggu simbelit ( kesukaran buang air besar ).
21. Aku pernah ingin sekali lari dari rumah.
22. Aku merasa tidak seorangpun yang mengerti akan diriku.
23. Pada waktu-waktu tertentu saya tertawa dan menangis tanpa sanggup saya kendalikan.
24. Ada kalanya saya dimasuki roh jahat.
25. Aku ingin menjadi penyanyi.
26. Aku rasa lebih baik tutup verbal jikalau dalam kesulitan.
27. Prinsipku yaitu berusaha membalas orang yang berbuat jahat.
28. Aku terganggu oleh penyakit lambung (maag) beberapa kali dalam seminggu.
29. Ada kalanya saya merasa ingin mengumpat (caci maki).
30. Aku merasa mimpi jelek beberapa malam sekali.
31. Aku merasa sukar untuk memusatkan perhatian pada suatu pekerjaan atau kiprah
32. Aku pernah mengalami hal-hal yang gila dan tidak masuk akal.
33. Aku jarang merisaukan kesehatanku.
34. Aku belum pernah mengalami lantaran kelakuan sekku.
35. Dalam suatu masa tertentu dikala masih muda saya pernah melaksanakan pencurian kecil- kecilan.
36. Aku batuk-batuk hampir setiap waktu.
37. Kadang-kadang saya ingin membanting barang-barang.
38. Aku pernah mengalami tidak sanggup mengurus sesuatu selama berhari-hari,
39. beberapa ahad atau berbulan-bulan lantaran tidak sanggup memulainya.
40. Tidurku sering terganggu dan terbangun-bangun.
41. Aku sering merasa seluruh kepalaku sakit.
42. Aku tidak selalu menyampaikan yang benar.
43. Bila orang-orang tidak menghalangiku saya akan lebih sukses lagi.
44. Sekarang saya lebih bisa mengambil sesuatu keputusan dari pada dahulu.
45. Sesekali atau lebih dalam seminggu saya tiba-tiba merasa panas tanpa suatu alasannya yaitu yang jelas.
46. Kesehatanku kurang lebih sama baiknya sama dengan kesehatan kawan-kawanku.
47. Bila saya berpapasan dengan teman-teman sekolah atau kenalan lam a saya lebih suka menghindar, kecuali jikalau mereka menegur lebih dulu.
48. Aku hampir tak pernah terganggu oleh rasa nyeri pada jantung atau dada.
49. Pada umumnya saya lebih suka duduk terdiam dari pada mengerjakan yang lain.
50. Aku seorang yan gampang bergaul.
51. Aku sering harus mendapatkan perintah dari seseorang yang tidak lebih pintar dari diriku.

52. Aku tidak membaca setiap tajuk rencana pada surat kabar harian.
53. Aku belum menjalani hidup yang benar.
54. Pada beberapa belahan tubuhku sering terasa panas, kesemutan atau ibarat ada yang merayap.
55. Keluargaku tidak senang pada pekerjaan yang telah atau akan saya pilih untuk nafkahku.
56. Aku kadang-kadang tetap bertahan pada sesuatu hal sehingga orang lain menjadi tidak sabar.
57. Aku mengharapkan sanggup berbahagia ibarat orang lain.
58. Aku hampir tidak pernah merasa sakit ditengkukku.
59. Aku kira banyak orang suka melebih-lebihkan kemalangannya untuk memperoleh simpati dan pinjaman orang lain.
60. Aku terganggu oleh rasa tidak yummy pada ulu-hati (lambung) seti ap beberapa hari sekali atau lebih sering.
61. Pada waktu bersama orang-orang saya merasa terganggu oleh suara- bunyi yang sangat aneh.
62. Aku termasuk orang yang penting.
63. (Bila pria) Aku sering ingin seandainya saya menjadi wanita, (Bila wanita) Aku tidak pernah menyesal sebagai wanita.
64. Perasaanku tidak gampang tersinggung.
65. Aku senang membaca kisah cinta.
66. Aku sering meras murung.
67. Rasanya akan lebih baik apabila semua undang-undang ditiadakan.
68. Aku menykai sajak dan puisi.
69. Aku kadang-kadang mempermainkan binatang.
70. Aku senang juga dengan pekerjaan sebagai polisi atau penjaga hu tan.
71. Aku gampang dikalahkan dalam perdebatan.
72. Akhir-akhir ini saya sukar melawan perasaan hilangnya keinginan un tuk menjadi orang yang berhasil.
73. Roh-ku kadang-kadang meninggalkan tubuhku.
74. Aku memang kurang kepercayaan pada diriku sendiri.
75. Aku ingin menjadi pedagang bunga (florist).
76. Pada umumnya saya merasa bahwa hidup ini ada manfaatnya.
77. Untuk meyakinkan orang wacana kebenaran diharapkan banyak pembicaraan dan pembahasan.
78. Apa yang harus saya kerjakan hari ini kadang-kadang saya tunda hingga besok.
79. Aku disukai oleh kebanyakan orang yang mengenal aku.
80. Aku tahan dijadikan materi lelucon.
81. Aku ingin menjadi juru-rawat (nurse).
82. Menurut pendapatku sebagian besar orang akan berbohong untuk memperoleh kemajuan.
83. Aku banyak melaksanakan hal-hal yang kemudian saya sesalkan atau rasanya saya lebih sering menyesal dari pada orang lain.
84. Aku sedikit sekali bertengkar dengan anggota keluargaku.
85. Aku pernah dikeluarkan dari sekolah oleh lantaran saya pembangkang dan nakal.
86. Ada kalanya saya terdorong dengan berpengaruh untuk melaksanakan sesuatu yang berbahaya atau mengejutkan.

87. Aku senang pergi ke pesta dan hal -hal lain yang sangat menggembirakan.
88. Aku pernah dihadapkan pada duduk kasus yang begitu banyak kemungkinannya sehingga saya tidak sanggup mengambil keputusan.
89. Aku beropini bahwa perempuan seharusnya menerima kebebasan seks setaraf dengan laki-laki.
90. Peperangan-ku yang paling berat yaitu melawan diriku sendiri.
91. Aku sayang pada ayahku (almarhum ayahku ).
92. Aku tidak terganggu oleh kedutan-kedutan otot.
93. Rasanya saya tidak peduli dengan apa yang terjadi pada diriku.
94. Bila saya sedang tidak yummy tubuh kadang-kadang saya gampang marah.
95. Aku sering merasa seakan-akan telah melaksanakan sesuatu yang salah atau jahat.
96. Pada umumnya saya cukup bahagia.
97. Aku melihat ada makhluk atau benda di sekitarku yg tidak tampak oleh orang lain.
98. Kepalaku sering sekali terasa berat atau hidungku mampat.
99. Ada orang yang sok tuan besar se hingga walaupun saya tahu ia benar saya
100. rasanya ingin melaksanakan yang sebaliknya dari permintaannya.
101. Seseorang telah memojokkan saya sehingga saya tidak berkutik.
102. Aku tidak pernah melaksanakan sesuatu yg berbahaya hanya untuk kesenangan saja.
103. Aku sering merasa seakan-akan ada ikatan yang menjepit kepalaku.
104. Aku kadang-kadang marah.
105. Aku lebih menyukai suatu pertandingan yang disertai taruhan.
106. Kebanyakan orang berbuat jujur terutama lantaran takut ditangkap.
107. Disekolah kadang-kadang saya dipanggil kepala sekolah lantaran ter kemudian pembangkang atau nakal.
108. Bicaraku lancar dan terperinci ibarat biasanya (tdk cepat/lambat, pelo/serak-serak).
109. Tata cara makanku dirumah tidak sebaik ibarat jikalau bersama ora ng lain.
110. Setiap orang yg mampu-mau bekerja keras memiliki kesempatan un tuk sukses.
111. Rasanya saya sama bisa dan pintar ibarat orangdisekitarku.
112. Banyak orang akan memakai cara-cara yang agak kurang jujur untuk memperoleh laba dari pada kehilangan laba tersebut.
113. Aku sering menderita sakit perut.
114. Aku menyukai seni drama.
115. Aku tahu siapa yang menjadi biang keladi dari kesulitan-kesulitanku.
116. Kadang-kadang begitu saya tertarik pada barang-barang pribadi orang lain (seperti sepatu, pakaian) sehingga saya ingin memegangnya atau mencurinya walaupun saya tidak mempergunakannya.
117. Aku tidak takut atau tidak terganggu dikala melihat darah.
118. Kadang-kadang akau tidak mengerti mengapa saya murka dan mengomel.
119. Aku belum pernah batuk darah atau muntah darah.
120. Aku tidak khawatir terjangkit penyakit.

121. Aku suka mengumpulkan dan memelihara flora hias atau bunga.
122. Aku sering merasa perlu mempertahankan dengan gigih apa yg saya anggap benar.
123. Aku belum pernah tertarik dan melaksanakan perbuatan yang tidak wajar.
124. Ada kalanya pikiranku lebih cepat dari ucapanku.
125. Bila saya yakin tidak seorangpun yang melihatnya mungkin sekali saya akan menyelundup nonton tanpa karcis.
126. Apabila ada orang yang berbuat sangat baik terhadapku saya biasa nya bertanya-tanya wacana alasan tersembunyinya.
127. Aku beropini bahwa kehidupan keluargaku sama menyenangkannya dengan kebanyakan keluarga yang saya kenal.
128. Aku percaya pada penegak hukum.
129. Kritik dan teguran sangat menyakitkan hatiku.
130. Aku senang memasak.
131. Kelakuan-ku banyak dipengaruhi oleh sikap orang-orang dilingkunganku.
132. Kadang-kadang saya merasa benar-benar tidak berguna.
133. Semasa muda saya menjadi anggota kelompok yang kompak dalam suka dan duka.
134. Aku percaya adanya kehidupan sesudah kematian.
135. Aku ingin menjadi tentara.
136. Ada kalanya saya ingin sabung dengan seseorang.
137.Aku sering kehilangan kesempatan baik lantaran tidak bisa menciptakan keputusan yang cepat.

138. Bila saya sedang sibuk dengan sesuatu yang penting orang tiba minta nasehat dan mengganggu waktuku saya menjadi tidak sabar.
139. Aku biasanya menulis pengalamanku dalam buku harian.
140. Aku yakin bahwa ada persekutuan yang memusuhi aku.
141. Aku lebih ingin menang dari padakalah dalam permainan.
142. Biasanya saya pergi tidur malam tanpa pikiran yang mengganggu.
143. Beberapa tahun terakhir ini ini pada umumnya saya sehat-sehat saja.
144. Aku tidak pernah sakit ayan atau kejang-kejang.
145. Berat badanku tetap saja tidak naik maupu turun.
146. Aku yakin saya sedang diikuti (dikuntit).
147. Aku merasa bahwa saya sering dieksekusi tanpa sebab.
148. Aku gampang menangis.
149. Bila membaca daya tangkapku tidak sebaik dulu.
150. Aku tidak pernah merasa sesenang kini ini.
151. Ubun-ubun kepalaku kadang-kadang terasa nyeri jikalau diraba.
152. Kadang-kadang saya merasa seakan-akan saya harus melukai diriku sendiri atau orang lain.
153. Aku mendongkol jikalau orang dengan terpelajar menipuku sehingga saya h arus megakui kebodohanku.
154. Aku tidak cepat lelah.
155. Aku ingin mengenal orang-orang penting lantaran dengan demikian saya merasa menjadi orang penting juga.
156. Bila melihat kebawah dari daerah yang tinggi saya menjadi takut.

157. Aku tidak akan gelisah jikalau salah seorang anggota keluargaku terlibat dalam kasus hukum.
158. Aku berjiwa penggembara dan tidak merasa senang jikalau tidak berkelana.
159. Aku tidak terganggu oleh apa yang orang pikirkan wacana diriku.
160. Aku merasa canggung berbuat sesuatu yang menonjolkan diriku dalam pesta walaupun orang lain melakukannya.
161. Aku belum pernah mengalami pingsan.
162. Pada waktu yang kemudian saya senang bersekolah.
163. Aku sering harus berusaha keras untuk menyembinyikan rasa malu.
164. Seseorang telah mencoba meracuni aku.
165. Aku tidak terlampau takut pada ular.
166. Aku jarang atau tidak pernah diserang pusing (tujuh keliling).
167. Daya ingatku baik-baik saja.
168. Aku merisaukan kasus seks.
169. Aku sulit memulai percakapan jikalau bertemu dengan orang yang gres saya kenal.
170. Ada kalanya saya melaksanakan sesuatu yang kemudian tidak diketahui bahwa akulah yang melakukannya.
171. Bila saya menjadi bosan saya suka bikin hal-hal yang menggairahkan.
172. Aku takut hilang kesadaran diriku.
173. Aku tidak oke memberi uang kepada pengemis.
174. Aku sering menemukan tanganku gemetar jikalau saya mencoba melaksanakan sesuatu.

175. Aku bisa memaca usang tanpa melelahkan mataku.
176. Aku suka mempelajari dan membaca wacana apa yang sedang saya kerjakan.
177. Aku sering merasa seluruh badanku lemah.
178. Aku jarang sekali sakit kepala.
179. Tanganku belum pernah mengalami hilang ketrampilan atau kelincahan.
180. Kadang-kadang jikalau saya aib dan canggung saya mandi keringat yang sangat mengganggu.
181. Aku gampang menjaga keseimbangan sewaktu berjalan.
182. Ada sesuatu yang tidak beres dengan pikiranku.
183. Aku tidak menderita serangan selesma atau sesak napas.
184. Aku pernah mengalami serangan tidak bisa mengendalikan pergerakan badanku dan pembicaraanku walaupun saya sadar apa yang terjadi disekitarku.
185. Aku tidak menyukai setiap orang yang saya kenal.
186. Aku jarang sekali melamun.
187. Aku ingin tidak pemalu ibarat ini.
188. Aku tidak takut mengurus uang.
189. Andaikata saya seorang wartawan saya akan senang sekali memberitakan seni drama.
190. Aku menikmati bermacam-macam pertunjukan dan hiburan.
191. Aku suka bercumbu rayu.

192. Keluargaku lebih memperlakukan saya sebagai kanak-kanak dari pada sebagai orang dewasa.
193. Aku ingin menjadi wartawan.
194. Ibuku (almarhum ibuku) seoarang yang baik.
195. Sewaktu berjalan saya sangat berhati-hati agara tidak salah injak.
196. Aku tidak pernah cemas dengan kelainan pada kulitku yang mendadak muncul.
197. Dibanding dengan keluarga lain kasih sayang dan keakraban dalm keluargaku sangat kurang.
198. Ternyata saya sering merisaukan sesuatu.
199. Aku senang pekerjaan seorang pemborong bangunan.
200. Aku sering mendengar suara-suara yang tidak saya ketahui dari mana asalnya.
201. Aku suka ilmu pengetahuan. 

Demikian informasi wacana Contoh Soal dan Jawaban Tes Psikometri. Semoga bermanfaat, terima kasih.







= Baca Juga =



0 Response to "Contoh Soal Dan Balasan Tes Psikometri"

Total Pageviews